Aplikasi Berita Tips dan Trik

Lama Menunggu Bus Transjakarta? Coba Pantau Jadwalnya Lewat Google Maps

Bus Transjakarta- header

Transjakarta sudah menjadi alternatif transportasi umum sejak awal 2004. Berbagai upaya pengembangan seperti penambahan jalur dan armada bus dilakukan agar masyarakat merasa nyaman. Meskipun bisa menjadi solusi kemacetan, tapi terkadang juga bikin emosi karena menunggu bus Transjakarta yang datang terlalu lama.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, PT Transportasi Jakarta bekerja sama dengan Google meluncurkan fitur baru bernama “Transit” pada aplikasi Google Maps. Melalui Transit, Gadgeter bisa mengetahui secara real-time informasi, jadwal, dan waktu kedatangan bus Transjakarta.

Fitur Transit 1

“Selama ini yang paling banyak diprotes kan soal jadwal karena banyak faktor misalnya macet. Langkah Google ini tentu akan sangat membantu kami,” kata Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta, seperti dikutip dari laman Kompas.com

Untuk menggunakan fitur Transit, Gadgeter cukup memasukkan destinasi tujuan dan klik ikon biru di kanan bawah layar. Selanjutnya, klik ikon Transit bergambar kereta. Setelah itu akan muncul informasi waktu tiba, nomor koridor bus, dan rute perjalanan yang dilalui.

Fitur Transit 2

Tak hanya itu, Gadgeter juga bisa menggunakan Transit untuk mengetahui posisi bus Transjakarta. Caranya dengan masukkan destinasi tujuan lalu klik nomor koridor. Akan muncul prediksi waktu kedatangan bus Transjakarta atau APTB yang dibutuhkan.

Tentunya, fitur Transit bisa membantu kita mengetahui kapan waktu ideal menggunakan Transjakarta dan jalur paling efisien untuk dilalui. Hingga kini Transit sudah terhubung dengan 12 koridor halte Transjakarta melingkupi 68 rute perjalanan. Bagi Gadgeter yang ingin memanfaatkan fitur ini dapat langsung mengakses Google Maps di Android, iOS, dan desktop.

[Via Kompas]

Leave a Comment