ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Samsung Segera Rilis Monitor Gaming Odyssey dengan Layar OLED Baru

Samsung Segera Rilis Monitor Gaming Odyssey dengan Layar OLED Baru

Gadgetren – Pada perhelatan teknologi Consumer Electronics Show (CES) tanggal 9 – 12 Januari 2024 mendatang di Las Vegas, Samsung Electronics dikabarkan akan segera memperkenalkan tiga monitor gaming terbarunya.

Tiga monitor tersebut dikabarkan menggunakan panel OLED model terbaru yang mencakup Odyssey OLED G9 (G95SD), Odyssey OLED G8 (G80SD), dan Odyssey OLED G6 (G60SD).

Lebih jauh, panel OLED yang akan melengkapi ketiga model monitor ini dilengkapi teknologi OLED Glare-Free yang dapat meminimalkan pantulan cahaya sehingga memungkinkan penonton mendapatkan pengalaman menonton lebih baik tanpa peralatan tambahan.

Selain itu ketiga monitor ini juga akan didukung sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 400 yang memungkinkan visual di layar dapat menghasilkan detail gambar memukau dan warna yang cerah sehingga disebutkan game maupun konten dengan kualitas apapun dapat ditampilkan.

Dengan dukungan AMD FreeSync Premium Pro untuk gaming HDR akan memungkinkan game yang dimainkan pemain dapat berjalan dengan mulus tanpa adanya kendala patah-patah atau latensi rendah. Ketiganya juga akan menyediakan port koneksi yang lengkap berupa dua port HDMI 2.1, hub USB, dan input DisplayPort 1.4.

Secara fisik, ketiga monitor gaming OLED ini akan menggunakan material logam yang memiliki bodi ramping serta akan menyertakan Core Lighting+ atau lingkaran pencahayaan seperti RGB yang disematkan di bagian belakang monitor. Core Lighting+ dapat disetel dan akan menampilkan beragam warna untuk menemani pengguna bermain game.

Core Lighting+ disebut memiliki lingkaran pencahayaan empat kali lebih ramping dibandingkan model sebelumnya (G95SC). Selain itu ketiga monitor baru ini juga akan memiliki dudukan plat logam dengan ketebalan 3mm yang mengadopsi struktur perakitan tanpa alat.

Samsung-Odyssey-OLED-G8-G80SD-Back

Disamping itu untuk kenyamanan dan kemudahan menikmati layar, ketiga monitor ini akan dapat disesuaikan ketinggiannya (HAS) yang dilengkapi titik kontrol kemiringan, putar, dan pivot.

Sebagai varian tertinggi, monitor Odyssey OLED G9 akan mengusung layar melengkung berukuran 49 inci yang memiliki resolusi DQHD (5120 × 1440 piksel) . Sementara Odyssey OLED G8 akan memiliki ukuran layar 32 inci berbentuk datar dengan resolusi 4K UHD (3840 × 2160 piksel).

Baik Odyssey OLED G9 dan Odyssey OLED 8 akan mendukung refresh rate 240Hz. Sedangkan monitor  Odyssey OLED G6 akan tebar pesona dengan ukuran layar 27 inci yang mempunyai resolusi Quad HD (2560 × 1440 piksel) serta memiliki refresh rate 360Hz. Ketiganya akan memiliki waktu respons 0,03ms.

Menariknya, monitor Odyssey OLED G9 dan Odyssey OLED G8 akan menawarkan pengalaman konektivitas multi-device atau banyak perangkat yang dapat terhubung melalui fitur Multi Control.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna dapat melakukan transfer file berupa foto, video, dan teks dengan lancar antara monitor Samsung dan perangkat Samsung lainnya seperti Galaxy Book, tablet, atau handphone untuk membantu pengguna beraktivitas lebih lancar menggunakan mouse dan keyboard.

Fitur Multi Control sendiri disebut dapat digunakan pada monitor Samsung yang menjalankan sistem operasi Tizen OS yang dirilis pada tahun 2024 atau lebih baru, Galaxy Books yang dirilis pada tahun 2021 atau lebih baru, dan tablet serta handphone Galaxy yang menjalankan One UI 5.1.1 atau lebih  baru.

Samsung-Odyssey-OLED-G9-G95SD

Monitor Odyssey OLED G9 dan Odyssey OLED G8 akan menyediakan Samsung SmartThings Hub. Yang mana dengan hub bawaan pengguna dapat terhubung ke berbagai perangkat IoT yang kompatibel dengan Matter dan Home Connectivity Alliance (HCA) untuk kontrol perangkat.

Untuk bermain game, monitor Odyssey OLED G9 dan Odyssey OLED G8 akan dibekali platform Samsung Smart TV dan Samsung Gaming Hub yang menyediakan akses ke layanan streaming dan cloud gaming tanpa perlu mengunduh, tanpa menggunakan tambahan penyimpanan, dan tanpa memerlukan PC atau konsol.

Hoon Chung selaku Executive Vice President of the Visual Display Business at Samsung Electronics menyampaikan bahwa monitor gaming OLED Odyssey terbaru dari Samsung akan mendukung para gamer dengan lingkungan gaming yang lebih imersif dan teknologi inovatif yang akan mempersonalisasi pengalaman bermain game mereka.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar