ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Restart iPhone Terbaru, Cukup Berbeda dari Sebelumnya!

Cara Restart iPhone Terbaru - Header

Gadgetren – Meskipun terkesan cukup sederhana, restart atau muat ulang bisa menjadi solusi yang lumayan efektif untuk mengatasi sejumlah masalah teknis yang muncul di perangkat iPhone.

Dengan melakukan restart, data-data yang tersimpan di dalam RAM akan dibersihkan, aplikasi yang menyebabkan masalah akan ditutup, dan pada akhirnya sistem perangkat pun bisa berjalan secara lebih segar.

Sayangnya, langkah yang diperlukan untuk melakukan restart di iPhone bisa bervariasi tergantung pada modelnya. Apple telah menerapkan metode baru pada beberapa perangkat generasi terakhir buatan mereka.

Cara Restart iPhone Terbaru

  • Tekan lalu tahan tombol Side (Power) dan Volume Down.
  • Lepaskan kedua tombol setelah menu slide to power off muncul.
  • Geser menu slide to power off.
  • Tunggu sekitar 30 detik sampai perangkat benar-benar mati.
  • Tekan tombol Side untuk menyalakan perangkat kembali.

Perubahan langkah yang diterapkan oleh Pihak Apple pada iPhone generasi terbaru mereka sebenarnya tidak signifikan. Mereka dalam hal ini hanya menambahkan tombol Volume Down sebagai kombinasi untuk mematikan perangkat.

Sementara pada iPhone generasi lawas, mematikan perangkat dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol Side atau Top saja seperti untuk menyalakannya. Tidak perlu memakai kombinasi tambahan apa pun.

Apabila perangkat tidak merespons sehingga kita tidak dapat menyalakan dan mematikan sebagaimana mestinya, kita pun dapat melakukan Force Restart atau memuat ulang secara paksa. Kita bisa melakukan hal tersebut dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Force Restart iPhone Terbaru

  • Tekan lalu lepaskan dengan cepat tombol Volume Up.
  • Tekan lalu lepaskan dengan cepat tombol Volume Down.
  • Tekan dan tahan tombol Side sampai logo Apple Muncul.
  • Saat logo Apple muncul, lepaskan tombol Side.
  • Tunggu iPhone melakukan Force Restart.

Bagaimana jika perangkat masih tidak menyala normal setelah melakukan Force Restart? Jika layar dalam kondisi mati, kita dalam hal ini dapat mencoba mengisi daya hingga kurang lebih selama 1 jam lalu mengulangi langkah-langkah di atas.

Namun jika perangkat hanya sampai di logo Apple setelah menyala, kita dapat mencoba memulihkannya dengan menggunakan bantuan komputer mirip seperti saat mengatasi masalah iPhone dinonaktifkan.

Solusi terakhir saat perangkat benar-benar tidak dapat kembali normal, kita dapat membawanya ke pusat perbaikan. Siapkan dana yang cukup karena proses penanganannya mungkin memerlukan biaya. Manfaatkan cakupan garansi jika masih berlaku.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar