ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghemat Baterai HP Infinix Supaya Awet

Cara Menghemat Baterai HP Infinix Awet - Header

Gadgetren – Kebanyakan ponsel masa kini baik itu level entri hingga flagship meluncur dengan dilengkapi dukungan baterai berkapasitas besar untuk menyokong setiap aktivitas pengguna.

Jajaran ponsel buatan Infinix yang kini semakin digemari pun demikian. Perangkat-perangkat yang mereka kembangkan umumnya sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas minimal 5.000mAh sehingga mampu bertahan seharian penuh untuk mengerjakan rutinitas.

Hanya saja jika pengaturan yang digunakan kurang tepat, ponsel tetap bisa kehabisan daya secara lebih cepat. Durasi waktu pemakaian perangkat pun bisa menjadi lebih singkat sehingga kita pada akhirnya harus lebih sering melakukan pengisian ulang.

Belum lagi, kesehatan baterai isi ulang di sebuah perangkat elektronik secara umum memang akan terus menurun seiring pemakaian. Semakin lama maka kemampuan menyimpan daya dari unsur-unsur kimia yang dipakainya bakal terus berkurang.

Agar tetap hemat, kita pun perlu menyesuaikan sejumlah hal yang dirasa membuat pemakaian daya semakin boros. Adapun buat kamu yang memakai perangkat buatan Infinix bisa mencoba beberapa cara berikut untuk melakukannya.

1. Menonaktifkan Fungsi yang Tidak Digunakan

Tanpa kita sadari, beberapa fungsi pada ponsel seperti WiFi, lokasi, NFC, Hotspot, maupun Bluetooth akan terus-menerus melakukan pemindaian meskipun tidak sedang digunakan. Hal ini pun dapat membuat pemakaian daya menjadi sedikit lebih boros.

Untuk menghemat pemakaian daya perangkat, kita makanya bisa mematikan beberapa fungsi tersebut apabila sudah tidak digunakan. Kita dalam hal ini dapat memanfaatkan tombol pintasan yang ada di panel Quick Settings supaya bisa lebih praktis.

2. Menutup Aplikasi di Belakang Layar

  • Tekan tombol Recent (umumnya ikon kotak) jika memakai bar navigasi.
  • Atau usap layar dari bawah ke atas lalu tahan jika sudah menggunakan Gesture Navigation.
  • Jika daftar aplikasi yang berjalan muncul, ketuk tombol Clear (ikon tong sampah atau X).

Aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar juga dapat menjadi salah satu pemicu kenapa baterai perangkat bisa cepat habis. Saat mengerjakan sejumlah tugas, mereka soalnya juga akan mengonsumsi sumber daya milik ponsel di mana termasuk energi listrik.

Menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar pun dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi pemakaian daya pada perangkat. Ditambah lagi dengan melakukannya, kita pun bisa memperoleh RAM yang lebih lega sehingga ponsel akan berjalan semakin lancar.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Buka menu App Management.
  • Pilih submenu App list.
  • Cari dan ketuk aplikasi yang sudah tidak digunakan.
  • Ketuk tombol Uninstall.
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol yang sesuai.

Di samping menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar, kita juga dapat mempertimbangkan untuk menghapusnya jika memang sudah tidak digunakan. Cara ini tentu bisa lebih efektif untuk mengurangi konsumsi daya di perangkat.

Sementara untuk aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstall, kita pun dapat memanfaatkan opsi untuk mencopot pembaruan lalu menonaktifkannya. Hanya saja perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi mendukung hal tersebut.

4. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Apapun jenis teknologi panel yang digunakan, kita memerlukan daya lebih banyak untuk menghasilkan kecerahan tinggi. LED yang dipakai membutuhkan energi tinggi agar bisa menyala terang seperti lampu pada umumnya.

Agar pemakaian daya di sebuah ponsel bisa lebih hemat, kita makanya bisa mengurangi tingkat kecerahan layar. Mematikan opsi kecerahan otomatis lalu mengaturnya ke setelan paling rendah pun dapat menjadi alternatif yang lebih baik.

5. Memakai Mode Gelap

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Display & Brightness.
  • Ubah tema ke Dark theme.

Apabila memakai ponsel Infinix yang menggunakan panel OLED atau AMOLED, kita juga dapat menghemat konsumsi daya baterai dengan menerapkan tema gelap. Dukungan ini apalagi kadang-kadang juga bisa terasa lebih nyaman untuk dilihat.

Saat tema gelap aktif, lampu LED yang dipakai untuk memproduksi warna sekaligus penerangan latar bakal dimatikan saat menampilkan warna hitam. Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi konsumsi pemakaian daya dari perangkat.

6. Menurunkan Setelan Refresh Rate

  • Buka halaman pengaturan Display & Brightness seperti langkah-langkah sebelumnya.
  • Gulir ke bawah cari menu Screen Refresh Rate.
  • Ketuk menu tersebut lalu ubah pengaturannya ke 60Hz.

Kebanyakan ponsel masa kini di mana termasuk perangkat-perangkat buatan Infinix sudah mengadopsi teknologi layar dengan refresh rate tinggi. Tujuannya untuk memberikan tampilan animasi yang lebih bagus dan terlihat lebih natural.

Sayangnya saat menggunakan refresh rate dengan pengaturan tinggi, konsumsi daya di sebuah ponsel pun akan meningkat. Kita makanya bisa mengubah setelan ke paling rendah jika ingin membuat pemakaian baterai perangkat menjadi lebih hemat.

Alih-alih menggunakan fungsi perubahan setelan otomatis, kita dapat mengunci refresh rate ke pengaturan 60Hz. Terlebih lagi apabila layar dari perangkat Infinix yang digunakan belum mendukung panel LPTO (Low-Temperature Polycrystalline Oxide).

7. Memanfaatkan Fitur Penghemat Daya

  • Kunjungi halaman Settings.
  • Buka menu Power Marathon.
  • Cari dan buka menu Advanced Settings.
  • Ketuk menu Battery Saver.
  • Aktifkan opsi Use Battery Saver.

Supaya dapat menghemat daya secara lebih baik, kita juga dapat memanfaatkan fitur Battery Saver yang disediakan oleh antarmuka XOS. Kita dapat menggunakannya terutama saat kapasitas baterai di perangkat sudah sangat rendah.

Sebagai alternatifnya, kita juga dapat memanfaatkan fitur Power Boost yang mana pengaturannya juga tersedia di halaman Power Marathon. Kita nanti hanya perlu mengetuk pengaturan yang sesuai, memilih setelan yang mau diterapkan, lalu menekan tombol Activate.

Jika beberapa cara di atas belum mengatasi masalah konsumsi daya di ponsel Infinix, membawa perangkat ke pusat perbaikan mungkin dapat menjadi alternatif terakhir. Baterai boros juga bisa terjadi akibat kerusakan komponen seperti IC maupun baterai itu sendiri.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar