Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp

Gadgetren – Sebagai salah satu aplikasi chat yang populer di dunia, WhatsApp telah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif dengan lebih dari 100 miliar pertukaran pesan.

Untuk membuat penggunanya selalu nyaman dalam memakai layanannya, WhatsApp selalu meningkatkan fitur dan keamanan pada aplikasinya. Berbicara soal keamanan, kamu dapat menyembunyikan chat pada WhatsApp agar orang lain tidak sembarangan melihatnya dengan fitur Archive.

Sebenarnya Archive merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk mengarsipkan pesan agar tidak muncul di halaman utama aplikasi WhatsApp, namun bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan pesan lama jika diinginkan.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pada tab Chats di halaman utama, cari percakapan atau chat yang akan disembunyikan
  3. Tkan dan tahan chat tersebut hingga memunculkan tanda checklist
  4. Tekan tombol Archive Chat berikon panah ke bawah di dalam kotak pada bagian kanan atas layar
  5. Nantinya muncul notifikasi chat archived
  6. Chat tersebut pun tidak akan terlihat lagi di halaman utama

Archived WhatsApp

Fitur Archive tentunya dapat digunakan sebagai antisipasi dari orang lain yang secara diam-diam ingin melihat percakapan pada WhatsApp di handphone kamu.

Untuk bisa mengembalikan chat yang telah disembunyikan pada Archive, kamu dapat langsung mencarinya pada kolom Search di halaman utama. Selanjutnya, tahan Chat tersebut dan pilih Unarchived pada menu pop-up yang muncul.

Namun dibandingkan dengan menyembunyikan, sebaiknya kamu mengaktifkan fitur bawaan penguncian bawaan WhatsApp dengan menggunakan fingerprint karena lebih aman. Nantinya setiap kamu ingin mengakses WhatsApp harus melakukan pemindaian sidik jari terlebih dulu jika fitur diaktifkan.

Sementara pada beberapa handphone masa kini telah terdapat juga fitur penguncian dengan PIN, Password, atau Pattern sehingga privasi pada setiap aplikasi yang kamu gunakan dapat terjaga dengan baik.

Tak hanya itu saja, WhatsApp juga telah menghadirkan Disappearing messages yang memungkinkan kamu dapat mengirimkan pesan berupa chat, foto, atau video yang akan menghilang setelah dilihat oleh penerima.

Secara bawaan, WhatsApp telah menjanjikan bahwa chat dan panggilan yang dilakukan melalui aplikasinya telah menggunakan enkripsi end-to-end agar sulit untuk disadap oleh pihak lain.

Tinggalkan Komentar