ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Keunggulan Samsung Galaxy S24 FE, Flagship Terjangkau Samsung!

Gadgetren – Samsung akhirnya resmi meluncurkan ponsel flagship terjangkau mereka, yakni Samsung Galaxy S24 FE. Perangkat tersebut menariknya sudah langsung diboyong ke pasar Indonesia.

Perangkat tersebut dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mencicipi lini Samsung Galaxy S24 tetapi mempunyai dana terbatas. Meski harganya terjangkau, kita masih bisa menemukan berbagai fitur dan dukungan khas ponsel flagship Samsung.

Berbagai dukungan dan fitur tersebut bahkan menjadi keunggulan yang dapat dipertimbangkan saat kita masih ragu untuk meminang perangkat tersebut.

1. Layar Lebih Besar dan Kuat

Keunggulan dari Galaxy S24 FE salah satunya terletak pada bagian layar. Perangkat flagship terjangkau tersebut kini membawa panel yang lebih luas dibandingkan generasi sebelumnya.

Mirip seperti Samsung Galaxy S24+, perangkat tersebut mengadopsi layar berukuran hingga seluas 6,7 inci. Hanya saja resolusinya memang cuma mendukung sampai Full HD+ (2430 x 1080 piksel).

Layar Galaxy S24 FE di sisi lain juga sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X yang mampu menangani tingkat kecerahan hingga 1.900nits. Refresh rate-nya pun dapat bekerja secara adaptif menyesuaikan animasi sampai 120Hz.

Tak hanya lebih besar, perangkat tersebut juga menawarkan lapisan proteksi layar yang lebih kuat. Samsung kini menggunakan Corning Gorilla Glass Victus+ yang mempunyai ketahanan lebih tinggi terhadap goresan maupun benturan.

2. Dapur Pacu Lebih Mumpuni

Dapur pacu Galaxy S24 FE juga semakin kuat. Tidak seperti generasi sebelum-sebelumnya yang kembali memakai chipset flagship lawas, perangkat tersebut menggunakan chipset generasi mutakhir.

Dalam hal ini, Galaxy S24 FE mengandalkan chipset buatan Samsung sendiri yang diberi nama Samsung Exynos 2400e. Spesifikasinya cukup mirip dengan Samsung Exynos 2400 yang digunakan pada seri Galaxy S24 reguler tetapi dengan kecepatan yang sedikit diturunkan.

Keunggulan Samsung Galaxy S24 FE - Game

Dengan Exynos 2400e, Galaxy S24 FE tentunya dapat menangani berbagai tugas dengan lancar. Kita dapat mengandalkannya untuk sekadar berselancar di media sosial hingga bermain game sekalipun.

Khusus untuk kebutuhan bermain game, Exynos 2400e apalagi juga sudah mengadopsi teknologi Ray Tracing yang memungkinkan tampilan pencahayaan di dalam setiap adegan terlihat lebih natural.

Samsung secara khusus memadukan chipset ini dengan RAM berkapasitas 8GB. Kita pun tak perlu khawatir kinerja perangkat akan cepat menurun akibat peningkatan suhu karena Galaxy S24 FE diklaim memiliki Vapor Chamber berukuran 1,1 kali lebih besar dari generasi sebelumnya.

3. Kamera Tetap Menarik

Membawa ciri khas ponsel flagship Samsung, Galaxy S24 FE hadir dengan sistem kamera yang lengkap. Perangkat tersebut menawarkan lensa utama dengan resolusi pengambilan gambar sampai 50MP.

Sebagai penunjang, Samsung turut menyematkan lensa telefoto dengan resolusi 8MP yang mendukung pembesaran optik hingga sampai 3x. Terdapat juga lensa ultrawide 12MP dan kamera depan 10MP.

Keunggulan Samsung Galaxy S24 FE - Kamera

Di sisi peranti lunak, perangkat tersebut ditunjang dengan berbagai dukungan cerdas berkat teknologi ProVisual Engine yang sudah ditingkatkan. Termasuk di dalamnya Nightography yang menjadi andalan Samsung untuk pengambilan gambar di kondisi kurang cahaya.

Sistem kamera Galaxy S24 FE juga dilengkapi dengan Object-Aware Engine untuk mengenali skenario dan mengoptimalkan kemampuan Super High Dynamic Range (HDR) supaya foto maupun video bisa menjadi terlihat lebih cerah dan nyata.

4. Langsung Bawa Galaxy AI Terbaru

Hadir dengan antarmuka sistem One UI 6.1 terbaru, Galaxy S24 FE langsung mengemas dukungan Galaxy AI. Kita pun dapat menggunakan mulai dari Circle to Search, Live Translate, Chat Assist, Note Assist, hingga Interpreter.

Beberapa fitur Generative AI yang hadir lewat pembaruan sistem One UI 6.1.1 juga sudah hadir pada perangkat tersebut. Termasuk di antaranya meliputi AI Composer, Sketch to Image, Portrait Studio, PDF Overlay, maupun Listening Mode.

Bagi kamu yang belum tahu, AI Composer dapat menghasilkan tulisan berukuran panjang hanya dengan memasukkan instruksi tertentu. Kita dapat memakainya untuk membuat email, naskah presentasi, hingga keterangan foto di media sosial.

Sketch to Image memungkinkan kita mengubah sketsa menjadi gambar dalam berbagai gaya. Kita bisa memanfaatkannya untuk membuat ilustrasi 3D, kartun, cat warna, maupun pop-art.

Portrait Studio dapat digunakan untuk mengubah foto wajah menjadi gambar avatar menarik. Ada beberapa gaya yang disediakan mulai dari komik, ilustrasi 3D, sketsa hitam putih, hingga cat warna.

PDF Overlay merupakan fitur yang dapat dinikmati melalui aplikasi Note untuk mengelola berkas PDF. Kita dapat memakainya untuk menerjemahkan hingga mengedit tulisan, termasuk teks dalam gambar atau grafik.

Listening Mode menjadi bagian dari fungsi Interpreter yang dapat dimanfaatkan saat kita perlu mendengarkan pembicara berbahasa asing dalam siaran langsung, karya wisata, kuliah luring, atau rapat.

5. Dukungan Pembaruan Semakin Panjang

Yang tak kalah menarik, jaminan pembaruan sistem pada Galaxy S24 FE pun semakin panjang. Perangkat tersebut tidak hanya akan memperoleh empat generasi Android dan lima tahun peningkatan patch keamanan seperti generasi sebelumnya.

Samsung akan memberikan pembaruan sistem dengan durasi yang sama seperti flagship terbaru mereka lainnya. Dalam hal ini, Galaxy S23 akan memperoleh hingga tujuh generasi Android dan peningkatan patch keamanan selama tujuh tahun.

6. Harga Masih Ramah di Kantong

Sesuai kabar yang beredar, harga Galaxy S24 FE memang meningkat dari generasi sebelumnya. Perangkat tersebut kini dibanderol dengan harga Rp9.999.000 untuk versi 128GB atau Rp10.999.000 untuk 256GB.

Hanya saja, peningkatannya memang tergolong sangat wajar apabila kita melihat berbagai dukungan yang diusungnya. Harganya pun masih termasuk ramah di kantong untuk ponsel sekelas flagship Samsung.

Belum lagi, harganya bisa ditebus lebih murah apabila kita mengikuti masa promosi. Penjualan awal perangkat tersebut yang digelar dalam sesi prapemesanan bahkan menghadirkan bonus memory upgrade di mana pembeli versi 128GB akan langsung memperoleh versi 256GB.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar