ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tablet

Bedanya Advan Tab VX dan Advan Tab VX Neo, Cukup Signifikan!

Advan Tab VX Vs Advan Tab VX Neo - Header

Gadgetren – Lini tablet Advan Tab VX kembali disegarkan dengan sebuah produk baru. Bernama Advan Tab VX Neo, perangkat penerusnya sudah bisa dibeli oleh para pengguna di Indonesia.

Perangkat tersebut menariknya tersedia dengan harga jauh lebih terjangkau daripada Advan Tab VX yang dibanderol lebih dari Rp3 juta saat pertama kali diluncurkan. Dalam hal ini, kita sudah dapat meminangnya hanya dengan mengeluarkan dana sebesar Rp2.299.000.

Dengan selisih harga yang lumayan jauh, Advan Tab VX Neo membawa spesifikasi yang sangat berbeda dari Advan Tab VX. Perangkat tersebut seolah-olah hadir sebagai versi kecil dari pendahulunya.

Perbedaan Advan Tab VX Vs Advan Tab VX Neo

Perbedaan utama dari kedua perangkat tersebut terletak pada dapur pengolahan datanya. Advan Tab VX standar hadir dengan menggunakan chipset Unisoc T618 sementara Advan Tab VX Neo mengandalkan Unisoc T606.

Oleh karena itu, kemampuan Advan Tab VX Neo di atas kertas akan sedikit tertinggal. Unisoc T606 hanya dapat dipacu hingga 1,6GHz saat Unisoc T618 bisa sampai 2,0GHz padahal keduanya sama-sama mengandalkan arsitektur ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55.

Terlebih lagi, Advan Tab VX Neo memang dilengkapi dengan RAM lebih kecil. Perangkat tablet tersebut hanya mempunyai memori berkapasitas sebesar 4GB saat Advan Tab VX sebelumnya menawarkan sampai 8GB.

Sama-sama mendukung pemasangan kartu media penyimpanan eksternal, dukungan Advan Tab VX juga terbilang lebih baik. Perangkat tersebut mampu mengakomodasi MicroSD sampai berkapasitas 2TB sementara Advan Tab VX Neo kini hanya 128GB.

Bagian layar pun menjadi pembeda yang selanjutnya. Advan Tab VX Neo hadir dengan panel berukuran 10,1 inci di mana sedikit lebih kecil daripada Advan Tab VX yang sebelumnya membentang hingga seluas 10,4 inci.

Resolusi gambar yang ditawarkan oleh Advan Tab VX standar di sisi lain juga lebih tajam. Saat Advan Tab VX Neo hanya mendukung sampai HD+ (1280 x 800 piksel), perangkat tersebut sebelumnya justru mampu menampilkan hingga WUXGA+ (2000 x 1200 piksel).

Untungnya, Advan Tab VX Neo kini sudah menjalankan sistem operasi yang lebih baru. Android 14 yang diusung oleh perangkat tersebut tentu menawarkan berbagai fitur dan dukungan lebih mutakhir daripada Android 11 milik Advan Tab VX standar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.