Smartphone Tips dan Trik

Cara Belah Layar Handphone Samsung dengan Mengaktifkan Fitur Split Screen

Cara Belah Layar Handphone Samsung dengan Split Screen Header

Gadgetren – Split Screen atau Belah Layar merupakan salah satu fitur bawaan pada handphone Samsung masa kini. Bahkan sejak Android 7.0 Nougat hadir, fitur ini sudah tersedia di berbagai perangkat lain.

Fitur Split Screen memungkinkan kamu dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar handphone Samsung dimana satu aplikasi akan muncul di setengah layar atas dan satunya lagi di setengah layar bawah.

Tentunya hal ini akan memudahkan kamu untuk menjalankan aplikasi secara multitasking. Misalnya saja kamu dapat menonton YouTube sambil melakukan chat menggunakan WhatsApp. Kamu juga bisa melihat informasi di internet melalui browser sambil edit dokumen di aplikasi WPS.

Untuk membelah layar handphone Samsung dengan mengaktifkan fitur Split Screen, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti.

Cara Belah Layar Samsung dengan Fitur Split Screen

  1. Aktifkan beberapa aplikasi yang kamu ingin gunakan
  2. Tekan tombol Recent di bagian bawah layar dengan ikon tiga garis
  3. Nantinya akan muncul Recent Apps atau aplikasi yang telah dibuka
  4. Selanjutnya, tekan ikon aplikasi yang ingin dipilih
  5. Kemudian akan muncul beberapa opsi menu, pilih Open in Split Screen View
  6. Selanjutnya layar akan terbagi dua dan kamu diminta untuk memilih aplikasi lainnya
  7. Setelah aplikasi kedua dipilih, maka setiap aplikasi akan memenuhi setengah layar

Samsung Split Screen Belah Layar

Setelah dua aplikasi muncul di layar, maka kamu dapat langsung melakukan aktivitas multitasking dengan dua aplikasi tersebut. Hal ini tentunya akan lebih efektif dibandingkan kamu harus membuka satu per satu aplikasi.

Sayangnya tidak semua aplikasi mendukung fitur Split Screen. Misalnya seperti Instagram akan langsung memunculkan notifikasi App does not support Split Screen atau aplikasi tidak mendukung Belah Layar ketika dipilih.

Sementara biasanya aplikasi yang telah mendukung fitur ini akan memunculkan menu Open in Split Screen View untuk dipilih di halaman Recent Apps.

Bagi saya sendiri, fitur Split Screen terasa berguna ketika sedang melakukan multitasking seperti melihat bahan dan menulis artikel secara bersamaan. Bahkan terkadang saya pun menonton video menarik dari YouTube dan didiskusikan dengan teman melalui aplikasi WhatsApp.

Selain itu semakin besar layar perangkat Samsung yang digunakan, maka akan lebih nyaman ketika melihat dua aplikasi membelah layar secara proporsional dengan menggunakan fitur Split Screen.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar