ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A06, HP yang Aman!

Gadgetren – Jika hanya mempunyai dana yang terbatas untuk meminang sebuah ponsel baru, kita dapat mempertimbangkan perangkat Samsung Galaxy A06 yang sudah resmi diluncurkan di Indonesia.

Dengan banderol harga promo mulai dari Rp1.499.000, kita dapat meminangnya tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Perangkat tersebut bisa menjadi pilihan yang ekonomis di antara ponsel-ponsel kelas entri lainnya.

Di sisi lain, dukungan dan fitur yang diusung oleh Galaxy A06 juga tergolong cukup menarik. Perangkat entri tersebut bahkan mempunyai sejumlah keunggulan yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan.

Kelebihan Samsung Galaxy A06

1. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Cepat

Galaxy A06 salah satunya mempunyai dukungan daya yang sangat bagus. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yang memungkinkan kita beraktivitas tanpa hambatan.

Baterai Galaxy A06 secara teknis mampu menampung daya dengan kapasitas hingga 5.000mAh. Seharusnya sudah cukup untuk menemani kita beraktivitas dari pagi hingga sore tanpa berulang kali mengisi daya.

Yang cukup menarik, dukungan pengisian daya pada Galaxy A06 juga sudah lebih cepat ketimbang sejumlah perangkat di kelasnya. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi 25W Super Fast Charging seperti sejumlah ponsel menengah Samsung.

Teknologi 25W Super Fast Charging yang dibawanya setidaknya dapat mengisi daya dengan lebih singkat. Berdasarkan klaim Samsung, Galaxy A06 hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk membuat baterai terisi hingga 50 persen.

2. Kamera Beresolusi Tinggi

Meluncur di kelas entri, Galaxy A06 hadir dengan dukungan kamera beresolusi tinggi. Perangkat tersebut menawarkan lensa utama yang mampu menangani pengambilan gambar hingga 50MP dengan sensor kedalaman 2MP sebagai penunjang.

Konfigurasi kamera Galaxy A06 memungkinkan kita mengabadikan berbagai momen penting secara lebih baik. Perangkat tersebut bakalan mampu menghasilkan gambar berukuran tinggi yang tidak mudah pecah ketika diperbesar.

Di atas kertas, kemampuan pengambilan gambar pada mode standar pun akan meningkat. Sensor yang digunakan dalam mengembangkan kamera beresolusi tinggi umumnya menggunakan teknologi yang dapat menangkap cahaya secara lebih baik.

3. Dilengkapi Berbagai Fitur Mutakhir

Untuk pertama kalinya, Samsung Knox Vault juga hadir di kelas entri melalui Galaxy A06. Dukungan ini akan memastikan perangkat dapat digunakan dengan aman dari berbagai serangan malware atau pencurian data.

Bagi kamu yang belum tahu, Knox Vault merupakan fitur keamanan buatan Samsung yang hadir dengan memori khusus terpisah untuk menyimpan data-data penting seperti PIN, kata sandi, hingga pola kunci.

Knox Vault dirancang khusus untuk melindungi data-data sensitif dari peretasan. Fitur ini juga akan memperkuat berbagai fungsi keamanan lain dari Galaxy A06 seperti Auto Blocker yang mulai hadir pada antarmuka sistem One UI generasi baru, Secure Folder, Maintenance Mode, hingga Private Share.

Di samping itu, Galaxy A06 kini juga hadir dengan fitur pemindai sidik jari yang dapat digunakan secara lebih praktis untuk membuka kunci layar. Perangkat tersebut secara khusus memakai sensor yang sudah diintegrasikan dengan tombol power.

Tak hanya berkaitan dengan keamanan, Galaxy A06 juga mempunyai dukungan mutakhir untuk beberapa fungsi lain. Termasuk di dalamnya mencakup Dual Mic yang dapat menangkap suara dengan lebih jelas saat perangkat digunakan untuk menelepon atau melakukan panggilan video.

Sebagai penunjang dalam menikmati berbagai konten hiburan, Galaxy A06 juga dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos. Suara dari musik, video, atau game akan terdengar lebih natural saat kita memakai earphones hingga TWS.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A06 - Header

4. Pembaruan Tergolong Panjang

Menyusul saudara-saudaranya di kelas menengah, Galaxy A06 kini juga menjanjikan jaminan pembaruan yang lumayan panjang. Perangkat tersebut akan memperoleh dua kali peningkatan mayor dengan dukungan tambalan patch keamanan hingga selama empat tahun.

Dukungan ini memang masih kalah dari berbagai perangkat menengah Samsung yang dibanderol lebih mahal. Hanya saja, terbilang lebih panjang jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel sekelasnya.

Jaminan pembaruan ini memungkinkan kita menggunakan ponsel untuk jangka waktu yang sangat lama. Secara bawaan, Galaxy A06 apalagi sudah mengemas antarmuka sistem One UI 6.1 yang tergolong paling baru.

Sedikit informasi, antarmuka sistem yang digunakan pada Galaxy A06 juga sangat menarik. Perangkat tersebut tidak lagi menggunakan One UI Core melainkan One UI versi lengkap.

Kekurangan Samsung Galaxy A06

1. Desain Layar Ketinggalan

Berbanding terbalik dengan desain bodinya yang terlihat menarik, tampilan layar Galaxy A06 sayangnya terlihat cukup ketinggalan. Perangkat tersebut masih menggunakan notch kecil sebagai tempat kamera.

Padahal jika melihat banderol harganya, kini sudah mulai banyak ponsel yang mengadopsi layar dengan lubang kamera berbentuk punch hole sehingga terlihat lebih modern ketimbang Galaxy A06.

Layar Galaxy A06 di sisi lain juga tergolong standar. Perangkat tersebut masih menggunakan panel TFT LCD berukuran 6,7 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) dan refresh rate hanya sampai 60Hz.

2. Varian RAM Lebih Terbatas

Dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy A06 juga mempunyai dukungan RAM yang lebih terbatas. Perangkat tersebut hanya menyediakan opsi memori dengan kapasitas 4GB saja.

RAM dengan kapasitas 4GB sebenarnya sudah cukup untuk pemakaian kasual di masa sekarang. Hanya saja, tidak akan cocok bagi kita yang ingin menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau memiliki aktivitas berat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar