Bengkel

Mengapa Layar Smartphone Samsung Menjadi Kuning?

Galaxy Note FE Header Kuning

Seperti biasanya, Rabu merupakan hari yang paling ditunggu oleh Gadgeter karena tim Gadgetren akan mengulas mengenai permasalahan seputar gadget yang biasanya dialami oleh Gadgeter dalam aktivitas sehari-hari.

Kali ini tim Gadgeter sudah mendapatkan pertanyaan mengenai permasalahan layar smartphone Samsung menjadi kuning. Nah, bagi Gadgeter yang sama-sama penasaran mengenai penyebab dan solusinya maka dapat melihat ulasannya sebagai berikut ini :

Pertanyaan :

Min, mengapa layar smartphone Samsung saya menguning?

Jawaban :

Layar merupakan salah satu komponen penting yang vital berada dalam smartphone karena dengan komponen inilah, pengguna smartphone dapat melihat file, video, sistem operasi, foto, dan tampilan antarmuka dari smartphone tersebut.

Dengan hadirnya layar ini dapat membuat pengguna smartphone melakukan aktivitas dan menjalankan fitur dengan baik karena bisa dilihat secara kasat mata. Bisa dibilang smartphone masa kini telah menghadirkan tampilan antarmuka yang memanjakan mata ketika dilihat di layar.

Dengan kata lain, tanpa hadirnya layar yang berfungsi dengan baik maka akan membuat kenyamanan pengguna smartphone terganggu. Bahkan terkadang layar sendiri berkedip, mati total, death pixel, hingga menguning.

Nah, baru-baru ini Gadgeter ada yang bertanya mengenai alasan layar smartphone Samsung menjadi kuning. Pada umumnya layar dari smartphone Samsung menggunakan teknologi Super AMOLED yang memang terkadang rentan membuat layar menguning ketika digunakan sudah lama.

Selain itu, biasanya penyebab layar menguning karena terlalu sering digunakan hingga smartphone mengalami panas yang berlebih sehingga membuat layar menjadi burn sehingga terlihat menguning. Tak hanya itu, apabila smartphone digunakan ketika sedang dalam kondisi dicas maka akan menyebabkan menguning karena smartphone menjadi panas dan berefek pada layar.

Untuk itu, Gadgeter dapat menggunakan smartphone Samsung agar tidak mencapai panas yang berlebih. Sementara apabila smartphone Samsung sedang diisi daya baterainya maka tidak digunakan secara intensif atau bisa dalam keadaan mati agar lebih aman.

Namun apabila layar kamu terlanjur menguning maka dapat mencoba melakukan kalibrasi menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store, seperti Screen Balance. Nantinya Gadgeter dapat mengiktui petunjuk dan tool yang telah disediakan oleh aplikasi ini agar bisa mengembalikan warna layar menjadi normal.

Biasanya terkadang dalam beberapa kasus, layar menjadi kuning ini pun hanya sementara sehingga hanya dengan ditunggu saja maka dapat kembali normal secara otomatis. Namun apabila beragam cara ini tidak berhasil mengobati layar yang menguning maka Gadgeter dapat membawanya ke service center resmi dari smartphone Samsung.

Untuk lebih hemat, biasanya Gadgeter dapat menggunakan klaim garansi sesuai dengan waktu yang masih tersedia. Namun apabila sudah tidak ada garansi maka secara terpaksa Gadgeter harus menambah dana tambahan untuk memperbaikinya.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar