ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Screenshot Panjang di iPhone Versi Terbaru

Cara Screenshot Panjang iPhone - Header

Gadgetren – Mengambil screenshot atau tangkapan layar panjang memang kadang-kadang cukup dibutuhkan saat kita menggunakan sebuah ponsel untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Kita akan cukup membutuhkan dukungan tersebut misalnya untuk mengabadikan artikel di sebuah situs web, dokumen, atau isi email yang sering kali mempunyai ukuran lebih panjang dari layar dan kita perlu menggulirkannya agar bisa terbaca.

Dukungan untuk mengambil screenshot panjang untungnya sudah menjadi salah satu fitur dari kebanyakan ponsel di masa sekarang. Tak terkecuali perangkat iPhone buatan Apple walaupun memang fungsinya sedikit lebih terbatas ketimbang milik Android.

Kita awalnya bahkan hanya dapat memakai dukungan screenshot panjang di iPhone untuk halaman yang bisa ditampilkan di peramban bawaannya, yaitu Safari. Hanya saja kini kita pun bisa memakainya untuk sejumlah aplikasi buatan Apple yang lain.

Pada pembaruan sistem iOS yang baru, screenshot panjang di iPhone kini di antaranya dapat digunakan untuk mengabadikan tampilan halaman web, berkas PDF, Apple Mail, aplikasi Note, dan lainnya. Berikut caranya buat kamu yang belum bisa.

Cara Screenshot Panjang iPhone

  • Buka tampilan yang ingin kamu screenshot.
  • Lakukan screenshot sesuai model iPhone yang digunakan.
  • Ketuk pratinjau screenshot di pojok kiri bawah sebelum tertutup.
  • Buka opsi Full Page.
  • Gunakan fungsi Crop jika perlu memotong halaman.
  • Gunakan fungsi markup jika diperlukan.
  • Ketuk Done setelah selesai mengedit.
  • Pilih opsi Save PDF to Files.
  • Atur lokasi penyimpanan.
  • Akhiri dengan mengetuk tombol Save.

Kita juga dapat langsung membagikan tangkapan layar panjang jika diperlukan. Untuk melakukan hal ini, kita hanya perlu menekan opsi Share (ikon anak panah keluar kotak) lalu memilih AirDrop, Messages, or Mail alih-alih menyimpannya dengan mengetuk Done.

Perlu diperhatikan bahwa setiap model iPhone mempunyai cara screenshot yang berbeda-beda. Jadi kita pun perlu menyesuaikan beberapa langkah dari ulasan di atas supaya bisa mengambil tangkapan layar panjang.

Cara Screenshot iPhone

  • Side button + Volume Up untuk iPhone dengan Face ID
  • Home button + Side button untuk iPhone dengan Home button

Untuk melakukan screenshot di iPhone, kita umumnya cuma perlu menekan dua tombol bersamaan lalu melepaskannya. Hanya saja kombinasi yang diperlukan cukup berbeda untuk setiap model sebagaimana keterangan di atas.

Selain terbatas pada aplikasi-aplikasi bawaan Apple, screenshot panjang di iPhone juga hanya dapat disimpan dalam bentuk PDF. Kita yang memerlukan dukungan yang lebih luas dapat pun perlu memakai platform dari pihak ketiga.

Adapun platform yang bisa digunakan termasuk di antaranya adalah Picsew atau Tailor. Hanya saja keduanya memang layanan berbayar tetapi hadir dengan fitur uji coba pemakaian gratis sebelum kita memutuskan membelinya secara penuh.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar