ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menonaktifkan Hamparan Layar HP Samsung Jika Bermasalah!

Cara Menonaktifkan Hamparan Layar Samsung - Header

Gadgetren – Seperti kebanyakan perangkat berbasis sistem Android, ponsel-ponsel buatan Samsung juga dilengkapi dengan fitur hamparan layar atau screen overlay sebagai salah satu penunjang.

Fitur ini mirip dengan dukungan split screen yang memungkinkan kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Bedanya, hamparan layar akan menampilkan informasi sebagai jendela mengambang alih-alih membagi tampilan layar.

Sayangnya, fitur ini kadang-kadang memicu sejumlah masalah di mana biasanya ditandai dengan notifikasi “Screen overlay detected”. Kita pun terpaksa harus menonaktifkan pengaturannya supaya nanti tidak mengganggu pemakaian.

Cara Menonaktifkan Hamparan Layar HP Samsung

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan Apps.
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Special access.
  • Buka menu Appear on top.
  • Cari aplikasi yang menyebabkan masalah.
  • Ketuk tombol di samping aplikasi tersebut.

Untuk menonaktifkan fitur hamparan layar di ponsel Samsung, kita untungnya hanya perlu mengunjungi halaman pengaturan perangkat. Kita nanti secara khusus bisa mematikan setelannya satu per satu untuk setiap aplikasi yang mendukung.

Masalah yang berkaitan dengan hamparan layar sering muncul saat kita sedang mengatur permohonan izin akses untuk aplikasi baru. Biasanya terjadi karena adanya konflik antara fitur ini dengan data yang diperlukan.

Saat mengatur izin suatu aplikasi, hamparan layar dapat menyebabkan kebingungan informasi sehingga membuat perangkat memberikan akses ke data-data yang tidak seharusnya diberikan. Sistem pun mengantisipasi hal tersebut dengan menganggapnya sebagai sebuah kesalahan atau eror.

Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak menggunakan fitur hamparan layar saat mengatur permohonan izin di aplikasi lain. Kita dapat menonaktifkan dukungan ini dengan mengikuti langkah-langkah di atas sebagai bentuk antisipasi.

Supaya lebih yakin, kita juga bisa memuat ulang perangkat seperti saat ingin keluar dari mode aman. Tujuannya untuk memastikan bahwa aplikasi-aplikasi yang berjalan dengan mode hamparan layar sudah tertutup dengan sempurna sehingga tidak akan mengganggu pengaturan izin.

Di sisi lain, memberikan izin ke sebuah aplikasi memang harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kita nanti salah mengaturnya sehingga tanpa sadar justru memberikan akses ke data-data pribadi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar