ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Apa Itu BeaconLink OPPO? Bisa Telepon Lewat Bluetooth!

Apa Itu BeaconLink OPPO Header

Gadgetren – Pada OPPO Reno12 Series dan Reno12 F Series sudah dihadirkan fitur baru menarik pada ColorOS yang bernama BeaconLink.

BeaconLink memungkinkan antar perangkat OPPO Reno12 Series atau Reno12 F Series dapat saling berkomunikasi melalui panggilan suara ketika tidak ada kuota internet maupun sinyal seluler.

Pihak OPPO mengungkapkan bahwa BeaconLink menggunakan protokol komunikasi yang dipatenkan sehingga dapat meningkatkan transmisi Bluetooth untuk melakukan panggilan suara mencapai jarak maksimal 200 meter.

Bagaimana BeaconLink Bekerja?

Untuk bisa menggunakan fitur ini, tentunya ponsel yang berkomunikasi harus sama-sama telah mempunyai dukungan fitur BeaconLink. Dengan begitu, perangkat OPPO lain yang belum mempunyai BeaconLink tidak akan dapat melakukan panggilan tanpa sinyal seluler.

Menurut pihak OPPO, BeaconLink dapat meningkatkan efisiensi daya perangkat keras Bluetooth BR / EDR hingga 300% sehingga mampu memperluas jarak transmisi data melalui Bluetooth.

Peningkatan efisiensi tentunya membuat antar pengguna ponsel dengan teknologi BeaconLink dapat menikmati panggilan suara tanpa kuota internet maupun sinyal seluler dengan jarak maksimal 200 meter.

Untuk Apa BeaconLink Digunakan?

Tentunya BeaconLink sangat bermanfaat ketika pengguna ponsel OPPO sedang berada di daerah yang susah sinyal maupun koneksi internet hingga acara besar seperti konser, pasar malam, maupun festival yang terkadang mengganggu sinyal seluler.

Pada saat kamu berada di parkiran lantai bawah tanah atau Basement yang biasanya sinyal sering hilang, maka komunikasi panggilan suara dengan menggunakan fitur BeaconLink ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Untuk mengaktifkan fitur BeaconLink pun sangat mudah karena tinggal buka aplikasi Settings, lalu masuk ke menu Mobile network. Nantinya ada opsi BeaconLink yang dapat diaktifkan.

Protokol Bluetooth akan mencari dan memindai perangkat yang juga menggunakan teknologi BeaconLink hingga radius 200 meter. Selanjutnya BeaconLink akan mengoptimasi encoding audio, mengurangi data transmisi, meningkatkan jarak transmisi, dan menambahkan pengurangan jitter audio sehingga dapat mengurangi latensi.

Tak hanya sampai di situ saja, BeaconLink juga menerapkan skema enkripsi broadcast Bluetooth baru dan skema otentikasi kontak dua arah sehingga dapat melindungi proses penemuan dan koneksi perangkat agar percakapan panggilan suara menjadi lebih aman.

Bisa dibilang BeaconLink merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan pada OPPO Reno12 Series dalam memudahkan komunikasi sesama pengguna ponsel OPPO agar dapat tetap berkomunikasi walaupun sinyal seluler atau akses internet sedang buruk.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.