Berita PC

Perkenalkan Ini ASUS ROG Swift 360, Monitor dengan Refresh Rate 360 Hz Pertama di Dunia

ASUS ROG Switf 360 Feature

Gadgetren – Sebagai salah satu perusahaan teknologi asal Taiwan, ASUS telah terkenal dengan produk-produk perangkat komputernya, baik untuk konsumen umum, pebisnis, maupun pemain game.

Kali ini ASUS bersama NVIDIA baru saja mengumumkan mengenai produk monitor terbarunya di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020, yakni ROG Swift 360.

Sesuai dengan namanya, monitor ini memiliki banyak fitur yang dapat menunjang aktivitas bermain game. Fitur utama dari monitor ini sendiri terletak pada kecepatan refresh rate tinggi yang mencapai 360 Hz.

Bisa dibilang refresh rate yang dimiliki oleh ROG Swift 360 ini 50% lebih cepat dibandingkan monitor dengan refresh rate 240 Hz. Bahkan refresh rate yang dimiliki oleh monitor ini 6 kali lebih cepat dibandingkan refresh rate monitor standar pada umumnya.

Refresh rate setinggi ini memungkinkan gambar yang ditampilkan oleh game dapat disegarkan setiap 2,77 ms. Tentu saja hal tersebut akan menghasilkan gerakan animasi yang super halus sehingga memanjakan mata penggunanya ketika bermain game.

Sementara itu, NVIDIA berpendapat bahwa ROG Swift 360 dengan refresh rate 360 Hz ini mampu memangkas waktu frame sebesar 1,4 ms dibandingkan dengan monitor 240 Hz dengan kecepatan waktu frame 4,16 ms.

Meskipun perubahan kecepatan waktu frame terbilang tidak sedratis dari monitor refresh rate 60 Hz ke 120 Hz, namun ASUS dan NVIDA telah melakukan penelitian terhadap monitor refresh rate 360 Hz yang menyebutkan bahwa terdapat peningkatan kinerja tembakan di game Overwatch dibandingkan monitor dengan refresh rate 240 Hz

ASUS ROG Swift 360 bagian belakang

Selain itu, ASUS dan NVIDIA juga telah mencatat penurunan waktu latensi game sebesar 14,5 ms dari yang tadinya 34,5 ms di monitor 240 Hz menjadi 20 ms pada monitor ROG Swift 360 dengan refresh 360 Hz.

Berkat layar yang mempunyai lebar 24,5 inci, resolusi Full HD (1080p), dan refresh rate tinggi membuat ROG Swift 360 ini dapat menampilkan konten game yang sangat memanjakan mata penggunanya selama permainan.

Terdapat juga dukungan fitur G-Sync tingkat lanjut pada ROG Swift 360 yang memungkinkan sinkronisasi refresh rate pada monitor dengan kemampuan render kartu grafis NVIDIA sehingga monitor dapat menampilkan konten game secepat kemampuan render kartu grafis yang digunakan.

Dengan kata lain, tampilan dan gerakan dari animasi game yang ditampilkan oleh ROG Swift 360 akan terlihat sangat mulus dan halus tanpa hadirnya lag. Untuk itulah ASUS dan NVIDIA menargetkan monitor ini untuk pasar eSports maupun pemain yang mempunyai PC Desktop game dengan spesifikasi tinggi.

Meskipun tanggalnya belum diketahui pasti, namun ASUS mengabarkan bahwa ROG Swift 360 akan djual secara umum pada akhir tahun 2020 mendatang.

Tinggalkan Komentar