ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Layar HP Samsung Jadi Kuning? Ini Cara Mengatasi Masalahnya

Mengatasi Layar Samsung Jadi Kuning - Header

Gadgetren – Dalam mengembangkan berbagai macam ponsel miliknya, Samsung menggunakan panel layar yang mampu memberikan pengalaman visual sangat baik untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun seiring pemakaian, terkadang layar yang digunakan memang dapat mengalami sejumlah masalah. Termasuk salah satu di antara yang cukup sering terjadi tampilan layar tiba-tiba berubah menjadi kekuningan.

Layar ponsel Samsung yang tiba-tiba berubah menjadi kekuningan bisa terjadi karena beberapa hal. Pemicu yang cukup umum dikarenakan fitur Eye Comfort Shield yang aktif secara otomatis akibat perubahan kondisi cahaya sekitar.

1. Matikan Fitur Eye Comfort Shield

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Buka menu pengaturan Display.
  • Cari dan buka menu Eye comfort shield.
  • Ubah pengaturan Eye comfort shield ke Off.

Eye Comfort Shield merupakan sebuah fitur dari Samsung yang dapat digunakan untuk membatasi paparan sinar biru. Kita dapat memakainya untuk menjaga tampilan tetap terlihat nyaman di mata atau membuat kita lebih mudah tidur di malam hari.

Sama seperti fitur untuk membagi tampilan layar yang disediakan Samsung, kita dapat memakai Eye Comfort Shield tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga karena secara khusus dapat mengaktifkannya melalui halaman pengaturan.

Ketika mengaktifkan fitur bawaan ini, tampilan layar Samsung biasanya akan terlihat lebih hangat. Warna dari gambar yang ditayangkan akan berubah menjadi sedikit kekuningan karena berkurangnya paparan sinar biru.

Jika merasa kurang nyaman dengan perubahan tampilan layar yang diakibatkannya, kita hanya perlu menonaktifkan fitur Eye Comfort Shield. Kita dalam hal ini bisa melakukannya seperti saat akan mengaktifkannya.

2. Matikan Fitur Night Light dari Google Play Books

  • Buka aplikasi Google Play Books.
  • Buka salah satu buku yang tersedia.
  • Ketuk salah satu halaman buku tersebut.
  • Ketuk tombol Aa.
  • Masuk ke tab Lightning.
  • Matikan opsi Reading Night Light.

Masalahnya, perubahan warna tampilan layar di ponsel Samsung tidak hanya dapat disebabkan karena fitur Eye Comfort Shield bawaan aktif. Beberapa kasus menunjukkan bahwa hal itu juga dapat terjadi karena fungsi dari aplikasi lain.

Google Play Books menjadi salah satu aplikasi yang sering menyebabkannya. Aplikasi buatan Google ini mempunyai fitur Reading Night Light yang juga dapat memicu perubahan warna layar ponsel menjadi kekuningan supaya nyaman untuk membaca.

Namun, perlu diingat bahwa Google Play Books bukan satu-satunya aplikasi yang dapat memicu perubahan warna layar ponsel. Kita mungkin perlu mengecek aplikasi lain yang mempunyai fungsi serupa saat panel Samsung berubah kekuningan.

Selain mematikan fungsi yang dapat memicu perubahan warna layar, ada baiknya untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut apabila sudah jarang digunakan. Jadi tak hanya dapat mengatasi masalah panel menguning tetapi juga mengosongkan ruang penyimpanan.

3. Bawa ke Tempat Servis

Apabila sudah mematikan fitur Eye Comfort Shield bawaan Samsung atau Night Light dari aplikasi tertentu tetapi masalah masih muncul, masalah perubahan warna layar Samsung kemungkinan terjadi akibat kerusakan komponen.

Sebelum ke tempat servis, kita dapat melakukan pengecekan secara mandiri menggunakan fitur yang disediakan oleh Samsung. Kita bisa membawa perangkat ke sana apabila sudah tidak tahu apa yang akan dilakukan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar