Tips dan Trik

Cara Menghubungkan Kamera Handphone ke Laptop Atau Komputer Untuk Zoom

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Ketika webcam laptop atau komputer rusak, kamu dapat memanfaatkan handphone sebagai penggantinya untuk melakukan pertemuan, belajar, hingga konferensi secara daring melalui aplikasi Zoom.

Kamu bahkan bisa melakukannya dengan sangat mudah karena sejumlah platform telah menciptakan solusi untuk menghubungkan kamera handphone ke komputer sebagai pengganti webcam.

DroidCam menjadi salah satu layanan yang saya rekomendasikan untuk hal ini. Alasannya, kita bisa menggunakan aplikasi ini secara lebih leluasa dengan menggunakan kabel maupun secara nirkabel.

Apalagi di sisi lain, layanan yang dikembangkan oleh Dev47Apps tersebut juga memiliki versi gratis yang bisa diunduh melalui Google Play Store di handphone Android maupun Apple Apps Store untuk perangkat iOS.

Lalu bagaimana cara menghubungkan kamera handphone ke laptop atau komputer untuk melakukan panggilan video melalui Zoom dengan menggunakan DroidCam? Jawabannya, simak ulasan di bawah ini.

Persiapan

Sebelum menghubungkan kamera handphone ke komputer, kamu perlu menyiapkan beberapa hal seperti aplikasi serta peralatan tambahan agar berhasil melakukannya. Secara lebih rinci, kamu pertama kali perlu memasang aplikasi DroidCam melalui toko aplikasi di handphone (bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu).

Kamu juga perlu mengunduh aplikasi client DroidCam untuk komputer melalui halaman http://www.dev47apps.com/ dengan mengetuk sistem operasi yang sesuai dan kemudian menekan tombol yang muncul di bagian atas halaman selanjutnya.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Download

Jangan lupa untuk menginstal aplikasi client tersebut di komputer atau laptop sebelum menggunakannya. Dalam hal ini, kamu bisa memasangnya seperti biasa namun pada bagian Choose Components pastikan semuanya tercentang.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Install

Apabila hanya ingin menghubungkan kamera handphone ke laptop dan komputer secara nirkabel, kamu bisa melanjutkan ke bagian dua mengenai cara melakukannya. Namun jika membutuhkan koneksi lebih stabil melalui kabel, kamu perlu beberapa tambahan lagi.

Untuk menghubungkan kamera handphone ke laptop atau komputer melalui kabel, kamu perlu menyiapkan kabel data dan memasang aplikasi iTunes jika menggunakan perangkat iOS yang bisa diunduh dari halaman https://www.apple.com/itunes/ secara langsung dari komputer untuk memastikan semua driver terpasang seluruhnya.

Sebagai catatan, pengguna Windows pun bisa mengunduhnya melalui Microsoft Store dan perlu melewati beberapa langkah lagi untuk memasang komponen yang dibutuhkan oleh DroidCam.

Sementara untuk pengguna Android, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur USB Debugging dalam hal ini. Bagi yang belum tahu cara, secara umum fitur ini bisa diaktifkan dengan mengunjungi halaman pengaturan handphone, masuk ke bagian About Phone, dan mengetuk Build Number beberapa kali.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Developer Option Activate

Setelah muncul pop-up yang menunjukkan bahwa Developer options sudah aktif, buka halaman utama pengaturan kemudian cari bagian pengaturan pengembang tersebut lalu aktifkan opsi USB Debugging.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - USB Debugging

Cara Menghubungkan Kamera Handphone ke Laptop atau Komputer

Bagi kamu yang ingin menghubungkan kamera handphone ke laptop atau komputer melalui koneksi nirkabel, jangan lupa untuk memastikan kedua perangkat berada dalam jaringan Wi-Fi yang sama.

Setelah itu kamu bisa membuka aplikasi DroidCam di handphone, kemudian menekan beberapa kali tombol di bagian bawah dan menyetujui beberapa permintaan izin akses aplikasi jika baru pertama menggunakannya.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - DroidCam Setup Awal

Selesai melakukan beberapa langkah awal di DroidCam handphone, kamu selanjutnya bisa beralih ke laptop atau komputer lalu membuka aplikasi client DroidCam yang terpasang sebelumnya.

Selanjutnya, kamu perlu memastikan untuk masuk ke dalam mode Wi-Fi dengan mengetuk ikon yang sesuai pada bagian atas halaman DroidCam Client di komputer.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Wi-Fi Client

Langkah terakhir, masukkan data-data yang terbuka di aplikasi handphone seperti Wi-Fi IP maupun DroidCam Port ke kolom Device IP dan DroidCam Port di aplikasi komputer, lalu pastikan mencentang bagian video dan audio. Tekan tombol Start untuk memulai layanan.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - IP Config

Menggunakan DroidCam Melalui Kabel Data

Sementara bagi pengguna yang ingin menghubungkan kamera handphone ke laptop dengan menggunakan kabel, kamu dapat membuka dan mengikuti beberapa langkah awal di aplikasi DroidCam handphone.

Kamu selanjutnya dapat membuka DroidCam Client di komputer dan mengaktifkan mode USB dengan mengetuk ikon seperti di bawah ini.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - USB Mode

Kamu pun kemudian dapat menghubungkan handphone ke laptop atau komputer dengan menggunakan kabel data yang sudah disiapkan sebelumnya. Tunggu beberapa saat, hingga keduanya benar-benar terhubung.

Untuk perangkat Android, kamu biasanya akan menjumpai permintaan akses USB Debugging di handphone sehingga perlu mengetuk tombol OK atau yang sesuai supaya DroidCam dapat bekerja.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Debugging

Sementara bagi pengguna perangkat iOS, kamu perlu mengetuk tombol Trust jika muncul peringatan “Trust this Computer” di handphone saat koneksi berhasil dilakukan.

Kamu selanjutnya dapat melihat DroidCam Client di komputer, memastikan kolom USB sudah tersisi (tekan tombol refresh beberapa kali jika belum), dan mengeklik tombol Start untuk memulainya.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - USB Config

Penutup

Jika berhasil, aplikasi DroidCam Client di komputer dengan metode kabel maupun secara nirkabel akan menampilkan gambar yang sama dengan hasil pengambilan video dari aplikasi DroidCam di handphone.

Untuk memastikan DroidCam bekerja dengan baik di aplikasi Zoom, kamu selanjutnya perlu membuka aplikasi konferensi video tersebut dan masuk ke bagian pengaturan video.

Bagi kamu yang belum tahu cara melakukannya, pertama ketuk tombol foto profil di bagian pojok kanan atas aplikasi, pilih opsi Settings, kemudian masuk ke tab Video.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Zoom Settings

Di halaman tersebut, kamu dapat melihat apakah video dari DroidCam juga muncul di aplikasi Zoom atau tidak. Jika tidak, kamu bisa mengganti bagian Camera ke sumber yang sesuai.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Zoom Config

Melalui pengaturan video ini, kamu bisa dengan mudah memutar tampilan tangkapan kamera tanpa perlu memutar handphone dengan mengetuk tombol berikut ini.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Untuk Zoom - Zoom Config 2

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba webcam laptop atau komputermu rusak padahal sedang buru-buru untuk melakukan panggilan video melalui Zoom.

Kamu sayangnya tidak bisa menggunakan metode di atas untuk perangkat MacOS karena DroidCam Client sementara ini hanya tersedia untuk komputer berbasis Windows dan Linux.

Namun di sisi lain, kamu pun untungnya bisa menggunakan metode di atas untuk aplikasi-aplikasi telekonferensi daring lain seperti Google Meet dan Skype.

Tinggalkan Komentar