ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Screenshot Panjang di HP Infinix Untuk Tangkap Layar Lebih Lengkap

Cara Screenshot Panjang di HP Infinix Header

Gadgetren – Selain mempunyai fitur mengambil screenshot dengan gesture 3 jari, ponsel Infinix juga telah dilengkapi dengan kemampuan screenshot panjang.

Hadirnya fitur screenshot panjang memungkinkan kamu dapat mengabadikan konten melebihi dari satu halaman seperti eBook, browser, media sosial, email, dokumen, dan masih banyak lagi.

Untuk mengambil screenshot panjang pun merupakan salah satu hal yang mudah di ponsel Infinix karena fiturnya sendiri sudah aktif secara langsung tanpa perlu kamu melakukan pengaturan terlebih dulu.

Cara Screenshot Panjang di HP Infinix

  • Cari area yang akan kamu screenshot
  • Lakukan screenshot dengan kombinasi tombol fisik, tombol virtual di Quick Settings, maupun gesture 3 jari.
  • Layar berkedip atau suara shutter terdengar menandakan bahwa screenshot telah dilakukan.
  • Nantinya muncul thumbnail screenshot yang melayang.
  • Tekan tombol Scroll Screenshot berikon dua garis ke bawah di dalam kotak target.
  • Selanjutnya secara otomatis sistem akan menggulir halaman ke bawah.
  • Apabila panjang halaman screenshot dirasa sudah cukup, tekan tombol Done.
  • Gambar hasil screenshot panjang dapat dilihat di Gallery atau File Manager.

Perlu dicatat bahwa fitur screenshot panjang hanya berlaku ketika konten yang kamu ambil memiliki halaman yang panjang. Dengan begitu apabila konten yang diambil hanya satu halaman atau yang bisa dilihat penuh dalam satu layar tidak akan muncul opsi screenshot panjang.

Bisa dibilang screenshot panjang memang sangat berguna ketika kamu ingin memberikan informasi mengenai konten yang memiliki halaman panjang kepada orang lain tanpa terputus informasinya.

Namun perlu dicatat bahwa screenshot panjang memiliki batasan hingga 30 halaman saja. Supaya tidak terpotong secara tiba-tiba, kamu dapat mengakalinya dengan membuat beberapa bagian screenshot panjang. Misalnya untuk yang pertama dari halaman 1 ke 30, selanjutnya halaman 30 ke 60, dan seterusnya .

Tidak hanya ponsel Infinix saja, sebenarnya fitur screenshot panjang juga telah hadir pada berbagai ponsel Android yang mana langkahnya cukup mirip dengan melakukan screenshot terlebih dulu dan selanjutnya menekan tombol Scroll Screenshot.

Namun mungkin untuk ponsel merek lainnya akan memiliki ikon dan posisi penempatan menu yang berbeda sehingga perlu disesuaikan untuk setiap tampilan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar