ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Aksesoris

Review Logitech Pebble 2 Combo – Mouse & Keyboard Imut Untuk Banyak Perangkat

Logitech Pebble 2 Combo

Review Logitech Pebble 2 Combo
  • Rating
4

Kesimpulan

Logitech Pebble 2 Combo adalah mouse dan keyboard yang sangat menarik bagi mereka yang sering bepergian atau bagi yang menginginkan ruang kerja minimalis dan imut.

Yang Disukai

  • Desain menarik
  • Ukuran ringkas dan ringan
  • Banyak fitur bermanfaat

Yang Tidak Disukai

  • Perlu adaptasi dengan bentuknya

Gadgetren – Di antara berbagai macam keyboard dan mouse yang beredar di pasaran, ada satu yang unik dan menarik perhatian yaitu Logitech Pebble 2 Combo yang terdiri dari Pebble Mouse 2 M350s dan Pebble Keys 2 K380s.

Pebble 2 menonjol berkat desainnya yang ringkas, ringan, dan imut. Tersedia dalam lima pilihan warna yang menggugah mata yakni Tonal White, Tonal Graphite, Tonal Sand, Tonal Rose, dan yang digunakan pada review ini, Tonal Blue.

Baik keyboard maupun mouse Pebble 2 memiliki ukuran yang sangat kompak. Dengan berat hanya 415g untuk keyboard dan 76g untuk mouse, termasuk baterai, membuatnya sangat mudah dibawa ke mana-mana bahkan dalam tas kecil sekalipun.

Pebble 2 menggunakan material plastik yang sebagian terbuat dari hasil daur ulang, memberikan sensasi yang nyaman saat digunakan. Meski bentuknya ringkas, Pebble 2 tetap terasa kokoh dan solid.

Baik mouse maupun keyboard Pebble 2 menggunakan konektivitas Bluetooth Low Energy yang memungkinkan mereka terhubung dengan berbagai perangkat seperti laptop, smartphone, tablet, dan bahkan smart TV Android.

Karena tidak memerlukan dongle, kita jadi tidak perlu repot mencopot dan memasang USB dongle. Selain itu berkat tidak adanya kabel membuat area kerja jadi bersih dan minimalis. Pergantian koneksi antar perangkat Bluetooth pun sangat mudah dan cepat, cukup dengan menekan satu tombol saja.

Logitech Pebble 2 Combo

Mouse Pebble 2 memiliki bentuk yang unik dibandingkan dengan mouse kebanyakan. Jika mouse umumnya membukit di area tempat telapak tangan bersandar, Pebble 2 justru memiliki desain yang lebih pipih dan menurun menyerupai bentuk batu halus yang sesuai dengan namanya.

Pada awal penggunaan, mouse ini terasa agak aneh karena saya terbiasa dengan bentuk mouse standar yang memiliki tonjolan dan lekukan mengikuti ergonomik tangan. Namun tidak butuh waktu lama bagi saya untuk terbiasa dengan bentuknya. Lama-kelamaan saya justru menikmati pengalaman menggunakan mouse ini.

Bagian atas mouse Pebble 2 didesain sederhana dengan hanya tombol klik kiri dan kanan serta scroll wheel yang juga bisa dipencet. Di bagian bawahnya terdapat saklar daya, tombol untuk mengganti perangkat Bluetooth yang terhubung, serta lampu indikator yang menunjukkan koneksi Bluetooth aktif.

Saat tombolnya dipencet-pencet, mouse ini tergolong sangat senyap. Scroll wheel-nya pun terasa lancar dan nyaman saat digunakan untuk menggulir halaman website atau dokumen.

Logitech Pebble 2 Combo

Tidak kalah dengan mouse-nya, Keyboard Pebble 2 juga terlihat sangat imut. Desainnya mulus tanpa sudut tajam, dengan tombol-tombol yang bulat menonjolkan kesan unik dan menarik.

Meskipun ukuran Keyboard Pebble 2 mungil, tombol-tombol pada keyboard ini memiliki ukuran yang cukup besar kecuali tombol navigasi panah yang lebih kecil. Setiap tombol memberikan feedback yang memuaskan saat dipencet dan tidak berisik.

Karena ukurannya yang ringkas, keyboard ini tidak memiliki tombol selengkap keyboard standar. Namun hal ini disiasati dengan beberapa tombol yang memiliki fungsi alternatif saat dipencet bersamaan dengan tombol Fn.

Misalnya fungsi Page Up dan Page Down dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol Fn dengan navigasi panah atas atau bawah. Deretan tombol function juga memiliki fungsi tambahan seperti kontrol multimedia, membuka popup emoticon, screenshot layar, hingga menyembunyikan jendela aplikasi.

Keyboard ini dilengkapi dengan saklar daya dan indikator daya di sisi kirinya serta lampu indikator koneksi Bluetooth di bagian atas. Sebagai sumber dayanya, Pebble 2 menggunakan baterai yang dapat diganti.

Logitech Pebble 2 Combo

Untuk mouse menggunakan satu baterai AA sementara keyboard membutuhkan dua baterai AAA. Saya pribadi lebih suka model ini karena menawarkan daya tahan yang lebih lama untuk penggunaan jangka panjang. Logitech mengklaim ketahanan daya baterai Pebble 2 cukup lama yaitu hingga 24 bulan untuk mouse dan hingga 36 bulan untuk keyboard.

Mengakses kompartemen baterai pada keyboard bisa dilakukan dengan mencopot casing pelindung di bagian bawah. Sementara itu pada mouse, kompartemen baterai dapat diakses dengan mencungkil casing bagian atas.

Menariknya di dalam mouse terdapat kompartemen yang diperuntukkan untuk dongle USB Logi Bolt yang sudah disertakan dalam boks penjualan. Logi Bolt ini dapat digunakan sebagai alternatif koneksi antara keyboard dan mouse dengan perangkat lain.

Logitech Pebble 2 Combo Logi Options+

Satu fitur menarik lainnya dari Pebble 2 adalah fungsi beberapa tombolnya dapat dengan mudah diubah melalui aplikasi Logi Options+. Misalnya, tombol klik tengah pada mouse bisa dikustomisasi untuk membuka menu emoji atau bahkan dapat diatur untuk aplikasi tertentu. Sebagai contoh di aplikasi Word, tombol tersebut bisa diatur untuk melakukan autoscroll.

Untuk keyboardnya, kita dapat mengubah fungsi tombol function dari F4 hingga F12 serta tombol insert. Fungsi tombol ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan misalnya untuk mengaktifkan kombinasi tombol tertentu atau bahkan membuka aplikasi ChatGPT untuk bantuan AI.

Ini adalah salah satu fitur favorit saya. Di era di mana AI semakin terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, akses mudah ke ChatGPT sangat membantu memperlancar alur kerja. Meskipun bisa mengakses ChatGPT melalui browser dan mengetik alamat web, memiliki opsi untuk membuka aplikasi hanya dengan menekan satu tombol jauh lebih cepat dan praktis.

Kelebihan lain dari Logi Options+ adalah fitur Smart Action-nya yang memungkinkan kita melakukan berbagai aksi sekaligus dengan menekan tombol tertentu. Misalnya, menekan klik tengah pada mouse bisa secara otomatis membuka browser Chrome dan Word, langsung siap untuk pekerjaan kita.

Selain itu, Logi Options+ juga memungkinkan kita untuk mengatur kecepatan pointer mouse dan memantau daya baterai yang tersisa dari masing-masing perangkat.

Logitech Pebble 2 Combo Logi Options+

Sejauh ini Logitech Pebble 2 Combo sangat menarik terutama bagi mereka yang sering bepergian dan ingin bekerja menggunakan tablet atau bagi siapa saja yang menginginkan ruang kerja yang minimalis dan imut.

Meskipun kompak, pengalaman penggunaan baik mouse maupun keyboard sangat mengesankan. Fitur-fitur yang tersedia juga sangat melimpah dan bisa dikustomisasi sesuai keinginan.

Dengan harga saat ini yang hanya di kisaran 700 ribuan saja, keyboard dan mouse ini sangat layak dibeli. Harapan saya di masa depan Logitech akan menyediakan tempat penyimpanan bawaan yang kompatibel dengan kedua perangkat ini sehingga lebih aman dan rapi saat disimpan dan dibawa dalam tas.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar