ASUS TUF Gaming F15
Review Aksesoris

Review Monitor Lenovo L22e-40, Harga Hanya 1 Juta yang OK Buat Kerja

Review Monitor Lenovo L22e-40, Harga Hanya 1 Jutaan

Review Lenovo L22e-40
  • Rating
4

Kesimpulan

Dengan harga yang cukup terjangkau yakni hanya hampir pas 1 juta rupiah, monitor ini menawarkan resolusi FHD dengan refresh rate 75Hz serta desain yang cocok untuk lingkungan profesional.

Yang Disukai

  • Harga murah
  • Kualitas tampilan cukup baik
  • Desain menarik

Yang Tidak Disukai

  • Refresh rate agak nanggung

Di jaman sekarang, mencari monitor untuk kerja dengan harga yang murah namun kualitas tidak murahan sudah tidaklah sulit. Nah salah satu monitor yang bisa menjadi pilihan menarik adalah Lenovo L22e-40.

Dengan harga yang cukup terjangkau yakni hanya sekitar 1.049.000 saja, monitor ini menawarkan resolusi FHD dengan refresh rate mencapai 75Hz serta desain yang cocok untuk lingkungan profesional.

Monitor ini tampil ramping dan modern yang dibalut dengan warna abu-abu di keseluruhan areanya. Warnanya ini menggunakan finishing matte yang mana kebetulan juga lebih saya sukai dibandingkan dengan model mengkilap.

Ada dua cara untuk meletakkan monitor ini yakni menggunakan vesa mount ataupun stand bawaan. Merakit monitor ini dengan stand bawaan sangatlah mudah dan tidak diperlukan alat tambahan karena baut-baut pada stand bisa diputar dengan jari.

Menggunakan stand bawaan, monitor Lenovo L22e-40 bisa dimiringkan dengan sudut antara -5° hingga 22°. Tapi perlu dicatat, tinggi stand monitor tidak bisa disesuaikan.

Lenovo L22e-40

Menariknya pada bagian belakang stand terdapat klip untuk mengatur kabel monitor agar tidak berantakan. Selain itu di bagian alas stand terdapat lubang yang tampaknya bisa digunakan untuk meletakkan handphone agar dapat diakses dengan mudah.

Untuk konektivitas dengan komputer, monitor ini mendukung input VGA dan HDMI. Dan tak perlu khawatir, dalam boks penjualan sudah disediakan kabel HDMI bawaan dan juga kabel daya untuk menyambungkan monitor ini dengan komputer.

Lenovo L22e-40

Di samping input video juga terdapat jack audio untuk menyambungkan headset ke monitor. Fitur ini akan lebih terasa bermanfaat ketika monitor disambungkan dengan komputer desktop karena tidak perlu repot-repot mencari jack audio di komputer.

Untuk menyalakan monitor bisa dilakukan melalui tombol power yang ada di sisi kanan bawah monitor tepat di bawah lampu indikator daya. Di sisi kanan monitor terdapat dua tombol yang salah satunya berfungsi layaknya joystick di mana bisa ditekan ke 4 arah berbeda.

Tombol tersebut dapat digunakan untuk mengakses menu monitor dan mengatur berbagai konfigurasi yang tersedia. Selain dapat mengubah konfigurasi monitor standar seperti kecerahan dan kontras, dari menu ini juga kita bisa mengatur kalibrasi warna serta fitur AMD FreeSync.

Lenovo L22e-40

Tombol lainnya berfungsi untuk pintasan ke menu penggantian sumber input monitor. Selain itu jika tombol ini ditekan selama 10 detik akan dapat mengatur status aktif mode DDC/CI.

Menariknya di sisi bawah monitor ini terdapat lubang untuk Kensington Security Slot. Ini membuat monitornya dapat diamankan ketika diletakkan di area publik seperti misalnya kasir.

Untuk layar dari monitor ini mengusung panel VA 21,45″ beresolusi 1920 x 1080 piksel. Ketiga sisi bezel pada layarnya terlihat cukup tipis, hanya bezel bagian bawah saja yang terlihat lebar.

Layar ini mendukung cakupan warna 72% NTSC dan fitur AMD Freesync yang bisa membantu meminimalisir masalah artefak visual seperti stutter atau screen tearing. Menariknya refresh rate yang didukung mencapai 75Hz, memang ini terasa agak nanggung dan lebih kecil jika dibandingkan monitor lain di rentang harganya.

Response time dari monitor ini adalah 6 milidetik pada mode normal dan bisa ditingkatkan menjadi 4 milidetik ketika diaktifkan melalui Extreme Mode di menu Over Drive setelan layar. Untuk menjaga kesehatan mata, layar monitor ini disebut-sebut mengusung teknologi Natural Low Blue Light di mana dapat meminimalisir cahaya biru tanpa distorsi warna.

Lenovo L22e-40

Soal kecerahan kualitas tampilan layar dari Lenovo L22e-40 tergolong sudah cukup baik untuk penggunaan bekerja seperti mengedit dokumen Office hingga bermain game. Sudut pandang monitornya mencapai 178° baik secara horizontal maupun vertikal di mana tampilan layar masih dapat terlihat dengan jelas ketika dilihat dari sudut miring.

Lenovo menyediakan aplikasi pendamping untuk monitor ini yakni Lenovo Accessories and Display Manager untuk mengubah beberapa konfigurasi monitor langsung dari aplikasi. Namun anehnya banyak pengaturan monitor seperti kecerahan dan kontras ada menunya tapi tidak bisa diubah.

Secara keseluruhan monitor Lenovo L22e-40 menawarkan value yang sangat menarik melihat harganya yang hanya satu juta rupiah lebih sedikit. Jika ingin monitor yang tidak aneh-aneh, yang penting bisa melakukan tugasnya dengan baik, Lenovo L22e-40 ini patut dicoba.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar