ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

ASUS Rilis Laptop Copilot+ PC Perdana, Vivobook S15 (S5507)

ASUS Rilis Laptop Copilot+ PC Perdana, Vivobook S15 (S5507)

Gadgetren – Berbarengan dengan kehadiran Copilot+ PC, model AI khusus laptop Windows, ASUS dalam acara virtual bertajuk “Next Level. AI Incredible” merilis generasi baru komputasi berbasis kecerdasan buatan (AI) melalui laptop ASUS Vivobook S 15 (S5507).

Ditenagai oleh chip Snapdragon X Elite, laptop ini merupakan Copilot+ PC pertama dengan fitur Windows AI dan memiliki koleksi aplikasi eksklusif ASUS AI yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam bekerja dan hiburan.

ASUS menargetkan Vivobook S 15 dirancang untuk seniman digital dan desainer grafis sebagai alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan seri ProArt. Selain itu, Vivobook S 15 menjadi laptop yang disebut dapat meningkatkan pengalaman keamanan dan privasi serta meningkatkan pengalaman audiovisual dan membuka kreativitas baru bagi pengguna.

Mengenai ketersediaannya, Vivobook S 15 dengan Snapdragon X Elite sudah bisa dipesan secara global di beberapa mitranya dan mulai akan dikirim pada tanggal 18 Juni 2024. Vivobook S 15 dibanderol mulaiĀ  $1.299 atau setara Rp20,7 jutaan dengan kapasitas RAM 16GB dan penyimpanan internal 1TB.

Sedangkan versi RAM 32GB dan penyimpanan internal 1TB dihargai $1.399 atau sekitar Rp22,3 jutaan. Sementara itu untuk model dengan chip Snapdragon X Plus dilansir dari The Verge kabarnya akan hadir lebih awal tahun ini namun belum ada informasi mengenai harganya.

Chip Snapdragon X Elite yang dibenamkan pada Vivobook S 15 dibekali Qualcomm Hexagon NPU bawaan yang berisi neural engine 45 TOPS untuk pemrosesan kecerdasan buatan yang cepat. Chip ini juga didukung RAM LPDDR5X dan SSD PCIe 4.0.

Fitur-fitur unggulan berbasis kecerdasan buatannya menawarkan beragam kemampuan sepertiĀ  Windows Studio Effects dan kamera ASUS AiSense IR. Kemampuan deteksi pada kamera webcam-nyaĀ  memungkinkan adanya Adaptive Dimming yang dapat memudarkan layar saat pengguna berpaling.

 ASUS-Vivobook-S-15-S5507-1

Kemudian juga terdapat Adaptive Lock yang secara otomatis dapat mengunci laptop ketika pengguna menjauh dan membukanya kembali ketika mereka kembali.

Selain itu, Vivobook S 15 juga menjadi laptop pertama yang dapat menampilkan aplikasi AI StoryCube milik ASUS yang menawarkan cara cerdas untuk mengelola semua aset digital. Dengan menggunakan bantuan AI, StoryCube dapat mengurutkan, mengedit, mengelola, dan mengekspor file mentah.

Penampilan Vivobook S 15 mengusung layar yang sama seperti generasi Vivobook S 15 dengan Intel sebelumnya yakni berukuran 15,6″ berpanel OLED yang memiliki resolusi 2880 x 1620 piksel serta mendukungĀ  refresh rate hingga 120Hz, dan kecerahan HDR hingga 600 nits.

Bedanya, Vivobook S 15 akan memiliki chassis yang lebih tipis dan bezel layar yang lebih ramping. Koneksi yang disediakan beragam mulai dari dua port USB-A, dua port USB 4.0 Type-C, satu HDMI 2.1, jack audio/mikrofon, dan card reader microSD, serta ada dukungan Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar