Aplikasi Berita

Google Photos Tidak Gratis Lagi Mulai 1 Juni 2021, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Google-Photos-Header

Gadgetren – Mulai tanggal 1 Juni 2021, pengguna handphone yang telah menghubungkan akun Gmail tak bisa lagi dengan puas menyimpan beragam foto dan video di aplikasi Google Photos.

Informasi ini pun sudah diingatkan oleh pihak Google sejak jauh-jauh hari kepada pengguna setianya termasuk tim Gadgetren. Google menyebutkan bahwa pelanggan tak lagi dapat menikmati layanan Google Photos secara tak terbatas melainkan kapasitasnya dibatasi sebesar 15 GB.

Dengan begitu, pelanggan harus membayar jika ingin mendapatkan ruang penyimpanan Google Photo lebih besar lagi. Google mematok harga Rp 26.900 per bulan bila pelanggan ingin menambah kapasitas hingga 100 GB di Google Photos.

Tentunya, tak hanya satu atau dua orang saja yang kecewa mengenai kabar niat Google melakukan monetisasi untuk layanan simpan foto dan video-nya itu. Pasalnya pengguna akun Google Photos sangat banyak di seluruh dunia dan secara otomatis mereka telah terbiasa menyimpan beragam foto dan video di sana.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah layanan Google Photos yang berbayar ini? Terdapat dua langkah sebagai solusi cepat. Agar kamu bisa menyimpan beragam foto dan video tanpa ada rasa khawatir merogoh kocek, kamu bisa migrasi ke penyimpanan foto dan video lewat aplikasi lain ataupun mengantisipasinya dengan menggunakan Hard Disk Eksternal.

Jika kamu tak masalah membayar dan ingin setia dengan Google Photos bisa melakukan update langganan. Namun bagi kamu yang tak ingin bayar, terdapat beragam layanan aplikasi penyimpanan foto dan video.

Dengan begitu kamu pun bisa menambah kapasitas penyimpanan secara cloud tanpa rasa was-was dan memungkinkan punya penyimpanan lebih banyak kapasitas. Adapun aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain sebagai berikut.

DropBox

Gambar Headder Dropbox

Aplikasi DropBox saat ini sudah banyak orang tahu dan digunakan sebagai penyimpan foto, video, maupun dokumen lainnya secara gratis. Namun DropBox pun hanya memberikan ruang penyimpanan gratis 2 GB saja dan selebihnya kamu harus membayar untuk kapasitas mencapai 15 GB.

DropBox juga bekerja sama dengan produsen laptop untuk menyediakan ruang tambahan penyimpanan. Bila kamu pengguna ASUS, kamu bisa memanfaatkan penambahan penyimpanan gratis sebesar 250 MB, tetapi kamu harus melakukan beberapa langkah seperti install DropBox di laptop lain dan mempromosikan DropBox ke orang lain.

Jika tidak ada cara lain, kamu bisa meningkatkan langganan DropBox menjadi DropBox Plus yang dilepas sekitar Rp 140.000 per bulan untuk penyimpanan tambahan hingga 2 TB.

OneDrive

OneDrive

Jika kamu pengguna laptop dengan sistem operasi Windows tentunya sudah terbiasa dengan layanan OneDrive dari Microsoft dimana sudah terinstal di dalamnya. Untuk menyiasati ruang penyimpanan tambahan foto dan video serta dokumen gratis kamu bisa menggunakan OneDrive.

Untuk kapasitas gratis yang diberikan mencapai 5 GB dan kamu harus membayar langganan mulai Rp 28 ribuan sampai Rp 1 jutaan per bulan jika ingin menambah kapasitasnya.

iCloud

 iCloud-Logo

Bagi pengguna Apple, layanan penyimpanan iCloud sudah menjadi teman akrab pada beragam perangkatnya mulai dari laptop dan iPhone. Namun untuk menggunakan layanan ini, tentunya kamu harus memiliki perangkat satu ekosistem dengan Apple.

Kapasitas penyimpanan iCloud mampu mencapai 5 GB dan kamu bisa menambah hingga 2 GB. Untuk penambahan yang lebih banyak, iCloud menyediakan langganan berbayar dengan kapasitas hingga 50 GB di kisaran harga Rp 14.000 per bulan, kapasitas 200 GB di kisaran harga Rp 42.000 per bulan, dan kapasitas 2 TB di kisaran harga Rp 140.000 per bulan.

Amazon Photos

Amazon-Photos-Logo

Sama seperti iCloud dan OneDrive, Amazon Photos menawarkan layanan penyimpanan foto dan video hingga 5 GB bagi pelanggan Amazon Prime dengan harga di kisaran Rp 182.000. Sedangkan penambahan hingga 100 GB, Amazon membanderol langganannya senilai Rp 28.000.

Flickr

Flickr-Logo

Terakhir ada Flickr yang tentunya sudah sangat populer di dunia penyimpanan foto dan video dengan menghadirkan penawaran kapasitas hingga 1 TB. Untuk pelanggan Flickr pun juga dapat menambah penyimpanan sepuasnya dengan membayar Rp 98.000 per bulan.

Itulah sejumlah cara dan aplikasi layanan penyimpanan foto serta video sebagai langkah cepat bila kamu ingin tak lagi menggunakan Google Photos karena telah berbayar. Selanjutnya pilihan dan keputusan ada pada kamu, apakah tetap menggunakan Google Photos atau beralih ke aplikasi lain?

Tinggalkan Komentar