ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Memunculkan Nama Operator di HP Xiaomi Biar Lebih Personal!

Cara Memunculkan Nama Operator di Xiaomi - Header

Gadgetren – Menampilkan nama operator memang tidak begitu penting bagi sebagian orang, tetapi sebenarnya bisa membuat perangkat terasa lebih personal karena dapat diubah-ubah sesuai keinginan.

Di ponsel-ponsel buatan Xiaomi, nama operator dapat ditampilkan di bagian status bar maupun halaman layar kunci. Kita dalam hal ini dapat mengganti tulisannya dengan keterangan lain seperti nama kita atau inisial perangkat.

Secara bawaan, nama operator umumnya akan langsung muncul di status bar ketika kita memasang kartu SIM ke ponsel Xiaomi. Apabila belum muncul, ada kemungkinan kita pernah menghapus penamaannya.

Cara Memunculkan Nama Operator di HP Xiaomi

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Notifications and Control center.
    Cara Memunculkan Nama Operator di Xiaomi - 1
  • Cari dan buka menu Status bar.
    Cara Memunculkan Nama Operator di Xiaomi - 2
  • Ketuk Edit carrier name.
    Cara Memunculkan Nama Operator di Xiaomi - 3
  • Isi atau ubah nama di kolom SIM sesuai kebutuhan.
    Cara Memunculkan Nama Operator di Xiaomi - 4
  • Ketuk tombol Centang di pojok kanan atas.

Dengan mengisi kolom SIM menggunakan keterangan yang sesuai seperti langkah-langkah di atas, nama operator akan ditampilkan kembali di bagian status bar. Hanya saja memang tidak akan langsung muncul begitu saja.

Tampilan di ponsel Xiaomi kini sangat berbeda dengan generasi yang sebelumnya. Sejak pengembangan antarmuka sistem MIUI 10, nama operator tidak akan langsung muncul di status bar tanpa membuka panel notifikasi atau control center.

Tidak disebutkan oleh Xiaomi kenapa mereka mengubah hal ini. Namun, sebagian pengguna berpendapat bahwa tampilan untuk nama operator disesuaikan dengan layar ponsel di masa sekarang yang umumnya sudah mengadopsi notch atau punch hole sebagai tempat kamera depan.

Cara Memunculkan Nama Operator di Lockscreen Xiaomi

  • Buka kembali menu Notifications and Control center di halaman Settings.
  • Buka bagian Status bar.
  • Nyalakan opsi Show carrier when device is locked.
    Cara Memunculkan Nama Operator di Xiaomi - 5

Berbeda dengan setelan untuk status bar, nama operator sayangnya tidak akan ditampilkan secara otomatis di halaman layar kunci ketika kita memasang kartu SIM. Kita perlu melakukan pengaturan tambahan untuk memunculkannya.

Yang cukup menarik, kita dapat menggunakan dua nama operator berbeda apabila ponsel Xiaomi yang digunakan mendukung fitur SIM ganda. Kita dapat melakukan pengaturan secara terpisah untuk kedua nomor yang kita miliki.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.