Aplikasi Berita

Sedih, Simpan Foto dan Video di Google Photos Bakal Tak Gratis Lagi Tahun Depan

Google-Photos-Header

Gadgetren – Pengguna Google di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, pagi tadi pasti mendapatkan kabar terbaru dari tim Google Photos mengenai perubahan kebijakan penyimpanan foto dan video yang tak lagi gratis.

Tim Gadgetren secara langsung juga telah menerima kabar tersebut dari Tim Google Photos lewat kiriman surat elektronik. Dalam surat singkatnya itu, tim Google menginformasikan bahwa mulai tanggal 1 Juni 2021, semua foto dan video baru yang dicadangkan dalam kualitas tinggi akan mengurangi penyimpanan gratis 15 GB bawaan akun Google.

Hal tersebut juga berlaku pada penyimpanan tambahan yang mungkin telah dibeli pengguna seperti Google Drive dan Gmail. Namun untuk semua foto dan video yang telah tersimpan dalam Google Photos sebelum tanggal 1 Juni 2021 untungnya tidak akan kebagian aturan baru tersebut.

“Semua foto dan video yang dicadangkan dalam kualitas tinggi sebelum 1 Juni 2021 dikecualikan dari perubahan ini dan tidak akan mengurangi penyimpanan akun Google anda. Ini termasuk semua konten yang ada dan diupload dalam kualitas tinggi,” tulis tim Google Photos.

Lebih detail, Tim Google Photos mengungkapkan bahwa tidak menganggap enteng keputusan tersebut meskipun perubahan masih lama akan terjadi dan sadar bahwa hal tersebut merupakan perubahan yang besar.

Gallery-Go-by-Google-Photos

Oleh karenanya, Tim Google Photos memberitahukan jauh-jauh hari serta menyediakan referensi untuk membantu penggunanya melalui perubahan ini. Sebagai persiapan menyambut perubahan penyimpanan foto dan video pada Google Photos, pengguna sebenarnya disarankan tidak perlu melakukan tindakan apapun.

Pengguna yang terbiasa menyimpan foto dan video di Google Photos masih bisa terus menggunakannya untuk pencadangan. Setelah tanggal 1 Juni 2021 nanti, Tim Google akan menghubungi pengguna kembali dengan mengirim sebuah pengingat saat penyimpanan hampir habis dari total 15 GB yang diberikan secara gratis.

Untuk mengetahui penyimpanan gratis 15 GB akan habis, Tim Google Photos mengatakan bahwa pihaknya telah membuat sebuah perkiraan yang dipersonalisasi untuk menunjukkan waktu yang tersisa sebelum kuota tercapai. Perkiraan ini dapat diketahui dengan cara memantau seberapa sering pengguna mencadangkan foto, video, dan konten lain ke akun Google.

Nantinya pada tanggal 1 Juni 2021, Tim Google Photos akan meluncurkan fitur pengelola penyimpanan baru yang akan membantu pengguna menemukan dan menghapus konten gelap, buram, ataupun tidak diinginkan. Soal pengelola penyimpanan ini kabarnya bisa dibeli melalui penyimpanan ekstra dengan Google One.

Google-Photos

Sebagai pengguna Google Photos, bisa dibilang keputusan tersebut akan sangat membawa dampak besar buat banyak pengguna yang terbiasa menyimpan foto dan video dengan kualitas asli melalui Google Photos.

Dengan harus merogoh uang untuk mendapatkan penyimpanan yang diinginkan, tentunya hal ini akan menjadi kekecewaan tersendiri bagi beberapa pengguna yang kemungkinan akan menyebabkan berpaling dari Google Photos ke aplikasi lain yang tidak meminta biaya tambahan.

Tinggalkan Komentar