Tips dan Trik

Samsung mengalami Screen Overlay Detected? Atasi Dengan Cara Menonaktifkan Hamparan Layar Ini!

Menonaktifkan Hamparan Layar Samsung Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Muncul notifikasi terkait hamparan layar adalah permasalahan yang sering muncul di sistem Android Marshmallow ke atas.

Pada Android Marshmallow atau versi yang lebih akhir, Google telah meningkatkan keamanan terhadap privasi dengan membatasi izin akses dari aplikasi. Sehingga, saat pengguna menginstal aplikasi baru, aplikasi akan meminta pengguna untuk mengaktifkan beberapa izin akses agar aplikasi dapat bekerja.

Hal ini berakibat pada beberapa aplikasi, sehingga perangkat menampilkan notifikasi terkait dengan hamparan layar atau Screen Overlay Detected. Dan salah satu perangkat yang juga sering mengalami hal ini adalah Samsung.

Apa Itu Hamparan Layar atau Screen Overlay?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, permasalah kemunculan notifikasi hamparan layar di perangkat Android merupakan permasalahan yang tidak berbahaya karena disebabkan oleh permasalahan izin aplikasi untuk mengakses perangkat.

Menilik dari alasan ini, munculnya notifikasi terkait hamparan layar adalah hal yang cukup wajar, mengingat adanya aplikasi baru yang membutuhkan akses ke izin akses terkait. Oleh karena itu, permasalahan ini tentunya dapat diselesaikan dengan mengaktifkan izin yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

Namun sayangnya, pada beberapa kasus, pengguna yang telah mengaktifkan izin dari aplikasi tetap terganggu dengan adanya kemunculan notifikasi Screen Overlay Detected atau hamparan layar terdeteksi.

Jika kasus ini yang terjadi, maka sebaiknya pengguna mengaktifkan izin akses melalui mode aman atau Safe Mode. Bagi pengguna perangkat Samsung, berikut ini beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengaktifkan izin akses melalui Safe Mode.

Cara Menonaktifkan Hamparan Layar Samsung

  1. Matikan ponsel Samsung, kemudian nyalakan kembali
  2. Jika sudah muncul tulisan Samsung, tekan tombol volume ke bawah untuk masuk ke mode aman atau Safe Mode
  3. Pengguna berhasil masuk ke mode aman atau Safe Mode jika pada tampilan sistem operasi terdapat tulisan Safe Mode, tepatnya pada bagian bawah layar
  4. Kemudian masuk ke Settings, pilih Apps, cari aplikasi yang menimbulkan Screen Overlay Detected, dan masuk ke bagian permission
  5. Set izin akses yang diperlukan oleh aplikasi

Jika sudah, restart perangkat tersebut tanpa perlu menekan tombol tambahan apapun

Jika sudah hidup kembali, seharusnya aplikasi tidak memunculkan notifikasi Screen Overlay Detected lagi. Pengguna dapat mengeceknya dengan mengakses aplikasi tersebut setelah perangkat telah menyala.

Tinggalkan Komentar