Aplikasi Tips dan Trik

Kenapa Tidak Bisa Melihat Viewers Story Instagram? Ini Penjelasannya

Kenapa Tidak Bisa Melihat Viewers Story Instagram - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Jumlah viewers Instagram Story dapat menjadi salah satu barometer untuk mengukur seberapa populer sebuah akun.

Semenjak memperkenalkan diri ke Instagram, Story memang termasuk fitur yang banyak menarik perhatian. Kita sebagai pengguna biasa maupun selebgram dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan ikatan hubungan dengan orang lain dalam rangka mendorong penjualan produk hingga engagement.

Instagram pun terus berupaya meningkatkan berbagai macam hal di dalam fitur Story. Hanya saja memang tidak bisa dielakkan, sejumlah masalah dapat muncul kapan saja selama pengembangan dan beroperasinya layanan termasuk pada dukungan untuk melihat viewers.

Kamu yang mengunjungi halaman ini mungkin sudah merasakan kemunculan permasalahan tersebut. Jadi, saya akan mencoba untuk mengulas sedikit alasan spesifik kenapa kita tidak bisa melihat viewers Story yang disematkan oleh Instagram.

Kurang lebih ada lima hal yang dapat menyebabkan kita tidak dapat melihat viewers Story. Adapun termasuk di antaranya meliputi koneksi internet lambat, layanan sedang down, bug di sisi aplikasi maupun layanan, penumpukan data yang tidak terpakai, hingga Instagram melakukan uji coba fitur baru.

Kenapa Kita Tidak Bisa Melihat Viewers Story di Instagram?

Koneksi Internet Lambat

Layanan Instagram secara keseluruhan dapat bekerja secara optimal jika kita memakai koneksi internet yang lancar. Dengan jaringan yang baik, pertukaran data dari aplikasi ke server dapat berjalan mulus tanpa jeda yang terlihat pada proses download atau upload.

Namun sebaliknya, koneksi internet yang buruk dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Pertukaran data lambat memungkinkan jeda yang lama saat mengakses fitur Instagram sehingga kadang-kadang terlihat seperti tidak bisa berfungsi normal.

Kita tidak dapat melihat viewers Story di Instagram pun bisa terjadi karena hal tersebut. Jeda yang sangat lama antara permintaan dan tanggapan dari layanan membuat seolah-olah aplikasi tidak merespons untuk menampilkannya.

Menyelesaikan masalah jaringan dapat mengatasi masalah tersebut. Kamu dapat mencoba beberapa hal seperti restart koneksi dengan menghidupkan-mematikan mode pesawat, beralih ke WiFi, atau pindah ke tempat yang banyak sinyal.

Layanan Sedang Down

Instagram Story pun dapat berjalan karena mempunyai server layanan yang bekerja dengan baik. Jika sisi tersebut mengalami gangguan, fitur ini pun tidak akan beroperasi secara normal atau bahkan berhenti dan tidak bisa digunakan.

Dukungan untuk menampilkan viewers di dalamnya juga berkaitan erat dengan bagian tersebut. Jadi saat tidak dapat melihat jumlah maupun siapa saja yang mengunjungi Story, salah satu di antaranya dapat dikarenakan server layanan sedang dalam gangguan.

Kamu dapat menandainya dengan melihat orang-orang di sekitarmu. Apabila semuanya mengalami kendala tidak dapat melihat viewers dari konten story yang dibagikan, maka kemungkinan server Instagram memang sedang down.

Secara lebih lanjut, pengecekan apakah server sedang eror atau tidak dapat dilakukan dengan platform pihak ketiga. Salah satu di antaranya menggunakan Downdetector seperti untuk mengecek gangguan di layanan WhatsApp.

Bug Layanan atau Aplikasi

Namun apabila hanya sebagian orang saja yang mengalami kendala untuk melihat viewers di Story Instagram, kemungkinan terjadi karena bug di aplikasi maupun layanan. Masalah pengembangan tersebut dapat muncul pada perangkat maupun konfigurasi spesifik yang tidak sesuai dengannya.

Kamu dapat menandai kemunculannya untuk melihat kendala ini sebagai masalah pengembangan atau bukan. Bug biasanya akan muncul setelah pengguna memperbarui aplikasi atau mengubah setelan tertentu di dalam layanan.

Memperbarui layanan dapat menyelesaikan hal tersebut. Namun jika pengembang belum meluncurnya, maka kamu dapat mencoba beberapa hal seperti restart perangkat, memasang ulang aplikasi, hingga kembali ke versi atau pengaturan lawas.

Penumpukan Data

  1. Buka halaman Settings di perangkat
  2. Akses bagian manajemen aplikasi
    Kenapa Tidak Bisa Melihat Viewers Story Instagram 1
  3. Cari aplikasi Instagram
  4. Buka halaman informasi dari aplikasi tersebut
    Kenapa Tidak Bisa Melihat Viewers Story Instagram 2
  5. Masuk ke menu penyimpanan
    Kenapa Tidak Bisa Melihat Viewers Story Instagram 3
  6. Pilih opsi bersihkan data
    Kenapa Tidak Bisa Melihat Viewers Story Instagram 4

Selain bug yang biasanya muncul dari pengembangan, penumpukan data akibat pemakaian juga dapat menyebabkan layanan Instagram menjadi eror. Data-data tidak terpakai yang mampu mempengaruhi kinerja aplikasi dapat menjadi biang keladinya.

Memasang ulang aplikasi atau kembali ke versi lawas sebenarnya bisa langsung mengatasi hal tersebut. Namun apabila sebelumnya memutuskan untuk melewati metode itu, kamu dapat mencoba langkah-langkah di atas dengan menyesuaikan perangkat yang digunakan.

Uji Coba Fitur Baru

Pengujian fitur baru kadang kala menyebabkan beberapa dukungan lain dapat terganggu. Masalah viewers Story yang tidak dapat dilihat pun bisa terjadi karena Instagram sedang melakukan pengujian terhadap fitur-fitur baru mereka.

Jika kamu memakai aplikasi atau masuk ke program pengujian beta, cukup wajar jika mengalami hal tersebut. Menunggu perbaikan dari pengembang atau kembali menggunakan versi stabil dapat menjadi solusi jika ingin mengembalikan fitur ke kondisi normal.

Di sisi lain, kamu pun dapat melaporkan kendala yang dialami ke Instagram. Program beta umumnya dirancang agar kita melakukan hal itu sehingga pengembang dapat segera memperbaiki layanan sebelum diluncurkan secara resmi.

Tinggalkan Komentar