ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Tekno

Axioo Class Program Hadirkan SDM Siap Kerja di Industri IT

Axioo Class Program Hadirkan SDM Siap Kerja di Industri IT

Gadgetren – Setelah sebelumnya mengunjungi kantor pusat dan pabrik, PT Tera Data Indonusa melalui Axioo Media Trip mengajak tim Gadgetren untuk mendatangi SMK Pertiwi Kuningan di Kuningan, Jawa Barat yang mendapatkan Axioo Class Program.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Axioo Class Program merupakan program sosial atau Corporate Social Impact (CSI) dari PT Tera Data Indonusa Tbk atau Axioo Indonesia.

Axioo Class Program mempunyai tujuan untuk memberikan sumbangsih dalam mencerdaskan bangsa. Untuk saat ini, Axioo Class Program telah bekerja sama dengan lebih dari puluhan perusahaan dan juga melatih puluhan ribu siswa SMK, Perguruan Tinggi, dan Lembaga Pendidikan Non Vokasional per tahunnya.

Axioo Class Program - Pembukaan

Sementara itu, Axioo Class Program merupakan program pendidikan dalam menyiapkan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan Industri lewat program sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru, pembelajaran berbasi IT, dan validasi sertifikasi bertaraf industri internasional, termasuk memberikan pelatihan terpadu kepada Siswa dan Guru.

Axioo Class Program yang sudah berjalan 10 tahun ini menjembatani dunia pendidikan dengan industri IT nasional Indonesia melalui implementasi kelas industri untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan mensinkronisasikan kurikulum industri dengan kurikulum sekolah yang bertujuan menghasilkan tenaga kerja siap pakai dan mandiri.

Timmy Theopelus selaku Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa Tbk mengatakan bahwa kesenjangan antara dunia industri dan dunia pendidikan menyebabkan banyak lulusan yang tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan oleh industri.

Untuk itulah melalui Axioo Class Program, PT Tera Data Indonusa Tbk berupaya untuk menjembatani kesenjangan ini. Jangan biarkan Indonesia kekurangan sumber daya berkualitas manusia.

Axioo Class Program - Smart Factory 2

Selama berada di SMK Pertiwi Kuningan ini, tim Gadgetren diajak oleh Timmy Theopelus dan pihak sekolah untuk mengunjungi berbagai kegiatan yang dilakukan oleh siswa melalui Axioo Class Program.

Pada SMK Pertiwi Kuningan ini terlihat siswa sedang berada di tiga tempat dari pembelajaran Axioo Teaching Factory yang terdiri dari Axioo Smart Factory, Axioo Sentra Digital, dan Axioo Care.

Pada Axioo Smart Factory ini terdapat simulasi miniatur pabrik perakitan laptop Axioo yang kegiatannya dilakukan oleh siswa dengan peralatan lengkap standar pabrik, laptop yang dapat dibongkar pasang, bahkan terdapat gelang anti statis.

Axioo Class Program - MikroTik

Sementara Axioo Sentra Digital ini merupakan unit bisnis SMK sebagai wadah pembelajaran berbasis proyek nyata melalui IT Clinic SMK Pertiwi Kuningan seperti jualan beberapa produk dan hadirnya Axioo Care dengan terdapat Customer Service untuk melayani pelanggan serta terdapat teknisi untuk perbaikan laptop layaknya Service Center sesungguhnya.

Selain itu, tim Gadgetren juga diajak berkeliling ke beberapa ruangan lain untuk kegiatan siswa, seperti Axioo Smart Classroom, Belajar Mikrotik, dan Axioo Innovative Space Supported by MakeBlock.

Pada ruangan Belajar Mikrotik ini terlihat siswa sedang memasang kabel jaringan. Sedangkan pada ruangan Axioo Innovative Space Supported by MakeBlock terlihat siswa sedang melakukan aktivitas robotik.

Axioo Class Program - Robotik

Kabar menariknya, PT Tera Data Indonusa Tbk akan menghadirkan tiga lab khusus AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan dengan standar internasional melalui Axioo Class Program untuk beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia.

“Melalui Axioo Class Program, Axioo akan menghadirkan program bernama AI For Youth dengan kurikulum dari Intel yang akan menyumbangkan tiga lab AI ke beberapa sekolah di Indonesia, termasuk SMK Pertiwi Kuningan di Kuningan, Jawa Barat,” ungkap Timmy.

Timmy mengungkapkan bahwa AI For Youth ini akan berfokus pada bidang robotika dengan tujuan untuk mendorong kemajuan Industri 5.0 di Tanah Air. Sementara programnya akan dimulai dari bulan Agustus 2024.

“Program AI For Youth fokus untuk bidang robotika sehingga dapat mendorong Industri 5.0 yang ke depannya memungkinkan robot dapat bekerja sama serta berkomunikasi dengan manusia. Program ini mempunyai kurikulum tentang Computer Vision, Deep Learning, Machine Learning, Large Language Model, dan lainnya,” pungkas Timmy.

Axioo Class Program - Axioo Care

Hingga Desember 2023, Axioo Class Program telah menjangkau 989 Institusi Pendidikan Vokasi dan Non Vokasi, 3145 Dosen serta Guru, dan telah menghasilkan 18.516 Siswa serta Alumni.

Ke depannya, Axioo Class Program akan terus memperluas programnya agar dapat membantu dunia pendidikan di Indonesia menghasilkan lulusan yang siap kerja sehingga bisa bermanfaat bagi dunia industri dan negara.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar