Smartphone Tips dan Trik

Cara Sembunyikan Aplikasi di Handphone OPPO Pakai Fitur Hide Apps

Cara Sembunyikan Aplikasi di OPPO

Gadgetren – Terkadang teman atau orang lain sudah secara diam-diam membuka aplikasi yang ada pada handphone kita entah untuk iseng atau lainnya.

Padahal beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya menyimpan beberapa data pribadi yang tidak boleh dilihat oleh orang lain.

Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan sebuah fitur yang dapat menyembunyikan aplikasi di handphone. Menariknya, OPPO sendiri sudah menghadirkan fitur Hide Apps pada perangkat buatannya secara bawaan untuk menjaga privasi dari pengguna.

Proses penggunaan Hide Apps pun cukup mudah yang mana kamu hanya perlu melakukan pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi dari halaman Settings. Untuk lebih jelas tahapannya, kamu dapat melihat panduannya sebagai berikut.

Cara Sembunyikan Aplikasi di OPPO

  1. Buka kunci layar handphone OPPO
  2. Pada Home Screen, pilih aplikasi Settings
  3. Akses menu Privacy dan pilih Hide Apps
  4. Kamu diminta oleh OPPO untuk mengatur PIN, Pattern, atau Password untuk nantinya digunakan sebagai kunci pembuka
  5. Pada halaman Hide apps, pilih aplikasi yang akan disembunyikan
    Hide Apps OPPO
  6. Apabila kamu baru pertama kali menggunakan fitur ini, maka akan diminta untuk memasukkan kode rahasia berupa #[angka]#, misalnya saja #1234#
  7. Terakhir, aplikasi yang dipilih akan disembunyikan
    Hide Apps OPPO Part 2

Setelah fitur Hide Apps diaktifkan, maka kamu tidak dapat menemukan aplikasi yang telah disembunyikan pada Home Screen maupun App Drawer di perangkat OPPO tersebut. Untuk bisa mengakses aplikasi-aplikasi yang disembunyikan, kamu perlu menggunakan kode rahasia.

Kamu perlu memasukkan kode rahasia #[angka]# pada aplikasi Phone atau Telepon agar folder Hidden Apps otomatis terbuka dan memunculkan semua aplikasi yang telah disembunyikan tadi.

Namun jika kamu merasa tidak perlu menyembunyikan aplikasinya lagi, maka dapat mengakses kembali fitur Hide Apps dengan langkah-langkah yang sama dan menonaktifkan pada aplikasi yang dipilih.

Selain itu, OPPO juga telah menghadirkan fitur lainnya untuk menjaga privasi pengguna, seperti App lock dan Private Safe sehingga ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

App lock akan mengizinkan kamu untuk mengunci aplikasi dengan menggunakan PIN, Password, atau Pattern. Dengan kata lain, teman atau orang lain harus meminta izin dari kamu terlebih dulu apabila ingin membuka aplikasi tersebut.

Sementara Private Safe berguna untuk menyembunyikan file seperti dokumen, video, lagu, foto, dan lainnya karena hanya bisa dibuka oleh orang yang memiliki kode aksesnya saja.

Tinggalkan Komentar