ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Laptop / PC

Review Acer Aspire C24-1800, PC AiO Ringkas dan Minimalis yang Bertenaga

Acer Aspire C24-1800 Intel Watermark

Gadgetren – Selain populer lewat produk laptopnya, Acer pun turut yang menghadirkan lini produk All-in-One PC atau lebih dikenal sebagai PC AiO.

Salah satunya yang terbaru merupakan Acer Aspire C24-1800 seharga Rp. 8.699.000 yang membawa Intel® Core™ i3-1305U processor, RAM 8GB, dan SSD 512GB yang bisa digunakan untuk bekerja atau komputasi ringan lainnya dalam keseharian.

Acer Aspire C24-1800 bakal cocok bagi kamu yang membutuhkan sebuah PC minimalis dan tidak ribet berkat form factor All-in-One PC serta fitur yang dimilikinya. Penasaran? Mari kita lihat Aspire C24-1800 lebih jauh.

Desain yang disajikan oleh Acer Aspire C24-1800 terlihat seperti monitor biasa dengan balutan warna hitam menyeluruh mulai dari bodi hingga stand. Tidak banyak pernak pernik yang menghiasi selain terdapat logo Acer berwarna emas serta tombol power dengan lampu indikator berwarna putih di bawahnya.

Desain Minimalis dan Praktis

Acer Aspire C24-1800 (5)

Sekilas tidak ada yang terlalu membedakan PC AIO besutan Acer ini dibandingkan monitor biasa sehingga bakal membuat meja kerja tampil jauh lebih bersih ketimbang PC desktop. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan utama dari Aspire C24-1800 karena membuatnya jauh lebih praktis.

Aspire C24-1800 berdiri dengan stand berbahan plastik yang cukup terasa kokoh dan memiliki bentuk V pada bagian depan. Stand tersebut juga hanya mendukung gerakan tilt saja tanpa adanya swivel maupun mengatur ketinggiannya.

Acer Aspire C24-1800 (8)

Akan tetapi untuk ketinggian Aspire C24-1800 rasanya sudah cukup pas ketika diletakkan di atas meja karena masih memberikan sudut pandangan yang ergonomis tanpa membuat kepala terlalu menunduk. Namun jika dirasa kurang tinggi, maka perlu menambahkan semacam monitor riser.

Cukup disayangkan keterbatasan stand tersebut karena posisinya mungkin akan kurang pas bagi sebagian orang karena ergonomis setiap orang berbeda. Selain itu juga tidak ada dukungan VESA mount secara langsung di bodinya sehingga perlu memasang mounting kit jika ingin menggunakan monitor arm atau sejenisnya.

Acer Aspire C24-1800 (9)

Pada bagian belakang Aspire C24-1800 sendiri menyediakan beberapa port yang bisa digunakan meliputi port HDMI, LAN RJ45, audio combo jack, 2x USB-A 3.2 Gen1, USB-A 3.2 Gen2, dan USB-C 3.2 Gen2. Sementara itu di bagian depan tepatnya sisi bawah kiri dari logo Acer terdapat USB-A 3.2 Gen2 Type A.

Mengingat Acer turut memberikan keyboard dan mouse yang terhubung lewat USB-A dalam paket penjualan, hal ini berarti setidaknya dua port USB-A akan langsung terpakai sehingga hanya sisa dua port USB-A lagi.

Acer Aspire C24-1800 (2)

Untuk keyboard yang disediakan sendiri memiliki kestabilan dan jarak antar tuts yang terbilang baik sehingga cukup nyaman untuk digunakan mengetik. Keyboard ini juga memiliki berbagai tombol media untuk pintasan cepat dalam mengatur kecerahan layar, volume audio, hingga akses notifikasi.

Sementara untuk mouse bawaannya memiliki ukuran yang terbilang kecil dan sangat ringan dimana mungkin akan kurang pas untuk ukuran tangan besar. Keyboard dan mouse yang disediakan walaupun punya kualitas biasa saja, namun pastinya sudah mencukupi untuk digunakan kebutuhan kasual.

Jika ingin menggunakan keyboard dan mouse nirkabel untuk meluangkan port USB-A, Aspire C24-1800 pun sudah menghadirkan koneksi Bluetooth 5 sehingga tidak perlu lagi membeli dongle terpisah untuk terhubung ke perangkat yang mendukung.

Layar Nyaman Dilihat Seharian

Yang lebih penting, Aspire C24-1800 menawarkan pengalaman visual yang lembut di mata sehingga bekerja dalam waktu lama terasa tetap nyaman. Layarnya tampil dengan panel IPS berukuran 23,8 inci dengan dukungan resolusi 1080p, aspek rasio 16:9, dan tingkat kecerahan maksimal 350 nits.

Acer Aspire C24-1800 (6)

Layarnya pun memiliki lapisan matte untuk mengurangi pantulan cahaya sehingga nyaman saat ditatap dalam waktu lama. Hal ini tentu penting pada ruang kerja yang biasanya memiliki pencahayaan sangat terang atau berbagai sumber cahaya.

Berkat penggunaan panel IPS, konten visual yang ditampilkan pada layar pun memiliki warna yang cerah dan akurat. Ditambah lagi tidak ada distorsi warna ketika layar dilihat dari berbagai sisi sehingga tidak perlu khawatir ada perubahan gambar.

Rasio bodi-ke-layar yang mencapai 91% tidak hanya membuat Aspire C24-1800 terlihat modern saja melainkan juga membuat gambar terlihat lebih luas. Selama diuji pemakaian langsung, menatap layarnya dalam waktu lama tidak membuat mata cepat lelah karena konten yang ditampilkan terlihat jelas dan tajam.

Gesit dan Responsif Untuk Kerja

Performa yang dihadirkan oleh Aspire C24-1800 pun terbilang lancar untuk kebutuhan sehari-hari baik itu bekerja maupun berselancar di dunia maya. Pada pusatnya terdapat Intel® Core™ i3-1305U processor yang memiliki 1 P-core dan 4 E-Core dengan total 6 Thread.

Acer Aspire C24-1800 HWiNFO

Prosesor dengan TDP 15W tersebut mampu dipacu hingga Turbo Max 4.5GHz. Performa yang dihadirkan pastinya sudah memadai untuk kebutuhan kasual di aktivitas sehari-hari. Sebagai perangkat PC AiO, cukup wajar prosesor yang digunakan merupakan prosesor kelas laptop mengingat bodinya yang ringkas.

Akan tetapi kinerja dari Intel® Core™ i3-1305U processor tidak boleh diremehkan karena sudah menggunakan teknologi generasi baru yang efisien dan bertenaga. Hal ini terlihat dari pengujian menggunakan Cinebench R23 yang memperlihat raihan skor mencapai 2.615 poin untuk Multi-Core dan 658 poin untuk Single Core.

Acer Aspire C24-1800 Cinebench R23

Bersama dengan RAM DDR4 berkapasitas 8GB (dapat ditingkatkan hingga 16GB), melakukan multitasking seperti membuka banyak tab di Google Chrome maupun beberapa aplikasi secara bersamaan masih dapat berlangsung secara lancar. Bahkan selama pengujian tidak dirasakan adanya lag atau penurunan performa sama sekali saat digunakan bekerja.

Ditambah lagi Aspire C24-1800 sudah menggunakan solusi penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 512GB lewat Western Digital SN5000S. Alhasil kinerja sistem secara menyeluruh terasa sangat responsif serta membuat proses booting berjalan singkat.

Bahkan bahkan ketika diuji menggunakan Crystal Disk Mark 8, SSD yang ada di dalam Aspire C24-1800 mampu mencatatkan kecepatan Baca hingga 6.308,10 MB/s dan Tulis hingga 4.303,86 MB/s yang mana jauh lebih cepat dibandingkan solusi penyimpanan SSD SATA apalagi HDD konvensional.

Acer Aspire C24-1800 Crystal Disk Mark

Sementara untuk kinerja Aspire C24-1800 secara keseluruhan ketika diuji lewat PCMark 10 yang menyimulasikan aktivitas penggunaan pada umumnya mencatatkan skor 4.606 poin dengan skor produktivitas mencapai 7.166 poin.

Acer Aspire C24-1800 PCMark 10

Melihat raihan skor tersebut, maka tidak heran bahwa Aspire C24-1800 cukup lancar digunakan dalam keseharian khususnya untuk bekerja dan aktivitas kasual. Tak ketinggalan PC AiO dari Acer ini sudah membawa WiFi 6 untuk menjamin koneksi jaringan lancar dan stabil.

Sementara itu untuk olah grafis, Aspire C24-1800 mengandalkan Intel® UHD Integrated Graphics sehingga perlu membatasi ekspektasi dalam hal kebutuhan 3D. Pasalnya GPU yang terintegrasi pada Intel® Core™ i3-1305U processor tersebut memiliki kemampuan yang terbatas.

Walaupun sudah cukup lancar untuk menampilkan grafis dari konten pada umumnya, namun Intel® UHD Integrated Graphics akan cukup kesulitan untuk menjalankan grafis 3D yang lebih berat, seperti bermain game.

Saat dilakukan benchmark pada game Shadow of Tomb Raider, PC AiO ini hanya mendapatkan rata-rata 23 FPS saja di resolusi 720p dan pengaturan grafis Lowest. Angka yang sangat bisa dimaklumi mengingat memang tidak ada GPU diskrit di dalam Aspire C24-1800.

Acer Aspire C24-1800 Tomb Raider

Namun sisi positifnya, kinerja efisien tersebut membuat Aspire C24-1800 bekerja sangat senyap tanpa adanya suara bising dari kipas sama sekali. Suhu dari CPU pun ketika diuji dengan beban yang berat berada di kisaran 72°C saja.

Webcam Memadai Untuk Telekonferensi

Oleh karena itu, Aspire C24-1800 memang lebih ditujukan untuk kebutuhan kasual dan bekerja. Apalagi sudah tersedia pula webcam 5MP yang menghasilkan gambar pada resolusi 1440p. Webcam tersebut pun memiliki privacy shutter secara fisik sehingga bisa ditutup jika sedang tidak digunakan.

Acer Aspire C24-1800 (4)

Webcam terintegrasi tersebut terbilang mampu menyajikan kualitas gambar yang memadai dan bahkan terlihat tajam dalam kondisi pencahayaan optimal. Reproduksi warnanya pun tergolong baik dan tidak terlalu banyak noise.

Hanya saja saat pencahayaan kurang optimal, warna yang tertangkap akan menjadi cenderung kemerahan akibat saturasi yang ditingkatkan. Oleh karena itu selama ruangan punya pencahayaan yang baik, webcam milik Aspire C24-1800 sudah sangat layak untuk digunakan untuk digunakan video call maupun konferensi video.

Acer Aspire C24-1800 Webcam

Sementara itu, tersedia pula built-in stereo speaker yang dapat mengeluarkan suara secara lantang. Memang kualitas audio sedikit terasa hampa, namun sudah sangat memadai untuk mendengarkan orang berbicara, menonton video, maupun mendengarkan musik.

Sudah Termasuk Microsoft Office

Aspire C24-1800 secara bawaan sudah langsung menjalankan sistem operasi Windows 11 Home dan sehingga bisa memanfaatkan berbagai fitur modern yang tersedia. Menariknya lagi, Acer juga memberikan bonus tambahan untuk memberikan pengalaman penggunaan yang menyeluruh, seperti langganan PC Game Pass selama 1 bulan.

Acer Aspire C24-1800 Bonus

Menariknya lagi Microsoft Office Home and Student 2021 serta langganan Microsoft 365 Basic selama 12 bulan sudah termasuk dalam paket penjualan Aspire C24-1800. Dengan begitu tidak perlu lagi membeli aplikasi kantoran tambahan untuk mengetik di Word maupun membuat perhitungan di Excel. Untuk pembelian secara online dapat melalui Acer Store dengan tautan sebagai berikut : https://store.acer.com/en-id/all-in-one-c24-1800-i3-1305u-dq-blfsn-001

Aspire C24-1800 juga memiliki software bernama Acer EyeSense™ yang memberikan berbagai opsi privasi dan optimasi yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalnya saja fitur Privacy Screen yang dapat memburamkan tampilan ketika terdeteksi orang lain yang tidak diketahui melihat layar.

Acer Aspire C24-1800 Acer EyeSense

Sementara Acer Care Center untuk pemeliharaan sistem dengan melakukan pengecekan hingga membersihkan berkas sampah yang dikiranya sudah tidak lagi dibutuhkan. Selain itu Aspire C24-1800 juga sudah terpasang software bawaan lainnya seperti McAfee LiveSafe dan ExpressVPN.

Acer Aspire C24-1800 bisa dikatakan memberikan pengalaman penggunaan yang lengkap, praktis, dan minimalis. Walaupun hadir dalam bentuk PC AiO, namun Aspire C24-1800 mampu memberikan performa lancar serta layar yang nyaman untuk digunakan dalam keseharian maupun untuk bekerja kantoran.

Acer Aspire C24-1800 telah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 8.549.000. Perangkat AiO terbaru dari Acer ini telah dilengkapi dengan garansi 3 tahun service dan 1 tahun spare part. AiO ini sudah bisa didapatkan di toko offline atau toko online melalui https://store.acer.com/en-id/all-in-one-c22-1800-i3-1305u-dq-blgsn-001.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar