ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Gunakan Brankas Pribadi realme Untuk Sembunyikan File Penting

Cara Gunakan Brankas Pribadi realme

Gadgetren – Untuk memberikan kenyaman dan keamanan kepada penggunanya, realme telah menghadirkan fitur Brankas Pribadi atau Private Safe yang secara bawaan hadir pada handphone buatannya.

Brankas Pribadi merupakan fitur yang berfungsi menyembunyikan foto, video, lagu, dan dokumen pada suatu tempat agar hanya dapat diakses pemilik atau orang tertentu.

Fitur Brankas Pribadi ditujukan agar tidak sembarang orang dapat membuka file penting yang ada di handphone realme. Hal ini dapat menjaga dari kemungkinan tidak terduga, seperti teman atau keluarga dekat yang membuka file tanpa seizin ketika meminjam perangkat.

Sebagai fitur bawaan, proses aktivasi dan penggunaan Brankas Pribadi di handphone realme pun sangat mudah dilakukan.

Cara Menyembunyikan File di Brankas Pribadi

  1. Akses aplikasi Settings di handphone realme
  2. Buka menu Privacy (Privasi)
  3. Selanjutnya, pilih menu Private Safe (Brankas Pribadi)
  4. Kamu akan diminta mengaktifkan PIN, Password, atau Pattern yang nantinya digunakan sebagai pembuka kunci Brankas Pribadi
  5. Kemudian kamu akan dihadapkan pada halaman Private Safe yang berisikan folder Images and Videos, Audio, Documents, dan Other files
  6. Pilih salah satu folder dan tekan tombol Add yang berlogo +
  7. Pilih ragam file yang akan disembunyikan
  8. Apabila file telah selesai dipilih, maka tekan tombol Done
  9. Nantinya kamu akan melihat file yang dipilih tadi sudah masuk ke dalam folder yang berada di halaman Private Safe

Cara Menyembunyikan File di Brankas Pribadi

Setelah file berhasil masuk ke Brankas Pribadi, maka kamu atau orang lain tidak bisa melihat lagi file tersebut melalui aplikasi Photos maupun File Manager. Jadi kamu harus membuka lagi halaman Private Safe dengan menggunakan kunci yang telah dibuat.

Cara Membuka File Dari Brankas Pribadi

  1. Jalankan aplikasi Settings di handphone realme
  2. Selanjutnya, pilih menu Privacy
  3. Buka menu Private Safe
  4. Masukkan Password, PIN, atau Pattern yang telah dibuat tadi
  5. Apabila kunci berhasil dibuka, maka kamu akan diarahkan ke halaman Private Safe
  6. Kamu dapat memilih dan melihat file yang disembunyikan dari salah satu folder

Perlu diketahui bahwa pada saat kamu mengaktifkan fitur Brankas Pribadi untuk pertama kali, sistem akan meminta kamu mengaktifkan folder pintasannya di halaman homescreen. Pada saat kamu menyetujuinya, maka Brankas Pribadi akan muncul di homescreen tanpa perlu lagi masuk ke menu Settings terlebih dulu. Namun untuk membukanya tetap memerlukan Password, PIN, atau Pattern.

Sementara jika kamu ingin mengembalikan file yang tersembunyi di Private Safe menjadi normal sehingga dapat dilihat orang lain di aplikasi Photos atau File Manager, maka kamu dapat menyetel file menjadi Set as Public.

Dengan adanya fitur bawaan Brankas Pribadi, kamu dapat menjaga file penting tanpa perlu mengunduh aplikasi lain dari Google Play Store.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar