ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menampilkan Refresh Rate HP Infinix Buat Cek Animasi Aplikasi!

Cara Menampilkan Refresh Rate HP Infinix - Header

Gadgetren – Berbagai ponsel kini umumnya sudah dilengkapi dengan panel layar ber-refresh rate tinggi untuk memberikan pengalaman bermain game atau menonton video yang lebih menyenangkan.

Namun sayang, belum semua aplikasi mendukung pengaturannya. Panel dengan refresh rate tinggi padahal juga memerlukan dukungan dari konten yang ingin ditampilkan untuk membuat animasi terlihat semakin mulus.

Menampilkan angka refresh rate di layar pun dapat menjadi salah satu langkah untuk memastikan apakah aplikasi sudah mendukungnya atau belum. Jika memakai ponsel Infinix, kita dapat melakukannya dengan langkah sebagai berikut.

Cara Menampilkan Refresh Rate HP Infinix.

  • Buka menu Settings di ponsel Infinix yang digunakan.
  • Masuk ke bagian My Phone.
  • Ketuk kolom Build number hingga tujuh kali atau sampai muncul keterangan opsi pengembang sudah diaktifkan.
  • Jika sudah aktif, kembali ke halaman utama Settings.
  • Cari dan buka menu pengaturan System.
  • Buka menu Developer options.
  • Cari opsi Show refresh rate.
  • Nyalakan sakelar yang terletak di sampingnya.
  • Tutup pengaturan tanpa mematikan setelan Developer options.

Sama seperti ponsel-ponsel berbasis sistem Android pada umumnya, menampilkan refresh rate di layar perangkat Infinix dapat dilakukan dengan memanfaatkan fungsi di dalam Opsi Pengembang.

Opsi Pengembang merupakan satu set peralatan yang disematkan ke dalam sistem operasi Android untuk membantu developer dalam mengembangkan aplikasi. Di dalamnya, terdapat berbagai fungsi khusus untuk mengonfigurasi perilaku sistem atau membuat profil khusus pengujian.

Fungsi menampilkan refresh rate termasuk di antaranya. Dengan dukungan dari Opsi Pengembang ini, kita dapat memastikan apakah aplikasi sudah mendukung pengaturan animasi tinggi atau belum.

Karena tidak berdiri secara terpisah, fungsi menampilkan refresh rate di ponsel Infinix sayangnya hanya dapat digunakan selama Opsi Pengembang diaktifkan. Angka yang ditampilkan akan ikut menghilang ketika menu tersebut dimatikan.

Di sisi lain, perlu diingat bahwa mengaktifkan Opsi Pengembang secara terus-menerus cukup berisiko tinggi untuk ponsel. Peranti lunak berbahaya seperti virus atau malware soalnya dapat menyerang perangkat dengan memanfaatkannya.

Oleh karena itu, saya pribadi menyarankan agar menggunakan fungsi menampilkan refresh rate di layar ponsel Infinix seperlunya saja. Ada baiknya untuk segera mematikan Opsi Pengembang yang dipakai mengaktifkannya setelah selesai digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.