ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y28, Tidak Sempurna!

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y28 - Header

Gadgetren – Meskipun belum sempurna, perangkat vivo Y28 masih bisa menjadi salah satu alternatif pilihan saat kita memerlukan sebuah ponsel yang bisa dipinang secara terjangkau di Indonesia.

Dengan banderol harga mulai dari Rp2.399.000, cukup wajar apabila perangkat tersebut mempunyai beberapa kekurangan. Pihak vivo tentu perlu menyesuaikan biaya produksi dengan apa yang akan ditawarkan supaya tidak merugi.

Namun di balik berbagai kekurangannya, perangkat vivo Y28 sebenarnya mempunyai sejumlah kelebihan yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan. Mungkin sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan sebagian orang.

Kelebihan vivo Y28

1. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Sangat Cepat

Sama seperti lini perangkat vivo Y secara umum, vivo Y28 salah satunya mempunyai dukungan baterai yang sangat besar. Kapasitas penyimpanan daya perangkat menengah tersebut bahkan melebihi kebanyakan ponsel di rentang harga serupa.

Dalam hal ini, baterai vivo Y28 berkapasitas sebesar 6.000mAh. Secara teknis sudah sangat mumpuni untuk menangani berbagai macam kebutuhan tanpa khawatir perangkat kehabisan daya di tengah-tengah aktivitas.

Berdasarkan klaim dari vivo, perangkat tersebut dapat menyala hingga dua hari. Daya tahan baterainya pun berkurang menjadi 7,2 jam jika dipakai untuk bermain Mobile Legends dan PUBG secara intens, 14,4 jam untuk streaming IG Reels, 24,1 jam untuk menonton YouTube, atau 39,7 jam untuk menelusuri Facebook.

Meskipun mempunyai kapasitas baterai yang besar, pengguna menariknya tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya. Perangkat tersebut mendukung teknologi 44W FlashCharge yang memungkinkan pengisian berjalan lebih singkat.

Teknologi ini memungkinkan baterai vivo Y28 terisi hingga 50 persen hanya dalam kurun waktu 30 menit. Bahkan jika terburu-buru, pengisian 5 menit sudah cukup untuk mengakses Facebook selama 2,8 jam, melakukan panggilan telepon selama 2,6 jam, atau bermain game selama 36 menit.

Yang tak kalah menarik, vivo menjanjikan proteksi baterai yang sangat baik. Mereka memastikan bahwa kemampuan penyimpanan daya perangkatnya tidak akan kurang dari 80 persen setelah 1.600 kali siklus pengisian atau sekitar empat tahun pemakaian.

2. Tahan Percikan Air dan Debu

Fitur tahan percikan air dan debu juga menjadi salah satu keunggulan utama dari vivo Y28. Dengan banderol harga Rp2 jutaan, perangkat tersebut mempunyai sertifikasi yang lumayan tinggi di kelasnya.

Bagi kamu yang belum tahu, vivo Y28 sudah menggunakan fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP64. Banyak ponsel di kelasnya padahal masih belum membawa dukungan ini atau maksimal hanya memakai IP54 saja.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y28 - Bodi

Hadirnya fitur tahan percikan air dan debu ini tentu membuat pemakaian ponsel terasa lebih tenang. Meskipun belum cocok untuk dibawa berenang, setidaknya dapat melindungi perangkat saat digunakan pada kondisi gerimis atau lingkungan basah.

3. Refresh Rate Layar Lumayan Tinggi

Mengikuti perkembangan ponsel di masa sekarang, vivo Y28 juga hadir dengan layar yang mampu menampilkan gambar beranimasi tinggi. Pergerakan konten saat menggulirkan halaman, menonton video, hingga bermain game pada perangkat tersebut bisa terlihat lebih halus.

Pengaturan refresh rate vivo Y28 secara teknis dapat menangani animasi hingga 90Hz. Selama aplikasi atau konten mendukungnya, kita dapat menggunakan setelan tertinggi ini untuk mendapatkan pengalaman visual yang lebih menyenangkan.

Layar vivo Y28 di sisi lain cukup menarik. Menggunakan teknologi LCD, panelnya mampu menangani tingkat kecerahan hingga 1.000nits. Terdapat juga perlindungan terhadap paparan sinar biru berbahaya yang sudah tersertifikasi oleh TÜV Rheinland.

4. Konfigurasi Memori yang Luas

Agar pemakaian sehari-hari terasa lebih nyaman, vivo Y28 juga dilengkapi dengan dukungan memori yang cukup besar. RAM maupun media penyimpanan internal yang dibawanya sudah cukup mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang.

Tersedia dalam tiga varian konfigurasi memori, perangkat menengah tersebut menawarkan RAM berkapasitas sebesar 6GB dan 8GB. Sementara penyimpanannya dapat dipilih antara 128GB atau 256GB.

Apabila terasa masih kurang saat pemakaian, vivo Y28 mempunyai fitur Extended RAM yang memungkinkan kita memperluas RAM hingga dua kali kapasitas awalnya. Ada juga dukungan untuk memasang kartu MicroSD hingga 1TB.

5. Punya Speaker Stereo

Dukungan audio yang ditawarkan oleh vivo Y28 juga sangat menarik untuk dipertimbangkan saat kita memerlukan perangkat untuk menikmati hiburan. Meskipun hanya dibanderol Rp2 jutaan, ponsel tersebut sudah membawa speaker stereo.

Speaker stereo pada vivo Y28 memungkinkan kita mendengar musik, menonton video, hingga bermain game dengan suara yang terdengar lebih nyata. Belum lagi, ada fitur Audio Booster yang memungkinkan peningkatan volume hingga 300 persen.

Kekurangan vivo Y28

1. Dapur Pacu Ketinggalan

Dibandingkan dengan sejumlah perangkat di kelas yang sama, dapur pacu vivo Y28 sayangnya tergolong cukup ketinggalan. Perangkat tersebut masih menggunakan chipset MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz.

Chipset menengah ini memang masih cukup untuk pemakaian sehari-hari. Hanya saja, kemampuannya memang akan kalah jika diadu dengan chipset yang umumnya digunakan oleh sebagian besar perangkat di rentang harga Rp2 jutaan.

Selain itu, memori internal perangkat tersebut juga masih menggunakan teknologi eMMC 5.1. Kemampuan pengelolaan datanya tentu lebih lambat daripada ponsel-ponsel yang sudah memakai memori berjenis UFS.

2. Layar Kurang Memuaskan

Disokong dengan refresh rate yang tinggi, layar vivo Y28 mungkin juga akan terasa kurang memuaskan bagi sebagian orang. Perangkat tersebut soalnya masih menggunakan panel dengan resolusi gambar hingga HD+ (1608 × 720 piksel).

Tampilan gambarnya tentu tidak akan setajam ponsel dengan layar beresolusi Full HD+ ke atas. Terutama karena perangkat tersebut mempunyai panel yang berukuran cukup luas di mana bahkan membentang sampai 6,68 inci.

3. Slot SIM Hibrida

Perlu juga diperhatikan, perangkat vivo Y28 masih menggunakan slot kartu hibrida. Ini mengartikan bahwa kita harus memilih antara memasang dua nomor secara bersamaan atau mengganti satunya dengan Micro SD.

Penggunaan slot kartu hibrida ini tentu bisa menjadi kendala bagi mereka yang ingin menggunakan kedua fitur secara bersamaan. Pengguna terpaksa harus memilih mana yang dianggap lebih diperlukan, apakah ingin menggunakan nomor ganda atau menambah penyimpanan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar