ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z9, Tidak Hanya Untuk Gaming!

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z9 - Header

Gadgetren – Jika memerlukan sebuah ponsel yang mampu memberikan pengalaman bermain game lebih baik, iQOO Z9 yang telah meluncur dapat menjadi salah satu pilihan menarik untuk dipertimbangkan.

Perangkat menengah tersebut dapat dipinang dengan harga lumayan terjangkau. Tergantung pada varian memori yang dipilih, kita hanya perlu mengeluarkan dana mulai dari Rp3.999.000 untuk membawanya pulang ke rumah.

Di samping itu, perangkat tersebut juga membawa spesifikasi khas iQOO yang mengedepankan sektor kinerja maupun fitur untuk bermain game sebagai unggulan. Kita tentu bisa mempertimbangkannya walaupun masih mempunyai beberapa kekurangan.

Kelebihan iQOO Z9

1. Layar Menawan

Bagian layar menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh iQOO Z9. Perangkat tersebut tidak hanya menggunakan teknologi panel yang tergolong sangat baik di kelasnya, melainkan juga menawarkan resolusi maupun pengaturan refresh rate di atas rata-rata.

Layar iQOO Z9 sudah menggunakan panel AMOLED yang diklaim mampu menangani tingkat kecerahan maksimal hingga 4.500 nits. Menjanjikan tayangan konten yang senantiasa dapat terlihat jelas di berbagai macam kondisi pencahayaan.

Membentang hingga seluas 6,78 inci, layar iQOO Z9 mempunyai resolusi gambar hingga 1,5K (2800 × 1260 piksel). Tampilan gambar saat bermain game atau sekadar menonton video bakal terlihat secara lebih sempurna dengan menggunakannya.

Belum lagi, pengaturan refresh rate panel iQOO Z9 bisa sampai 144Hz. Animasi dari konten game maupun video akan ditayangkan secara lebih mulus sehingga pergerakan karakter atau perpindahan setiap adegan bisa terlihat lebih mengalir.

Kita yang gemar bermain game dengan durasi lama pun tak perlu khawatir. Layar iQOO Z9 mendukung frekuensi PWM sangat tinggi serta sudah mendapat sertifikasi dari SGS untuk Low Blue Light dan Low Flicker yang akan memastikan mata pengguna tetap nyaman.

2. Kinerja Mumpuni

Seperti apa yang sudah disinggung di bagian atas, sektor kinerja juga menjadi keunggulan utama dari perangkat menengah tersebut. iQOO Z9 telah dilengkapi dengan chipset generasi baru bernama Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3.

Diproses menggunakan manufaktur 4nm dengan basis inti ARM Cortex-A715 dan ARM Cortex-A510, chipset ini menawarkan kinerja tinggi dan efisien. Skor pengujian AnTuTu untuknya bahkan tercatat mampu menembus angka lebih dari 820 ribuan.

Pihak iQOO menggabungkan chipset ini dengan RAM dan media penyimpanan internal yang sangat besar. Varian terendahnya bahkan sudah mengemas konfigurasi 8GB dan 128GB. Sementara varian paling tinggi menawarkan hingga 12GB dan 256GB.

Untuk memastikan kinerja yang stabil bahkan saat digunakan dalam jangka waktu lama, iQOO Z9 juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang baik. Perangkat tersebut mempunyai Vapor Chamber berukuran hingga seluas 6043 mm² yang dikombinasikan bersama sembilan sensor cerdas untuk pengendalian suhu.

3. Kamera Khas Sony

Meskipun dirancang dengan fokus utama pada kinerja tinggi, iQOO Z9 menariknya tidak mengabaikan sektor kamera. Perangkat tersebut masih dilengkapi dengan sensor utama yang tergolong sangat baik.

Dalam hal ini, iQOO Z9 menggunakan Sony IMX882. Sensor berukuran ½ inci ini memungkinkan kameranya menghasilkan foto maupun video berkualitas tinggi atau setidaknya sangat layak untuk dibagikan di media sosial.

4. Baterai dan Pengisian Daya Unggulan

Dengan banderol harga kurang dari Rp5 juta, iQOO Z9 juga menawarkan baterai yang lebih besar ketimbang perangkat sekelasnya. Ponsel menengah tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan daya sampai 6.000mAh.

Pengguna pun tidak perlu khawatir saat perangkat kehabisan daya. Meskipun berkapasitas besar, kita tidak perlu menunggu lama untuk melakukan pengisian karena iQOO Z9 sudah dilengkapi teknologi 80W FlashCharge.

Teknologi pengisian cepat ini memungkinkan kita menggunakan perangkat tanpa perlu menunggu lama. Kita misalnya hanya perlu mengisi selama 5 menit untuk melakukan panggilan telepon hingga 4 jam, 10 menit untuk mengakses media sosial hingga 5 jam, atau 15 menit untuk menonton hingga 6 jam.

Yang tak kalah menarik, iQOO Z9 juga menjanjikan sistem ketahanan baterai yang sangat baik. Kesehatan baterainya bahkan diklaim tidak akan turun lebih dari 20 persen setelah perangkat digunakan selama empat tahun.

5. Bodi Tangguh

Menggunakan iQOO Z9 di berbagai kondisi pun bisa dilakukan dengan tenang. Bodi perangkat tersebut dirancang untuk keandalan pemakaian yang tinggi. Salah satu di antaranya dibuktikan dengan hadirnya sertifikasi IP64.

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z9

Dibandingkan dengan perangkat di rentang harganya, sertifikasi IP64 tergolong sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa iQOO Z9 bisa lebih diandalkan saat digunakan pada berbagai macam kondisi pemakaian seperti saat gerimis atau di lingkungan basah.

Ditambah lagi, iQOO Z9 juga berhasil melewati berbagai macam uji ketahanan yang sangat ketat sebelum didistribusikan. Termasuk di antaranya meliputi 32.000 kali tes jatuh dari ketinggian rendah, 300 kali tes jatuh berguling, atau 500 kali tes putaran bodi.

Kekurangan iQOO Z9

1. Kamera Kurang Lengkap

Sebagai perangkat menengah dengan banderol harga Rp4 jutaan, iQOO Z9 sayangnya mempunyai beberapa kekurangan. Ponsel tersebut salah satunya tercatat membawa dukungan kamera yang kurang lengkap.

Belum ada kamera ultrawide yang menawarkan pengambilan gambar dengan sudut pandang lebih lebar untuk menghasilkan foto 0.5x. Kamera iQOO Z9 hanya dilengkapi dengan sensor kedalaman beresolusi 2MP sebagai tambahan.

Selain itu, kamera utamanya juga belum mendukung sensor OIS (Optical Image Stabilization). Kemampuan pengambilan gambar pada iQOO Z9 hanya akan mengandalkan dukungan EIS (Electronic Image Stabilization) sebagai stabilisasi.

2. Jack Audio dan Slot Kartu Eksternal Tidak Tersedia

Jack audio dan slot kartu eksternal juga sudah tidak tersedia lagi pada iQOO Z9. Kita yang masih terbiasa dengan kedua dukungan ini pun terpaksa menyesuaikan diri apabila ingin membeli perangkat tersebut.

Kita misalnya perlu membeli kabel konverter atau peranti suara nirkabel untuk mendengarkan musik, bermain game, atau menonton video. Kita juga perlu mengelola penggunaan data secara lebih baik supaya ruang penyimpanan internal tidak cepat penuh.

3. Jaminan Pembaruan Tergolong Singkat

Jaminan pembaruan yang ditawarkan oleh iQOO Z9 juga lebih singkat jika dibandingkan dengan beberapa ponsel di kelasnya. Perangkat tersebut hanya menjanjikan dua kali pembaruan sistem operasi dan tiga tahun untuk keamanan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar