Tips dan Trik

Cara Membuat Link WhatsApp Agar Bisa Digunakan di Profil Instagram

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram - Header[Ilustrasi Oleh Wikimedia]

Gadgetren – Dengan adanya WhatsApp dan Instagram, kini banyak orang semakin mudah menjangkau pengguna lain, terutama untuk urusan bisnis seperti jual-beli, endorsement, dan lain sebagainya.

Bagaimana tidak, kini para pengguna Instagram dapat dengan mudah untuk menempel link WhatsApp yang bisa digunakan oleh pengguna lain untuk mengirim chat secara langsung kepada pengguna tersebut.

Bahkan, pengguna tersebut juga dapat menetapkan format isi pesan WhatsApp yang harus digunakan oleh pengguna lain untuk mengirimkan pesan kepadanya, misalnya untuk membuat order barang.

Bagi kamu yang belum tahu cara membuat link WhatsApp seperti yang dijelaskan, kamu dapat mengikuti ulasan berikut ini untuk membuat link WhatsApp yang bisa digunakan di Instagram dan platform lainnya.

Cara Membuat Link WhatsApp Agar Bisa Digunakan di Instagram

Untuk membuat Link chat langsung ke WhatsApp, kamu hanya perlu menyalin format URL https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorTelepon, dan mengganti NomorTelepon dengan menggunakan nomor telepon yang kamu gunakan untuk WhatsApp.

Selanjutnya kamu tinggal menempelkan URL tersebut (URL dengan nomor telepon WhatsApp yang kamu gunakan) ke dalam profile Instagram menggantikan URL situs web-mu.

Dalam hal ini, kamu dapat membuka Profile, kemudian klik Edit Profile. Selanjutnya kamu tinggal paste URL yang telah kamu salin ke bagian Website, dan mengedit NomorTelepon dengan nomor WhatsApp-mu.

Oiya, dalam hal ini jangan lupa memasukkan kode negara. Sebagai contohnya, misalnya nomor yang kamu miliki adalah 081234567890, maka kamu dapat mengganti NomorTelepon dengan 6281234567890.

Setelah selesai, kamu tinggal menekan tombol centang yang terletak di pojok kanan atas halaman, untuk menyimpan pengaturan profil baru tersebut.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Kamu juga bisa menambahkan format isi pesan dengan menambahkan teks &text=FormatPesan di belakang URL yang sebelumnya. Dalam hal ini gunakan %3A menambahkan untuk tanda titik dua, %0A untuk enter, dan %20 untuk spasi.

Sebagai contohnya, kamu dapat menggunakan URL https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ABarang%20Pesanan%3A untuk menampilkan membuat format pesan seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram - Format Pesanan

Nah, jika kamu merasa URL tersebut kepanjangan dan susah untuk diingat, kamu dapat memanfaatkan situs pemendek tautan (URL Shortener), seperti bit.ly atau ow.ly.

Leave a Comment