ASUS Zenbook 14 OLED UM3406

Cara Tambah RAM HP OPPO Header

Gadgetren – ColorOS pada ponsel OPPO telah menyediakan beragam fitur menarik yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya.

RAM Expansion salah satunya menarik yang memungkinkan sistem meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal menjadi RAM tambahan untuk meningkatkan kinerja multitasking pada ponsel OPPO.

Nantinya kamu dapat memilih kapasitas yang diinginkan pada fitur RAM Expansion seperti 4 GB, 6 GB, 8 GB, hingga 12 GB tergantung dukungan yang disediakan pada ponsel OPPO tertentu.

Cara Tambah RAM HP OPPO

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu About device.
    OPPO Tambah RAM - 1
  3. Pilih opsi RAM
    OPPO TAmbah RAM - 2
  4. Tekan tombol RAM Expansion ke posisi menyala.
    OPPO TAmbah RAM - 3
  5. Pilih kapasitas yang diinginkan di bagian Expand by, misalnya 4 GB atau 12 GB.
    OPPO TAmbah RAM - 4
  6. Tekan tombol Back berikon panah ke kiri di bagian atas.
    OPPO Tambah RAM - 4 koma 1
  7. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Restart now.
    OPPO TAmbah RAM - 5
  8. Ponsel akan melakukan restart untuk melakukan perubahan RAM expansion.

Bisa dibilang memang sistem butuh untuk restart setiap kali kamu memilih besarnya kapasitas yang diinginkan agar nantinya RAM Expansion dapat diterapkan setelah ponsel OPPO menyala kembali.

Perlu dicatat bahwa fitur RAM Expansion akan mengambil ruang kosong dari penyimpanan internal di ponsel OPPO. Misalnya kamu memilih kapasitas 12 GB, berarti nantinya sebesar 12 GB dari penyimpanan internal akan diambil dan tidak bisa digunakan untuk menyimpan data.

Walaupun ponsel OPPO sudah banyak memiliki RAM bawaan 8 GB, fitur RAM Expansion dapat membantu kinerja multitasking agar dapat lebih banyak aplikasi tersimpan di latar. Namun tentunya kalau penyimpanan internal dari ponsel kamu sudah mau penuh, maka sebaiknya fitur ini tidak digunakan.

Dengan begitu, pastikan selalu bahwa ruang kosong dari penyimpanan internal cukup agar tidak membuat ponsel menjadi melambat akibat kapasitas internal kepenuhan sehingga mengganggu kinerja sistem.

Menariknya apabila sisa ruang kosong dari penyimpanan internal sudah benar-benar sedikit, secara otomatis sistem pada ColorOS akan mematikan fitur RAM Expansion sehingga kamu tidak bisa mengaktifkannya sama sekali.

Sementara itu kamu juga bisa membersihkan RAM ponsel OPPO jika dirasa sudah membuka terlalu banyak aplikasi. Dengan begitu sistem akan menyegarkan kembali ruang RAM untuk digunakan aplikasi selanjutnya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar