Tips dan Trik

Kerja Jarak Jauh? Inilah Tips Memilih Monitor Yang Aman dan Nyaman dari Dell

Tips-Memilih-Monitor-Aman-dan-Nyaman-dari-Dell Header

Gadgetren – Penerapan sistem kerja dari rumah atau jarak jauh membuat banyak karyawan terpaksa menggunakan laptop seharian yang pastinya memiliki akibat baik dan buruk.

Baik bila didukung dengan monitor yang aman dan nyaman saat digunakan sehingga dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan. Buruk bila tidak didukung dengan monitor atau perangkat yang membuat karyawan tidak maksimal dalam bekerja malah bisa jatuh sakit.

Oleh karenanya, monitor menjadi “kebutuhan” untuk bisa bekerja secara efektif dari rumah karena monitor dapat meningkatkan pengalaman bekerja, produktivitas, dan investasi kesehatan yang cerdas bagi para karyawan. Dell pun memberikan beberapa tips bagaimana caranya memilih monitor yang tepat untuk kebutuhan bekerja kamu dari rumah.

Pertama yang harus kamu tentukan ialah ukuran layar dan resolusi yang tepat. Pasalnya bidang layar yang lebih luas untuk melihat dan melakukan lebih banyak hal terbukti dapat meningkatkan produktivitas. Adapun ukuran layar antara 24 dan 32 inci umum digunakan untuk sebagian besar pekerjaan kantor, termasuk email, penelusuran Internet, dan dokumen Microsoft Office adalah

Sementara untuk kamu yang bekerja di bidang jasa finansial, pengembang software, dan ilmuwan data biasanya akan lebih nyaman bekerja menggunakan satu monitor berlayar besar 43 hingga 49 inci untuk melihat sejumlah besar data di ruang kerja mereka. Selain itu, mereka juga biasanya lebih suka monitor yang bisa terhubung dan menampilkan konten dari beberapa PC.

Nah ukuran layar dan resolusi ternyata saling berkaitan lho! Dengan piksel yang lebih banyak di setiap inci monitor, kamu akan mendapatkan gambar yang lebih tajam. Resolusi yang lebih tinggi direkomendasikan untuk monitor yang lebih besar.

Contohnya layar QHD 27 inci (2560 x 1440), layar 4K 32 inci (3840 x 2160), dan layar WQHD 34 inci (3440 x 1440) merupakan ukuran dan resolusi yang direkomendasikan dengan lebih dari 100 piksel per inci.

Selanjutnya pertimbangkan apa saja perangkat yang akan dihubungkan ke monitor dan pastikan kompatibilitas dengan semua port yang dimiliki. Port umum yang terdapat di laptop saat ini untuk menampilkan gambar meliputi HDMI, USB-C, dan Thunderbolt 3.

Kamu juga dapat mengurangi kabel yang berantakan dan pengaturan meja kerja yang rapi dengan monitor USB-C yang memungkinkan untuk mengisi baterai laptop dan mentransfer data, sinyal audio, dan video hanya dalam satu kabel.

Tips-Memilih-Monitor-dari-Dell.

Jika ada aksesoris lain yang ingin dihubungkan ke monitor seperti keyboard dan mouse, webcam, headset atau mengisi baterai ponsel, maka kamu harus pastikan memilih monitor yang memiliki beberapa port USB. Monitor Dell biasanya menyediakan empat port USB sehingga kamu bisa menghubungkan monitor ke lebih banyak perangkat.

Pastikan monitor memiliki beragam cakupan warna seperti sRGB, Adobe RGB, dan DCI-P3. Dengan cakupan warna yang luas pada monitor, maka bisa menampilkan warna yang lebih banyak dan gambar yang lebih kaya.

Misalnya bagi karyawan profesional yang mengutamakan akurasi warna, maka bisa memilih monitor dengan cakupan DCI-P3 lebih dari 95% dengan kalibrasi pabrikan. Bagi profesional yang membutuhkan kinerja warna terkalibrasi, maka bisa memilih monitor dengan built-in colorimeter atau monitor yang kompatibel dengan colorimeter eksternal untuk kalibrasi yang cepat dan mudah.

Resolusi Monitor Dell

Monitor dengan kamera, mikrofon, dan speaker internal saat ini juga menjadi sangat penting untuk bekerja dari jarak jauh. Jika pekerjaan kamu melibatkan telekonferensi video hampir sepanjang hari, carilah monitor yang menyertakan fitur-fitur kolaboratif ini agar memastikan peserta telekonferensi dapat mendengar dan melihat kamu dengan jelas.

Menginvestasikan monitor yang tepat untuk lingkungan kerja di rumah atau jarak jauh yang lebih nyaman akan memberi dampak positif jangka panjang dari sisi kesehatan dan produktivitas kerja kamu.

Tinggalkan Komentar