ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti? Ini Penyebab dan Solusinya!

Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - Header

Gadgetren – Instagram telah menjadi salah satu tempat bagi sebagian orang untuk membagikan konten berbentuk foto atau video dari setiap momen penting dalam kehidupan sehari-hari kepada pengikutnya.

Oleh karena itu, bisa muncul sejumlah masalah apabila aplikasi untuk mengakses layanan media sosial tersebut tiba-tiba berhenti sendiri. Kita minimal perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebab maupun solusi untuk mengatasinya.

Dari sejumlah kasus yang pernah terjadi, ada beberapa penyebab kenapa Aplikasi Instagram bisa tiba-tiba berhenti sendiri. Masing-masing padahal memerlukan solusi yang berbeda untuk mengatasinya.

1. Layanan Sedang Down

  • Buka halaman https://downdetector.id/.
  • Gunakan fitur penelusuran untuk mencari layanan Instagram.
    Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - 1
  • Cari bagian Pemadaman Instagram yang dilaporkan dalam 24 jam terakhir.
    Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - 2
  • Ketuk grafik untuk melihat detail laporan dari setiap lini waktu.

Salah satu di antara penyebab yang sering muncul adalah layanan memang sedang down atau padam. Ketika hal itu terjadi, aplikasi Instagram bisa mengalami sejumlah masalah mulai dari sekadar tidak bisa melihat viewer hingga tiba-tiba berhenti sendiri.

Mengecek pemadaman layanan makanya dapat menjadi langkah pertama yang bisa dicoba saat aplikasi Instagram tiba-tiba berhenti. Kita dalam hal ini dapat memanfaatkan layanan khusus seperti Downdetector atau menyimak informasi melalui media masa atau media sosial lainnya.

Sayangnya jika masalah aplikasi Instagram tiba-tiba berhenti memang disebabkan karena sedang down, tidak banyak hal yang bisa dilakukan selain menunggu layanan pulih kembali. Kita dalam hal ini bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikannya.

2. Perangkat Kehabisan Memori

Aplikasi Instagram yang tiba-tiba berhenti juga dapat disebabkan oleh memori perangkat yang menipis. Umumnya akan terjadi apabila ponsel memang mempunyai kapasitas RAM yang kecil tetapi kita memaksanya untuk menjalankan banyak layanan.

Memuat ulang perangkat dapat menjadi solusi ringan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan ruang memori. Dalam hal ini, setiap model ponsel mempunyai langkah-langkah yang berbeda satu sama lain.

Dengan melakukan muat ulang, perangkat akan berjalan dengan sistem yang lebih segar. Berbagai macam tugas yang tidak diperlukan akan ditutup. Ponsel nantinya hanya akan menjalankan layanan-layanan esensial yang dibutuhkan untuk membuatnya menyala.

3. Bug Aplikasi

Masalah yang terjadi di aplikasi Instagram juga bisa diakibatkan oleh adanya bug dalam pengembangan. Biasanya akan muncul setelah kita melakukan pembaruan aplikasi baik itu untuk versi stabil maupun beta.

Pembaruan aplikasi Instagram memang tidak hanya akan membutuhkan penyesuaian saat menggunakan fitur seperti arsip. Kadang-kadang juga dapat meloloskan sejumlah bug walaupun sudah menjalani tahap pengujian berulang kali.

Untuk memastikannya, kita dapat mengumpulkan informasi dari berbagai macam forum teknologi. Bug dari aplikasi hingga solusi untuk mengatasi masalah yang muncul sering kali dibahas oleh sejumlah pengguna di dalamnya.

Selain mengecek forum-forum teknologi yang diikuti, kita juga dapat mengunjungi halaman Google Play Store atau Apple Apps Store. Para pengembang biasanya akan menggelontorkan perbaikan bug lewat pembaruan.

4. Data Crash Atau Rusak

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Buka bagian Apps.
    Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - 3
  • Masuk ke menu pengelola aplikasi.
    Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - 4
  • Cari aplikasi Instagram.
  • Ketuk aplikasi tersebut.
    Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - 5
  • Masuk ke bagian Storage.
    Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - 6
  • Gunakan opsi Clear Data.
    Kenapa Aplikasi Instagram Tiba-tiba Berhenti - 7
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol yang sesuai.

Data yang mengalami crash atau rusak juga dapat menyebabkan sejumlah masalah di layanan Instagram. Termasuk di antaranya dapat membuat aplikasi tiba-tiba berhenti sendiri saat digunakan.

Kita makanya bisa mencoba untuk membersihkan data dari aplikasi Instagram apabila layanan mereka tiba-tiba bermasalah. Dengan begitu, aplikasi akan kembali mengunduh atau membuat data yang diperlukan.

Alternatif lainnya, kita dapat mencoba memasang ulang aplikasi Instagram. Kita dalam hal ini bisa menghapusnya dari perangkat lalu kemudian mengunduhnya kembali dari layanan yang menyediakannya.

5. Masalah Kompabilitas

Kompabilitas aplikasi Instagram dengan perangkat juga dapat mengakibatkan sejumlah masalah saat kita menggunakan layanan mereka. Bahkan dalam banyak kasus, bisa membuat kita sama sekali tidak bisa mengaksesnya.

Memperbarui sistem operasi di dalam ponsel dapat dicoba ketika masalah seperti ini terjadi. Selain itu, kita juga dapat mencoba memasang aplikasi versi lawas yang masih kompatibel dengan perangkat.

Menggunakan Instagram Lite juga dapat menjadi langkah alternatif yang bisa dipertimbangkan. Aplikasi versi ringan dari Instagram ini umumnya memerlukan sistem minimal yang lebih ringan ketimbang versi reguler.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar