Gadget Smartphone

4 Kelebihan dan 2 Kekurangan Samsung Galaxy A60 – Fitur Premium, Tapi?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A60 Header[Ilustrasi Oleh SamMobile]

Gadgetren – Meskipun baru satu minggu lalu mengumumkan smartphone di seri Samsung Galaxy A, perusahaan Samsung sudah mengumumkan smartphone baru di lini yang sama, yakni Samsung Galaxy A60.

Secara umum, Galaxy A60 membawa spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan smartphone di atasnya, Galaxy A70. Namun, pada beberapa sisi, termasuk desain dan fitur, perangkat ini membawa sesuatu yang cukup menarik untuk diperbincangkan.

Apa saja itu? Supaya bisa menjawab pertanyaan ini, berikut ini penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Galaxy A60 jika dibandingkan dengan lini Galaxy A Series lainnya.

Kelebihan Samsung Galaxy A60

1. Layar Luas Didukung In-Sound Display

Berbeda dengan lini Galaxy A secara umum, Galaxy A60 telah membawa desain layar Infinity-O, yang jika dilihat secara sekilas akan mirip Galaxy S10 dengan “punch hole” atau lubang kamera depan yang ditempatkan di sisi kiri.

Yang cukup menarik dari layar berukuran 6,3 inci beresolusi Full HD+ tersebut, Samsung telah menyematkan teknologi audio Screen Cast, yakni teknologi speaker tertanam di layar seperti yang digunakan pada LG G8 ThinQ.

2. Kinerja Bertenaga

Sama seperti Galaxy A70, perangkat ini juga mengandalkan chipset buatan Qualcomm, Snapdragon 675. Berbekal chipset ini, Galaxy A60 menawarkan kinerja yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Memadukan kinerja dari inti Kyro 460 (inti yang serupa dengan Snapdragon 855) yang dibangun berdasarkan manufaktur 11 nm, chipset Snapdragon 675 mampu menembus angka 174 ribuan di benchmark AnTuTu.

Dengan angka yang sangat tinggi ini, Galaxy A60 tentunya dapat mengalahkan berbagai macam smartphone yang dibangun dengan chipset Snapdragon 710, yang dibangun dengan 10 nm tapi hanya memperoleh angka 150 ribu.

Mengimbangi chipset ini, Samsung juga telah menyematkan RAM dan memori internal yang cukup besar. Samsung membekali perangkat Galaxy A60 dengan RAM sebesar 6 GB dan memori internal berkapasitas 128 GB.

3. Kamera Mantap

Di sisi kameranya, perangkat ini juga mirip dengan Galaxy A70. Galaxy A60 dilengkapi dengan kamera utama dengan tiga buah lensa, dengan kombinasi 32 MP (f/1,7)  lensa utama, 8 MP (f/2,2) lensa Ultra wide, dan 5 MP lensa kedalaman.

Hal yang sama pun juga berlaku di kamera depannya. Membawa kamera depan Galaxy A70, Samsung juga menempatkan kamera beresolusi 32 MP di bagian punch hole layarnya.

4. Fitur Lengkap

Seperti kebanyakan ponsel premium Galaxy A Series, perangkat baru ini juga menawarkan fitur yang sangat lengkap. Yang mana Samsung telah menghadirkan fitur NFC, Super Fast Charging, USB Type-C, serta One UI (Android Pie) di dalamnya.

Kekurangan Samsung Galaxy A60

1. Belum Fingerprint di Dalam Layar

Meskipun smartphone di bawahnya, Galaxy A50, sudah menggunakan fingerprint di dalam layar, Galaxy A60 masih mengandalkan teknologi fingerprint kapasitif yang diletakkan di bagian punggungnya.

2. Belum AMOLED

Walaupun membawa beberapa hal baru di layarnya, Galaxy A60 masih dilengkapi dengan layar PLS TFT. Pada beberapa segi, teknologi layar ini memang lebih unggul dibandingkan IPS, tetapi masih kalah hemat daya dan kalah dalam produksi warna gelap dari Super AMOLED.

Tinggalkan Komentar