ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A60, Tak Hanya Tahan Banting!

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A60 - Header

Gadgetren – OPPO A60 akhirnya resmi menyusul berbagai perangkat pendahulunya di Indonesia setelah rumor mengenai kedatangan perangkat tersebut sempat menjadi buah bibir selama berhari-hari.

Di Indonesia, perangkat tersebut secara khusus meramaikan pasar ponsel dengan rentang harga Rp2 jutaan. Ada dua varian memori yang dapat dipilih di mana sudah dapat dipinang dengan dana mulai dari Rp2.599.000 hingga Rp2.999.000.

Meskipun dibanderol dengan harga yang terjangkau, OPPO A60 menariknya menawarkan berbagai macam kelebihan. Kita makanya dapat mempertimbangkan perangkat tersebut sebagai salah satu pilihan saat memerlukan ponsel baru.

Kelebihan OPPO A60

1. Bodi Cantik yang Tangguh

Seperti apa yang rumor yang beredar, OPPO A60 salah satunya mempunyai keunggulan pada bagian bodi. Perangkat tersebut tak hanya membawa desain yang cantik tetapi juga ketahanan pemakaian yang sangat baik.

Perangkat menengah tersebut di antaranya sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP54. Artinya, pengguna dapat memakainya secara lebih tenang di berbagai macam kondisi tanpa khawatir perangkat akan rusak saat terkena percikan air dan debu.

Sebagai tambahan, perangkat tersebut pun dilengkapi dengan fitur baru bernama Splash Touch. Dukungan ini memanfaatkan kecanggihan chip layar OPPO A60 untuk membuat perangkat tetap responsif saat dioperasikan dalam kondisi basah.

Tak cukup sampai di situ, bodi perangkat tersebut juga sudah memenuhi standar militer MIL-STD 810H untuk guncangan. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa OPPO A60 mempunyai keandalan pemakaian yang tinggi.

Berdasarkan informasi yang Tim Gadgetren terima, sertifikasi ini hanya dapat diperoleh setelah perangkat berhasil melewati berbagai macam tes seperti getaran ekstrem tiga dimensi, guncangan di jalan bergelombang hingga sejauh 5.000 kilometer, hingga 26 kali tes jatuh dari ketinggian 1,22 meter.

2. Dukungan Baterai dan Pengisian Daya yang Baik

Dukungan baterai di OPPO A60 juga termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya. Perangkat tersebut sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh yang mampu menemani pengguna beraktivitas dalam kurun waktu lama tanpa perlu sering mengisi daya.

Pihak OPPO mengklaim bahwa baterai 5.000mAh yang digunakan pada OPPO A60 dapat bertahan hingga selama 14,75 jam untuk memutar video atau 30 jam untuk melakukan panggilan telepon dalam sekali pengisian daya.

Seperti kebanyakan ponsel di masa sekarang, baterai OPPO A60 juga menawarkan ketahanan penggunaan yang tak kalah mumpuni. Bahkan, diklaim bisa tetap terasa seperti baru setelah empat tahun pemakaian.

Selain itu, dukungan pengisian daya pada OPPO A60 juga tergolong sangat tinggi untuk kelasnya. Perangkat tersebut tercatat sudah mendukung teknologi 45W SUPERVOOC Flash Charge yang memungkinkan kita mengisi baterai dengan cepat.

Teknologi 45W SUPERVOOC Flash Charge memungkinkan perangkat mengisi daya hingga baterai berkapasitas 50 persen hanya dalam kurun waktu 30 menit. Dengan begitu, kita bisa segera melanjutkan aktivitas tanpa perlu menunggu lama.

4. Layar Cerah Beranimasi Tinggi

Layar OPPO A60 juga sudah mendukung pengaturan refresh rate yang lumayan tinggi. Dengan pengaturan hingga 90Hz, perangkat tersebut bisa menampilkan konten dengan animasi yang terlihat lebih halus dan mengalir.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A60 - 1

Oleh karena itu, menonton video hingga bermain game di OPPO A60 bisa terasa lebih menyenangkan. Layar perangkat tersebut apalagi mempunyai tingkat kecerahan yang sangat tinggi untuk panel dengan teknologi LCD.

Panel yang digunakannya mendukung tingkat kecerahan maksimal hingga 950nits. Ini mengartikan bahwa konten yang ditampilkan oleh perangkat OPPO A60 akan terlihat dengan jelas baik dalam gelap maupun terang.

5. Konfigurasi Memori Menarik

Tersedia dalam dua varian, OPPO A60 termasuk salah satu perangkat dengan konfigurasi memori yang sangat baik. Perangkat tersebut mempunyai RAM maupun media penyimpanan internal berkapasitas besar.

RAM miliknya berkapasitas sebesar 8GB di mana secara teknis sudah cukup mumpuni untuk menangani berbagai macam tugas secara bersamaan. Namun apabila dirasa masih kurang, terdapat fitur RAM Expansion yang memungkinkan kita memperoleh tambahan hingga total 16GB.

Untuk media penyimpanan internalnya, perangkat tersebut mempunyai kapasitas sebesar 128GB dan 256GB. Kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan memperluasnya dengan menambahkan kartu MicroSD jika diperlukan.

6. Fitur Tergolong Lengkap

Selain fitur-fitur esensial seperti sensor pemindai sidik jari atau jack audio 3,5mm, OPPO A60 juga tercatat membawa sejumlah dukungan menarik jika mempertimbangkan banderol harganya yang berada di kisaran Rp2 jutaan.

Termasuk di dalamnya adalah speaker stereo. Dengan dukungan audio ini, perangkat OPPO A60 dapat memberikan pengalaman mendengarkan, menonton, hingga bermain game yang lebih baik. Suaranya pun akan terdengar lebih natural.

Menyempurnakan dukungan ini, terdapat Mode Volume Ultra. Kita secara khusus dapat memakainya untuk meningkatkan volume hingga 300 persen sehingga nanti suara dapat terdengar jelas meskipun di tempat yang ramai.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A60 - 2

Terdapat juga fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan kita untuk melakukan transaksi elektronik, menghubungkan perangkat, hingga sekadar mengecek saldo e-money dengan mudah.

Menariknya, dukungan NFC yang dibawa oleh OPPO A60 diklaim bisa digunakan hingga 360 derajat. Kita bisa mengaksesnya dari depan, belakang, hingga atas perangkat tanpa perlu repot-repot mencari letak sensor.

Kekurangan vivo A60

1. Layar Masih HD+

Sayangnya dengan berbagai macam keunggulan yang dibawanya, OPPO A60 masih mempunyai beberapa kekurangan. Termasuk di antaranya adalah bagian layarnya yang masih menggunakan panel beresolusi HD+ (1604 x 720 piksel).

Jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat yang berada di kelasnya, resolusi layar OPPO A60 tergolong sangat rendah. Bahkan, sudah lumayan banyak perangkat dengan harga lebih terjangkau yang mempunyai spesifikasi lebih menarik.

2. Chipset Ketinggalan

Jika melihat banderol harganya, dapur pacu OPPO A60 juga tergolong cukup ketinggalan. Chipset yang dipakainya tidak hanya lumayan lawas tetapi juga mempunyai kinerja di bawah rata-rata perangkat dalam rentang harga yang sama.

Bagi kamu yang belum tahu, OPPO A60 masih mengandalkan Qualcomm Snapdragon 680. Chipset ini dirilis pada Tahun 2021 silam. Kemampuannya pun sedikit kalah jika dibandingkan dengan beberapa chipset yang kini menjadi andalan di kelas menengah.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar