ASUS TUF Gaming F15
Aplikasi Berita

Mencari Foto di Google Photos Kini Bisa Lebih Mudah dengan AI

Mencari Foto di Google Photos Kini Bisa Lebih Mudah dengan AI

Gadgetren – Berkat pembaruan AI generatif Gemini, Google Photos kini memiliki kemampuan pencarian foto-foto lama pengguna dengan lebih cepat. Fitur ini diperkenalkan dalam ajang I/O dengan nama Ask Photos yang kabarnya akan dirilis akhir tahun 2024.

Dengan bertambahnya waktu maka kenangan foto dan video pun akan semakin menumpuk di galeri perangkat Android yang secara otomatis akan tersimpan melalui Google Photos. Ask Photos pun hadir untuk membantu pengguna dalam mencari foto lawasnya untuk dikenang kembali.

Pada layar handphone di halaman Google Photos, Gemini akan muncul memberikan bantuan kepada pengguna. Kemudian pengguna dapat mengetik atau menggunakan asisten suara untuk bertanya seperti misalnya foto terbaik ketika berlibur di negara yang dipilih atau tempat wisata tertentu.

Secara cepat, Google Photos akan mengumpulkan semua memori foto dan video yang diinginkan pengguna untuk ditunjukkan. Setelah itu menampilkannya pada layar secara lengkap melalui deretan foto dan video. Pengguna pun cukup menggulirnya saja ke bawah.

Selain dapat mencari foto lawas, Ask Photos juga dapat mengungkap informasi lainnya dengan mengajukan pertanyaan seperti tempat berkemah tahun lalu, berapa nomor rekening, berapa nomor plat mobil dan lain sebagainya.

Hal tersebut disebabkan oleh multimodal Gemini yang dapat memahami konteks dan subjek foto untuk bisa menggali informasi secara detail. Disamping itu pengguna juga dapat membuat sorotan atau highlight perjalanan dengan lebih mudah melalui Ask Photos.

 Google-Photos-jawaban

Soal keamanan, Google Photos menjamin perlindungan data pribadi pengguna dari percakapan yang dilakukan untuk pencarian foto melalui Ask Photos. Pihaknya juga tidak mengembangkan produk AI generatif apa pun di luar Google Photos pada data pribadi termasuk model dan produk Gemini lainnya.

Semua data pengguna di Google Photos telah dilindungi dengan langkah-langkah keamanan yang canggih. Di masa mendatang Ask Photos akan mendapatkan pengembangan fitur lebih lanjut untuk memberikan pengalaman pencarian foto lebih mudah dan cepat.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar