ASUS TUF Gaming F15
Tekno

Inilah 9 Fitur Baru Android 14 yang Keren dan Canggih!

Fitur Baru Android 14 Header

Gadgetren – Android sudah menjadi salah satu sistem operasi yang sudah digunakan oleh banyak perangkat mobile mulai dari ponsel, tablet, dan lainnya.

Seiring berkembangnya waktu, fitur-fitur pada Android versi terbaru pun akan meningkat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini juga terjadi pada Android 14 yang mempunyai fitur lebih mutakhir dibandingkan Android 13.

Bisa dibilang fitur baru dari Android 14 cukup menarik dihadirkan pada ponsel yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya. Apalagi ada juga fitur baru yang belum ada di Android 13 sebelumnya.

Fitur-Fitur Baru Android 14

1. Bisa Jadi Webcam

Sistem operasi Android 14 memberikan fitur kepada kamera ponsel untuk menjadi webcam di laptop sehingga memungkinkan penggunanya dapat melakukan video call maupun video conference dengan kualitas video yang jernih.

Hal ini tentunya menjadi fitur yang sangat menarik karena dapat menjadi solusi dari laptop dengan webcam yang beresolusi rendah agar penggunanya dapat menghasilkan video conference dengan kualitas bagus.

Nantinya pada saat ponsel berbasis Android 14 dihubungkan ke laptop atau PC, maka akan muncul notifikasi yang dapat dipilih untuk membuat kamera ponsel dapat digunakan menjadi webcam.

2. Kunci Layar yang Dapat Diatur

Pada saat membuka kunci layar, biasanya kamu akan dihadapkan pada tampilan yang sudah disediakan oleh sistem. Namun pada Android 14, kamu nantinya dapat menambahkan jam lain yang lebih menarik.

Selain itu kamu juga dapat mengatur font, warna, ukuran, dan desain kunci layar agar menjadi lebih menarik. Pada kunci layar, kamu juga dapat mengatur pintasan untuk membuka aplikasi atau fitur lainnya seperti mengakses e-wallet, menyalakan senter, hingga memindai QR Code dengan kamera.

3. Wallpaper Didukung AI

Kini AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari pengguna ponsel karena dapat secara pintar menentukan sesuatu yang menarik bagi penggunanya.

Pada Android 14, Google menghadirkan wallpaper berbasis AI Generative sehingga kamu dapat membuat wallpaper yang unik dan menarik. Kamu dapat menggunakan wallpaper berbasis AI dengan memilih tema wallpaper dan edit tampilannya sesuai dengan selera masing-masing.

4. Find My Device Bisa Untuk Offline

Fitur Find My Device merupakan sesuatu yang penting hadir di ponsel Android karena memungkinkan pengguna dapat mencari ponsel ketika hilang atau lupa tempat terakhir meletakkannya.

Biasanya fitur Find My Device membutuhkan perangkat masih dalam keadaan aktif dan terhubung ke internet. Kini pada Android 14, fitur ini dapat digunakan untuk mencari ponsel walaupun sedang dalam keadaan offline atau tidak terhubung dengan internet.

5. Magic Compose

Magic Compose yang berbasis AI membuat kamu dapat menambahkan beragam personalisasi dalam percakapan pesan. Selain itu, fitur ini juga dapat memberikan rekomendasi balasan pesan sesuai dengan isinya termasuk mengubah gaya tulisan sehingga menjadi lebih menarik.

6. Gandakan Aplikasi Secara Bawaan

Pada Android 14 secara bawaan terdapat fitur yang dapat menggandakan atau kloning beragam aplikasi. Dengan begitu, aplikasi yang sama dapat menjadi dua dalam satu ponsel.

Hal ini tentunya berguna bagi kamu yang ingin memasukkan dua akun media sosial yang sama dalam satu ponsel sekaligus. Pada Android 13 sebelumnya, kamu harus menggandakan aplikasi dengan bantuan pihak ketiga.

7. Wallpaper Sinematik dan Emoji

Untuk membuat Android 14 menjadi lebih menarik, Google turut menambahkan pilihan wallpaper tambahan yang terdiri dari wallpaper sinematik dan emoji. Wallpaper sinematik dapat membuat foto menjadi gambar 3D yang ditambahkan efek gerakan sinematik sehingga membuatnya terlihat menarik.

Sementara wallpaper Emoji mengizinkanmu untuk menggunakan 14 emoji berbeda dengan pilihan pola dan warna sesuai selera yang selanjutnya dapat dijadikan wallpaper unik untuk Home Screen maupun Lock Screen.

8. Terkoneksi dengan Satelit

Google telah menghadirkan fitur baru Android 14 yang memungkinkan ponsel dapat terkoneksi dengan jaringan satelit walaupun kamu sedang berada di luar jaringan operator seluler.

Berkat terkoneksi dengan satelit, kamu masih dapat terhubung dengan perangkat lainnya melalui ponsel walaupun sedang berada di daerah yang jauh atau terpencil.

9. Fitur Ultra HDR

Apabila Android 13 dapat menghasilkan foto bagus dengan HDR (High Dynamic Range, pada Android 14 telah dihadirkan fitur Ultra HDR yang menghadirkan peningkatan menarik seperti warna yang lebih cerah, bayangan yang lebih gelap, dan masih banyak lagi, sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih bagus dan realistis lagi.

Pada saat menggunakan fitur Ultra HDR, kamera pada ponsel berbasis Android 14 akan menghasilkan foto dengan resolusi tinggi sehingga memiliki kualitas gambar yang bagus dan detail terlihat dengan tajam.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar