ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Agar Orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp

Cara Agar Orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - Header

Gadgetren – Memblokir kontak di layanan WhatsApp memang dapat menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan saat kita tidak mau terus-menerus terganggu oleh orang bersangkutan.

Hanya saja saat kita memblokir sebuah kontak di layanan WhatsApp, orang yang memiliki nomor tersebut kemungkinan akan menyadarinya. Bisa jadi kita akan menyinggung perasaan mereka sehingga justru timbul masalah baru.

Untungnya, ada beberapa trik yang bisa digunakan agar orang-orang tersebut tidak bisa menghubungi kita tanpa harus memblokir kontaknya. Kita dalam hal ini dapat memanfaatkan fitur di dalam layanan maupun dukungan dari ponsel yang digunakan.

1. Membisukan Notifikasinya

  • Buka percakapan dari kontak yang dimaksud.
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 1
  • Selanjutnya pilih menu Mute notifications.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 2
  • Di jendela yang muncul, pilih durasi waktu membisukan notifikasi yang diinginkan.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 3
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol OK.

Salah satu di antaranya, kita dapat menghindari orang-orang yang ingin menghubungi kita di layanan WhatsApp dengan membisukan notifikasi percakapan mereka. Pesannya memang masih bisa masuk tetapi pemberitahuannya tidak akan muncul.

Ketika menggunakan fitur mute notifications, pesan yang masuk dari kontak terkait tidak akan diikuti dengan getaran maupun dering suara pemberitahuan. Layanan WhatsApp nanti hanya akan menampilkan jumlah pesan yang belum dibaca di samping nama kontak.

Kita pun tak perlu khawatir orang yang bersangkutan bisa mengetahui bahwa notifikasi pesan mereka sedang dibisukan. Layanan WhatsApp soalnya tidak akan mengirimkan pemberitahuan ke mereka ketika kita melakukannya.

2. Memanfaatkan Fitur Pengarsipan

  • Cari percakapan dari kontak yang dianggap mengganggu.
  • Ketuk dan tahan percakapan tersebut.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 4
  • Selanjutnya pilih opsi Archive chats (ikon kotak dengan anak panah ke bawah) yang muncul di bar menu atas.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 5

Sebagai alternatif lain, kita pun dapat memanfaatkan fitur pengarsipan percakapan yang notabene sebenarnya juga bisa digunakan untuk menyembunyikan pesan. Metode ini bisa dipertimbangkan apabila kita benar-benar tidak ingin melihat pesan-pesan dari mereka.

Dengan menggunakannya, kita bukan hanya akan terhindar dari notifikasi-notifikasi yang mengganggu dari kontak terkait. Percakapan yang diarsipkan pun akan selalu dalam menu pengarsipan sehingga tidak akan muncul di halaman utama kecuali kita mau membukanya.

3. Ganti Nomor

  • Di halaman utama aplikasi, ketuk More options (ikon titik tiga).
  • Pilih menu Settings.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 6
  • Buka bagian Account.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 7
  • Ketuk opsi Change number.
    Cara Agar orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp - 8
  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan penggantian nomor.

Mengganti nomor yang digunakan di layanan WhatsApp juga dapat menjadi salah satu trik supaya orang-orang tidak bisa menghubungi kita tanpa harus memblokir kontaknya. Namun tentu saja perlu dipastikan, mereka belum mengetahui atau bahkan menyimpan nomor kita yang baru.

Pada saat mengganti nomor WhatsApp, kita nanti menariknya bisa memilih untuk memberitahu kontak ataupun tidak. Pemberitahuan tentang perubahan nomor nantinya hanya akan ditampilkan pada percakapan-percakapan grup yang kita ikuti.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar