ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengganti Password Brankas Pribadi HP OPPO

Cara Mengganti Password Brankas Pribadi HP OPPO Header

Gadgetren – Untuk menjaga privasi dari penggunanya, OPPO telah menghadirkan fitur Brankas Pribadi atau Private Safe di ponsel buatannya.

Brankas Pribadi sendiri merupakan fitur bawaan dari ColorOS yang memungkinkan kamu dapat menyembunyikan berbagai video, foto, lagu, dokumen, dan jenis file lainnya agar tidak dapat dilihat oleh sembarang orang melalui aplikasi File Manager atau sejenisnya.

Bahkan pada saat membuka Brankas Pribadi, kamu membutuhkan kode keamanan untuk bisa mengakses data yang ada di dalamnya. Tentunya kamu pun dapat mengganti password pada Brankas Pribadi secara rutin untuk memastikan keamanannya tetap terjaga.

Cara Mengganti Password Brankas Pribadi OPPO

  1. Pastikan kunci layar ponsel sudah terbuka.
  2. Buka aplikasi Settings.
  3. Pilih opsi Security & privacy.
  4. Pilih App Security.
  5. Pilih opsi More security and privacy.
  6. Pilih opsi Privacy password.
  7. Masukkan password, PIN, atau Pattern yang sebelumnya telah dibuat.
  8. Pilih menu Change password.
  9. Masukkan password, PIN, atau Pattern yang lama.
  10. Input password, PIN, atau Pattern yang baru.
  11. Masukkan password, PIN, atau Pattern yang baru sekali lagi untuk verifikasi.
  12. Kode keamanan pun berhasil diganti.

Sebaiknya kamu memang secara berkala mengganti kode keamanan agar berubah-ubah agar orang tidak bisa mengakses begitu saja walaupun sebelumnya pernah tahu.

Pada saat kamu mengubah password, sebenarnya tidak hanya Brankas Pribadi saja yang terganti melainkan beberapa fitur keamanan seperti Hide Apps dan App Lock pun akan turut berubah.

Hal ini terjadi karena Private Safe, Hide Apps, dan App Lock merupakan fitur yang sama-sama menggunakan kode keamanan yang terdaftar pada sistem operasi ponsel OPPO baik itu password, PIN, maupun Pattern.

Pasalnya OPPO mengintegrasikan fitur Private Safe, Hide Apps, dan App Lock hadir langsung secara bawaan pada ColorOS untuk memberikan kemudahan dan kestabilan ketimbang harus mengunduh aplikasi terpisah dari Google Play Store.

Untuk fitur Hide Apps sendiri dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi sehingga tidak dapat dilihat oleh sembarang orang di Home Screen maupun App Drawer. Sementara fitur App Lock dapat digunakan untuk mengunci aplikasi sehingga membutuhkan kode keamanan ketika ingin membukanya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.