ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Aktifkan Opsi Pengembang Infinix Buat Akses Fungsi Khusus

Cara Aktifkan Opsi Pengembang Infinix - Header

Gadgetren – Selayaknya perangkat-perangkat yang menggunakan sistem operasi Android secara umum, sejumlah fungsi di ponsel buatan Infinix juga hanya dapat diakses melalui opsi pengembang.

Bagi kamu yang belum tahu, opsi pengembang adalah satu set peralatan yang disematkan oleh Google untuk membantu para developer dalam mengembangkan aplikasi. Kita dengannya dapat mengonfigurasi perilaku sistem atau membuat profil khusus untuk melakukan pengujian.

Hanya saja, opsi pengembang memang tidak akan langsung muncul saat kita baru membeli perangkat Infinix. Secara mendasar pengaturannya akan disembunyikan agar hanya dapat diakses oleh mereka yang paham saja dan tidak menyebabkan masalah.

Cara Aktifkan Opsi Pengembang Infinix

  • Buka halaman Settings di ponsel Infinix.
  • Masuk ke bagian My phone.
  • Cari kolom Build number.
  • Ketuk kolom tersebut sebanyak tujuh kali atau sampai muncul keterangan “You are now a developer”.

Setelah opsi pengembang sudah aktif, kita selanjutnya dapat mengakses berbagai macam fungsi di dalamnya melalui menu baru yang akan muncul di pengaturan ponsel. Hanya saja memang sedikit tersembunyi karena bukan di halaman utama.

Untuk Mengakses Opsi Pengembang Infinix

  • Buka aplikasi Settings.
  • Cari dan buka menu System.
  • Ketuk menu Developer options untuk mengakses opsi pengembang.

Menariknya meskipun dirancang untuk developer, beberapa fungsi di opsi pengembang juga dapat digunakan oleh pengguna umum. Kita misal dapat memanfaatkan dukungan USB Debugging di dalamnya untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan.

Namun saat menggunakan opsi pengembang di ponsel Infinix, kita memang perlu berhati-hati. Beberapa pengaturan yang terdapat di dalamnya memang tidak boleh diubah-ubah secara asal-asalan. Jika salah soalnya bisa menyebabkan sejumlah masalah atau bahkan kerusakan sistem.

Menonaktifkan Opsi Pengembang Infinix

  • Masuk ke halaman System di Settings.
  • Buka menu Developer options dengan menggunakan langkah-langkah sebelumnya.
  • Matikan opsi Use developer options.

Bahkan setelah selesai menggunakan salah satu fungsinya, saya pribadi menyarankan untuk mematikan opsi pengembang. Tidak sedikit perangkat lunak berbahaya seperti virus atau malware menyerang dengan memanfaatkannya.

Perlu dicatat bahwa antarmuka sistem XOS milik Infinix mungkin mempunyai tampilan yang berbeda-beda. Pada beberapa model perangkat, kita makanya perlu menyesuaikan beberapa langkah dalam metode di atas supaya berhasil.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar