ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Hapus YouTube di HP OPPO Agar Anak Tidak Bisa Buka

Cara Hapus Youtube di HP OPPO Header[Ilustrasi dibuat oleh AI Copilot]

Gadgetren – YouTube sebagai salah satu aplikasi bawaan Google yang sudah tersedia di berbagai ponsel termasuk buatan OPPO untuk menonton beragam video yang diunggah oleh kreator dari seluruh dunia.

Akan tetapi aplikasi Youtube atau hiburan lainnya dapat membuat anak-anak menghabiskan waktu berlebihan hingga menonton beberapa konten yang terasa kurang bermanfaat.

Oleh sebab itu, banyak orang tua yang ingin tahu menghapus YouTube dari ponsel OPPO agar anak-anak dapat lebih fokus belajar dan tidak terjebak dalam kebiasaan menonton video yang tidak produktif.

Cara Menghapus YouTube di HP OPPO

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Apps.
    OPPO - Hapus YouTube - 1
  3. Pilih menu App management.
    OPPO - Hapus YouTube - 2
  4. Cari dan pilih YouTube.
    OPPO - Hapus YouTube - 3
  5. Pada halaman App info, pilih Disable.
    OPPO - Hapus Youtube - 4
  6. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Disable app.
    OPPO - Hapus YouTube - 5

Selanjutnya, aplikasi Youtube akan menghilang dari halaman Homescreen maupun Drawer App. Dengan begitu, orang tua bisa lebih tenang karena anak untuk sementara waktu tidak dapat mengakses YouTube hingga kembali diaktifkan.

Perlu dicatat bahwa YouTube merupakan aplikasi bawaan atau preload yang sudah tersedia sejak ponsel OPPO pertama kali dinyalakan sehingga tidak dapat dihapus secara permanen atau uninstall sehingga kamu hanya bisa sebatas melakukan Disable saja.

Melakukan Disable pada aplikasi bawaan akan membuatnya menghilang dan tidak muncul dari daftar aplikasi. Dengan begitu kamu tidak perlu melakukan penghapusan sepenuhnya karena aplikasi sudah tidak dapat mengaksesnya, namun aplikasi tetap dapat diaktifkan lagi sewaktu-waktu.

Sementara jika kamu ingin mengembalikan aplikasi YouTube agar bisa dilihat lagi di ponsel OPPO, maka dapat mengikuti langkah yang sama dan selanjutnya menekan tombol Enable app.

Namun perlu dicatat bahwa YouTube juga dapat diakses melalui browser sebagaimana pada perangkat lainnya. Oleh karena itu kamu perlu mengantisipasinya juga dengan memasang plugin atau sejenisnya agar tidak bisa diakses sepenuhnya.

Selain itu, sebagai alternatifnya kamu juga bisa mengunci aplikasi di ponsel OPPO maupun menggunakan pembatasan waktu penggunaan jika kamu ingin tetap memberikan akses Youtube dengan durasi tertentu.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar