Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen di Smartphone Samsung

Samsung Galaxy A50s Display

Gagetren – Samsung merupakan salah satu perusahaan yang menjadi pelopor fitur split screen yang dihadirkan pada sebuah smartphone.

Sebelum smartphone Android pada umumnya bisa melakukan multitasking split screen, Samsung Galaxy Note 2 generasi awal sudah mampu melakukan split screen pada beragam aplikasi yang didukung.

Namun akhirnya Google pun menghadirkan fitur multitasking split screen pada sistem operasi Android 7 Nougat agar dapat dinikmati oleh lebih banyak pengguna smartphone Android hingga akhirnya tetap tersedia sampai sekarang.

Sementara itu, cara untuk melakukan split screen di smartphone Samsung pun telah berubah seiring perkembangan sistem operasi dan tampilan antarmukanya dari masa ke masa.

Untuk itu, saya akan memberikan tutorial mengenai cara melakukan split screen di smartphone Samsung dengan tampilan antarmuka One UI sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen di HP Samsung

  1. Pertama, kamu dapat mengaktifkan beberapa aplikasi yang kamu ingin gunakan secara Split Screen
  2. Setelah aplikasi aktif, maka kamu dapat menekan tombol Recent di bagian bawah layar dengan ikon 3 garis
  3. Setelah tombol ditekan, maka akan muncul Recent Apps atau aplikasi yang telah dibuka tadi
  4. Selanjutnya, kamu dapat menekan ikon aplikasi yang ingin dipilih
  5. Setelah ikon aplikasi ditekan, maka akan muncul beberapa opsi menu dan kamu dapat memilih Open in Split Screen View
  6. Selanjutnya layar akan terbagi dua dan kamu akan diminta untuk memilih aplikasi lainnya yang akan masuk ke dalam mode Split Screen
  7. Hasilnya dua aplikasi akan berada dalam satu layar yang muncul pada setengah layar di atas dan setengah layar di bawah

Samsung Split Screen

Berkat hadirnya fitur Split Screen ini, kamu dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Dengan kata lain, kamu bisa melakukan kegiatan secara multitasking dengan lebih mudah.

Misalnya saja, Split Screen memungkinkan kamu mencari bahan di internet pada aplikasi browser sekaligus mengetik sebuah artikel pada aplikasi editor dokumen WPS secara bersamaan tanpa harus berpindah-pindah.

Namun sebagai catatan, tidak semua aplikasi sudah mendukung fitur ini.  Jika suatu aplikasi tidak mendukung fitur Split Screen, maka nantinya tidak akan muncul menu Open in Split Screen View untuk dipilih. Bagi saya pribadi, fitur ini cukup berguna ketika harus membuat artikel di smartphone.

Sebenarnya fitur Split Screen ini tidak hanya dimiliki oleh smartphone Samsung saja melainkan juga sudah dapat dinikmati oleh smartphone Android versi 7 Nougat ke atas dengan cara yang mungkin berbeda.

Tinggalkan Komentar