ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Laptop / PC

Monitor Gaming ROG Swift OLED PG32UCDP Resmi Diperkenalkan, Tawarkan Refresh Rate Hingga 480Hz

Monitor Gaming ROG Swift OLED PG32UCDP Resmi Diperkenalkan, Tawarkan Refresh Rate Hingga 480Hz

Gadgetren – ASUS telah meluncurkan monitor gaming terbarunya melalui lini produk Republic of Gamers yang bernama ROG Swift OLED PG32UCDP. Monitor ini sudah tersedia di pasar Amerika Serikat dengan harga banderol sekitar 1299 USD atau setara Rp21,1 jutaan seperti dilansir dari PCWorld.

Untuk menunjang aktivitas sesi gaming, monitor ini dibekali spesifikasi yang tinggi. Layarnya hadir dalam ukuran 31,5″ berpanel WOLED yang mendukung fitur dual mode melalui hotkey yang memungkinkan pengguna dapat beralih dengan cepat dari visual 4K (3840 x 2160 piksel) pada 240Hz menjadi Full HD dengan refresh rate hingga 480Hz maupun sebaliknya.

Dengan begitu pengguna mendapatkan dua pilihan pengalaman layar dengan responsivitas yang berbeda. Kedua mode tersebut sama-sama mampu menawarkan tampilan konten yang halus khususnya untuk memainkan game dengan fps cepat.

Selain itu, monitor baru ini juga memiliki tingkat kecerahan hingga 1300 nit, waktu respon 0,03 ms, tampilan warna 10bit, warna gamut DCI-P3 99%, HDR10, dan dukungan teknologi ASUS OLED generasi 3.

Teknologi ASUS OLED menghadirkan warna hitam pekat dan gelap yang membuat warna semakin akurat. Kemudian tersedia fitur Low Extreme Motion Blur untuk memperjelas gerakan dan algoritma Clear Pixel Edge yang membuat teks lebih mudah dibaca.

Melalui ASUS OLED, monitor ini didukung dengan Flicker Free khusus OLED untuk menghadirkan gameplay lebih halus. Pencahayaan pada layar juga akan dijaga tetap konsisten sehingga pengguna dapat menatap layar lebih lama.

Monitor Swift OLED PG32UCDP dengan ASUS OLED generasi tiga diklaim menawarkan tampilan yang lebih terang 15% dibandingkan monitor kompetitor lainnya di kelasnya.

 ROG-Swift-OLED-PG32UCDP-depan

Panel ASUS OLED didukung garansi selama 3 tahun untuk memberikan ketenangan pemakaian ketika mengalami kerusakan yang tidak disengaja. Selain itu ASUS memberikan dukungan ASUS OLED Care untuk perlindungan tambahan yaitu Pixel Cleaning, Pixel Move, Screen Saver dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan dengan teknologi AI, monitor Swift OLED PG32UCDP turut dibekali akselerasi AI yang membuatnya menyediakan beragam fitur AI untuk memanjakan permainan game lebih mudah dan cepat mulai dari AI Visual, AI Crosshair, AI Sniper, AI Shadow Boost, dan MOBA Map Helper.

Lebih jauh, AI Visual akan mendeteksi layar dan melakukan penyesuaian untuk memberikan pengaturan monitor default atau preset pilihan pengguna yang paling cocok buat mereka.

Sementara AI Crosshair akan mengganti warna crosshair menjadi lebih kontras dibandingkan latar belakang agar terlihat lebih jelas saat membidik target. Kemudian AI Sniper akan dapat memperbesar pusat target untuk memperoleh sasaran yang lebih baik selama sesi latihan.

 ROG-Swift-OLED-PG32UCDP-belakang

Lalu AI Shadow Boost dapat memperjelas area gelap dalam game agar lebih mudah menemukan musuh yang bersembunyi di area gelap. Selanjutnya MOBA Map Helper akan memberikan notifikasi kepada gamer MOBA untuk terus mengawasi setiap terjadi Group Battle.

Secara fisik, monitor ini hadir dalam warna hitam yang memiliki bingkai tipis dan dapat diletakkan di atas meja dengan dudukan stand berbentuk seperti tripod yang lebar.

Dudukan monitor ini dapat disesuaikan mulai dari ketinggian, kemiringan, dan dapat pula diputar. Monitor ini juga memiliki dua fitur pencahayaan LED RGB yang terdiri dari satu di bagian belakang panel dan satu di bawah dudukan.

Monitor mendukung Aura Sync sehingga dapat dihubungkan dengan perangkat ASUS Aura Sync lainnya. Monitor yang satu ini juga dapat menampilkan aspek rasio yang beragam untuk para gamer meliputi 24,5″ untuk esports dan 27″.

Fitur-fitur konektivitas yang disediakan antara lain DisplayPort 1.4 dengan DSC, HDMI 2.1, USB C dengan power delivery 90W, socket tripod di bagian atas monitor, dan jack headphone.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.