ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z9x, Cocok Buat Harian!

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z9x - Header

Gadgetren – iQOO masih rajin menyegarkan lini perangkat menengah mereka di Indonesia. Belum lama ini, sub-merek vivo itu bahkan memperkenalkan sebuah ponsel baru bernama iQOO Z9x.

iQOO Z9x merupakan versi murah dari iQOO Z9 yang diperkenalkan dalam waktu bersamaan. Dengan banderol harga mulai dari Rp2.999.000, perangkat tersebut bisa menjadi pilihan menarik saat kita memerlukan sebuah ponsel yang ramah di kantong.

Sebagai ponsel yang lebih murah, iQOO Z9x tetap membawa sejumlah kelebihan yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan. Kita bisa meliriknya walaupun perangkat tersebut mempunyai beberapa kekurangan.

Kelebihan iQOO Z9x

1. Baterai Badak dengan Pengisian Cepat

Di antara perangkat menengah yang baru diluncurkan, iQOO Z9x termasuk salah satu ponsel dengan baterai yang paling besar. Penyimpanan daya miliknya mampu menangani sampai kapasitas 6.000mAh.

Kebanyakan perangkat masa kini hanya dilengkapi dengan baterai sebesar 5.000mAh. Dengan kapasitas sampai 6.000mAh, iQOO Z9x bisa menjadi pilihan pas jika kita memerlukan ponsel yang mempunyai siklus pemakaian harian panjang.

Berdasarkan keterangan iQOO, baterainya dapat bertahan hingga selama 8 jam untuk bermain game berat, 21 jam untuk menonton video panjang, 30 jam menelusuri media sosial, hingga 71 jam untuk sekadar mendengarkan musik.

Meskipun mempunyai baterai berkapasitas sangat besar, pengisian daya di iQOO Z9x menariknya tidak akan memerlukan waktu yang lama. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi 44W FlashCharge.

Selain itu, perangkat tersebut juga menjanjikan ketahanan baterai yang sangat baik. Kesehatannya memang akan menurun seiring pemakaian tetapi masih akan bertahan hingga lebih dari 80 persen setelah empat tahun.

2. Konfigurasi Mesin Menarik

Sama seperti kebanyakan ponsel iQOO, mesin berkinerja tinggi juga menjadi salah satu keunggulan dari iQOO Z9x. Perangkat tersebut mengemas konfigurasi dapur pacu dan memori yang sudah cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk dapur pacunya, iQOO Z9x sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 (4nm) berkecepatan hingga 2,2GHz. Chipset menengah ini mempunyai kinerja tinggi di mana secara teknis tercatat mampu menembus skor AnTuTu sampai 570.456 poin.

Menemani chipset ini, iQOO Z9x menggunakan RAM berkapasitas mulai dari 8GB hingga 12GB. Terdapat juga fitur ekspansi yang mendukung penambahan memori secara virtual hingga sebesar 12GB jika pengoperasian masih terasa kurang lancar.

Sementara untuk penyimpanan internalnya, iQOO Z9x mempunyai pilihan konfigurasi antara 128GB atau 256GB. Kamu dapat memperluasnya dengan memakai kartu MicroSD hingga sebesar 1TB apabila memerlukan ruang yang lebih besar.

3. Layar Beranimasi Tinggi

Bermain game atau menonton video dengan iQOO Z9x juga akan terasa lebih menyenangkan karena layarnya mendukung pengaturan refresh rate tinggi. Pergerakan konten gambar akan ditayangkan dengan animasi yang terlihat lebih mulus.

Layar iQOO Z9x dalam hal ini dapat menangani refresh rate hingga 120Hz. Pengaturannya pun dapat berjalan adaptif mulai dari 30Hz dengan tujuh tingkat berbeda menyesuaikan konten yang sedang ditampilkan.

Di sisi lain, layar iQOO Z9x juga mempunyai spesifikasi yang lumayan baik. Panelnya menggunakan LCD berukuran 6,72 inci yang diklaim mampu menangani kecerahan layar sampai 1.000nits dengan resolusi gambar 2408 × 1080 piksel.

4. Dukungan Audio yang Baik

Dibanderol dengan kisaran harga Rp3 jutaan, iQOO Z9x juga mempunyai dukungan audio yang sangat baik. Perangkat tersebut bahkan sudah dilengkapi dengan speaker stereo untuk menghadirkan suara yang terdengar lebih nyata.

Speaker yang digunakan apalagi juga mendukung pengaturan volume hingga 300 persen. Memungkinkan suara dari musik atau video yang sedang dinikmati bisa tetap terdengar jelas meskipun saat kondisi bising.

Dukungan untuk memasang jack audio 3,5mm juga masih hadir pada perangkat iQOO Z9x. Jadi, kita bisa memasang perangkat suara kabel seperti headphone, earphone, hingga in-ear monitor tanpa menggunakan aksesori tambahan.

Yang tak kalah menarik, perangkat menengah tersebut juga sudah dilengkapi dengan dukungan untuk pemutaran Hi-Res Audio baik itu melalui kabel maupun secara nirkabel. Sangat cocok bagi kita yang ingin mendengarkan musik tanpa kehilangan detailnya.

5. Bodi Tahan Banting

Tampil menawan dengan desain khas iQOO generasi baru, iQOO Z9x mempunyai bodi dengan keandalan pemakaian tinggi. Kita bisa memakai perangkat tersebut di berbagai macam kondisi secara lebih tenang tanpa khawatir akan cepat rusak.

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z9x - Desain

Salah satunya terbukti melalui sertifikasi IP64 yang dibawa perangkat tersebut. iQOO Z9x tentu saja perlu melewati berbagai macam pengujian ketat sampai akhirnya bisa mendapat fitur tahan percikan air dan debu ini.

Tidak hanya itu saja, perangkat tersebut juga didistribusikan setelah berhasil menjalani pengujian ketahanan pemakaian seperti jatuh dari ketinggian rendah hingga sebanyak 32 ribu kali, jatuh berguling sebanyak 150 kali, dan putaran bodi sebanyak 500 kali.

Kekurangan iQOO Z9x

1. Jaminan Pembaruan Tergolong Standar

Jaminan pembaruan sistem yang ditawarkan oleh pihak iQOO untuk perangkat tersebut sayangnya tergolong cukup standar. Beberapa ponsel sekelasnya padahal tercatat mempunyai dukungan yang lebih panjang.

Dalam hal ini, iQOO Z9x kabarnya hanya akan memperoleh pembaruan mayor hingga dua kali dengan tambalan keamanan sampai tiga tahun. Perangkat tersebut untungnya sudah mengemas Funtouch OS 14 berbasis Android 14 sejak awal.

2. Slot Kartu Hibrida

Mendukung ekspansi media penyimpanan eksternal, slot kartu yang digunakan oleh iQOO Z9x sayangnya berjenis hibrida. Ini mengartikan bahwa kita perlu memilih antara menggunakan dua nomor atau mengganti satunya dengan MicroSD.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar