ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret? Ini Alasan dan Solusinya!

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - Header

Gadgetren – Bagi sebagian orang khususnya kawula muda, kamera ponsel telah menjadi bagian penting dalam mengerjakan rutinitas sehari-hari mulai dari sekadar mengabadikan momen hingga membuat konten media sosial.

Terlebih lagi, teknologi kamera di dalam ponsel semakin maju. Berbagai perusahaan teknologi kini tak hanya menggunakan sensor yang semakin mumpuni tetapi juga menambahkan beberapa lensa pendukung seperti kamera 0.5x yang menambah opsi pengambilan gambar.

Oleh karena itu, bisa saja muncul sejumlah masalah apabila kamera ponsel tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk memotret gambar atau merekam video. Solusinya padahal bisa bermacam-macam tergantung pada penyebabnya sehingga kamu perlu mencoba satu per satu.

1. Akses Kamera Dibatasi

Kamera ponsel yang tidak dapat digunakan salah satunya bisa disebabkan karena pembatasan fungsi yang dilakukan oleh sistem. Beberapa manufaktur memang membekali perangkatnya dengan dukungan manajemen yang sangat ketat.

Sebagai contoh, beberapa perangkat akan membatasi fungsi kamera saat mulai kehabisan baterai. Fitur pengambilan gambar atau perekaman video soalnya memerlukan dukungan daya yang lumayan banyak.

Ketika fungsi kamera dibatasi karena kehabisan baterai, maka kita perlu berhenti menggunakan perangkat lalu menghubungkannya ke pengisi daya selama beberapa saat. Coba gunakan fitur pengambilan gambar atau perekaman video setelah dirasa cukup.

Pembatasan fungsi kamera juga sering kali terjadi pada saat perangkat mempunyai suhu yang terlalu tinggi ketika digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah overheating atau peningkatan panas berlebihan yang cenderung dapat merusak komponen.

Karena kamera menggunakan banyak sumber daya, kemungkinan besar dapat membuat peningkatan suhu semakin meningkat pesat. Selain itu juga bisa dikarenakan menggunakan ponsel di bawah terik matahari secara langsung. Cobalah untuk mendinginkan ponsel sebentar sebelum memakainya untuk memotret atau merekam video.

2. Aplikasi Belum Mendapat Izin

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu Apps.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 1
  • Buka menu pengelolaan aplikasi.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 2
  • Cari dan pilih aplikasi kamera.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 3
  • Ketuk bagian App permissions.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 4
  • Pilih Camera atau Files.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 5
  • Pastikan pengaturan sudah diatur ke Allow only while using app.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 6

Gagalnya proses pengambilan gambar atau perekaman video di sebuah ponsel juga bisa terjadi karena masalah perizinan akses. Seperti apa yang kita tahu, sekarang suatu layanan memerlukan izin khusus untuk menggunakan fungsi kamera maupun penyimpanan data.

Apabila belum memperoleh izin untuk keduanya, layanan tidak akan dapat digunakan untuk mengambil gambar maupun merekam video. Ini berlaku bukan hanya untuk aplikasi kamera melainkan juga layanan yang memerlukan fungsi serupa seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, hingga TikTok.

Mengecek izin akses sebuah layanan untungnya sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan hal tersebut melalui halaman pengelolaan aplikasi secara langsung seperti langkah-langkah di atas.

3. Kesalahan Aplikasi

  • Buka menu Recents dengan memakai gesture atau tombol yang sesuai.
  • Cari aplikasi kamera yang sedang digunakan.
  • Tutup aplikasi tersebut.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 7
  • Jika diperlukan, masuk ke halaman pengelola aplikasi seperti langkah sebelumnya.
  • Cari dan pilih aplikasi kamera.
  • Ketuk tombol Force stop.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 8
  • Konfirmasi dengan mengetuk OK.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 9
  • Jalankan ulang aplikasi dan coba gunakan fungsi kamera.

Kesalahan yang terjadi pada aplikasi seperti ketidaksesuaian data juga bisa menyebabkan sejumlah kendala pada fungsi kamera ponsel. Jika demikian, kita bisa mencoba mengatasinya dengan menutup lalu membuka layanan kembali untuk menyegarkannya.

3. Penumpukan Aplikasi yang Memerlukan Akses Kamera

  • Buka menu Recents.
  • Gunakan fungsi Close all atau Clear all.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 10
  • Masuk ke halaman pengelola aplikasi jika diperlukan.
  • Cari dan buka aplikasi-aplikasi yang dapat mengakses kamera.
  • Ketuk tombol Force stop.
  • Ketuk tombol OK untuk mengonfirmasinya.

Masalah kamera ponsel yang tidak bisa digunakan memotret juga bisa disebabkan karena banyak aplikasi yang mencoba untuk mengaksesnya. Hal ini bisa terjadi apabila kita membuka beberapa aplikasi yang membutuhkannya secara bersamaan.

Menutup aplikasi-aplikasi tersebut tentu bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah seperti ini. Namun jika masih terus berlanjut, memuat ulang perangkat secara keseluruhan bisa menjadi langkah yang selanjutnya.

Dengan memuat ulang perangkat, sistem bisa berjalan dengan lebih segar. Prosesnya tidak hanya akan menutup semua aplikasi yang berjalan tetapi juga mengatasi sejumlah masalah ringan seperti kesalahan sistem.

4. Penumpukan Hingga Kerusakan Cache dan Data Aplikasi

  • Buka menu pengelola aplikasi seperti ulasan sebelumnya.
  • Cari dan buka aplikasi kamera.
  • Masuk ke bagian Storage.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 11
  • Gunakan fungsi Clear Cache atau Clear all data.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 12
  • Ketuk tombol OK untuk mengonfirmasinya.
    Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret - 13

Sama seperti masalah yang sering muncul di sebuah ponsel, penumpukan hingga kerusakan cache dan data aplikasi juga dapat menjadi salah satu pemicu kenapa fungsi kamera tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya akibat adanya masalah tak terduga.

Membersihkan cache dan data aplikasi makanya bisa menjadi salah satu langkah yang dicoba ketika muncul masalah pada kamera. Namun perlu diperhatikan bahwa pengaturan, profil, hingga sejumlah berkas bisa ikut terhapus saat kita melakukannya.

5. Bug Aplikasi

Bug dari aplikasi yang memerlukan akses kamera juga sering kali menjadi penyebab utama kenapa fungsi pengambilan gambar maupun perekaman video di sebuah ponsel tidak dapat digunakan secara normal.

Untuk mengatasinya, kita dapat memperbarui aplikasi melalui sumber yang terpercaya. Kita di sisi lain juga dapat mencoba untuk melakukan downgrade ke versi lawas apabila belum ada pembaruan yang diberikan oleh pengembangannya.

6. Kesalahan Sistem Operasi

Memperbarui perangkat juga dapat menjadi pilihan bijak saat kamera ponsel mengalami sejumlah masalah. Bug atau kesalahan yang muncul di dalam sistem soalnya dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Pembaruan sistem umumnya tak hanya membawa peningkatan maupun fitur baru. Pada beberapa versi bisa disertai dengan perbaikan bug supaya ponsel dapat bekerja sebagaimana harusnya. Salah satunya mungkin dapat memperbaiki masalah apa pun yang dialami kamera ponsel.

7. Kehabisan Ruang Penyimpanan

Selain izin akses untuk mengelola penyimpanan, fungsi kamera juga memerlukan ruang kosong supaya bisa menyimpan foto maupun video dari pengambilan gambar. Masalah pun bisa terjadi apabila media internal di dalam perangkat habis sehingga aplikasi kamera menolak untuk mengambil gambar.

Mengosongkan ruang penyimpanan dapat menjadi hal yang dilakukan ketika masalah tersebut terjadi. Kita dalam hal ini dapat menghapus berkas atau aplikasi yang tidak diperlukan, memindahkan data ke media lain, hingga mengekspansinya dengan kartu MicroSD jika memungkinkan.

8. Sensor Kamera Rusak

Penyebab kamera tidak bisa digunakan untuk memotret gambar atau merekam video juga dapat berasal dari masalah peranti keras. Kerusakan atau keausan komponen sering kali terjadi pada saat kita menggunakan sebuah ponsel.

Jika ponsel mendukung lensa tambahan seperti dukungan kamera telefoto, kita dapat mengecek kerusakan komponen kamera dengan mengubah-ubah mode pengambilan gambarnya. Kita di sisi lain juga dapat membawa perangkat ke tempat servis apabila memang kesulitan.

Dalam hal ini, kita dapat memanfaatkan layanan khusus dari tempat servis resmi apabila perangkat masih dalam masa garansi. Terutama jika komponen kamera memang memerlukan perbaikan atau penggantian supaya bisa ditangani secara profesional.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar