Berita

Tips: Cara Mengatasi iPhone Lemot Menjadi Kembali Ngebut

Cara mengatasi iPhone lemot atau lambat

GADGETREN – Perangkat pintar seperti smartphone mempunyai sistem operasi yang sangat kompleks dengan perpindahan data dalam jumlah banyak dan cepat. Terkadang perangkat bisa tiba-tiba mengalami suatu masalah yang tidak jelas sumbernya.

Begitu juga dengan iPhone tidak jauh berbeda dengan smartphone lainnya. Cara penggunaan yang berbeda-beda untuk setiap orang dan semrawut dapat menyebabkan iPhone tidak bekerja secara maksimal. Alhasil iPhone menjadi sedikit lemot atau lambat ketika digunakan baik itu untuk menjalankan aplikasi atau hanya sekedar melihat foto saja.

Nah, Gadgetren kali ini ingin berbagi cara mengatasi iPhone lemot yang bisa kamu lakukan sendiri.

Cara Mengatasi iPhone Lemot

1. Nyalakan Reduce Motion Feature

Versi iOS 9 dan setelahnya selalu menambahkan beberapa fitur baru. Salah satunya merupakan gerakan animasi yang lebih indah dan mulus. Tentu dengan penambahan tersebut akan memakan sumber daya yang lebih banyak dari sebelumnya sehingga iPhone menjadi lemot. Apalagi kalau kamu menggunakan aplikasi dalam jumlah banyak pastinya setiap sumber daya akan lebih berarti.

iPhone Reduce Motion

(klik untuk perbesar)

Nah kamu dapat mengurangi gerakan animasi yang ada melalui Setting > General > Accessibility > Reduce Motion. Dengan menyalakan fitur ini, iPhone akan mengurangi gerakan dan membuat proses animasi berjalan lebih cepat dari sebelumnya.

2. Matikan Background App Refresh

Sebagian besar aplikasi para era sekarang ini selalu mencoba untuk terhubung ke internet agar bisa mengambil data maupun informasi mengenai lokasi keberadaan pengguna. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan layanan yang lebih baik dan akurat. Namun, tentu pasti ada beberapa aplikasi yang jarang kamu digunakan atau hanya dibutuhkan ketika dibuka saja.

iPhone Background App Refresh

(klik untuk perbesar)

Bagusnya beberapa aplikasi seperti ini dibatasi agar tidak memakan sumber daya yang tidak diinginkan. Caranya dapat melalui Setting > General > Background App Refresh dan matikan aplikasi yang dirasa tidak harus selalu menyegarkan ulang. Begitu juga untuk fitur lokasi di Setting > Privacy > Location Service kamu atur bagaimana aplikasi tersebut bisa melacak lokasi.

3. Tutup Semua Aplikasi

iOS memang mempunyai pengaturan memori yang cukup baik sehingga dengan kapasitas RAM yang sedikit masih dapat bekerja secara optimal dan tidak disarankan untuk menutup total aplikasi agar dapat terbuka kembali lebih cepat.

Walaupun begitu, apa salahnya jika sesekali menutup semua aplikasi yang tengah berjalan untuk memastikan semua aplikasi tersebut benar-benar berhenti agar aplikasi yang jarang kita buka tidak memakan sumber daya. Untuk memberhentikan aplikasi kamu tinggal menekan tombol Home sebanyak dua kali lalu geser ke atas semua aplikasi hingga tidak tersisa apapun.

4. Reboot iPhone

Terkadang setelah menutup semua aplikasi masih ada sisa-sisa yang berjalan di belakang tanpa kita ketahui. Nah, untuk memastikan semua berhenti dapat melakukan soft reboot untuk iPhone kamu dengan mudah agar memori menjadi bersih kembali.

Caranya tekan tombol Home + Power beberapa saat sampai logo Apple muncul baru boleh dilepas. Proses ini memang sedikit lama dibandingkan melakukan reboot biasa jadi harus sedikit sabar menunggu.

5. Kosongkan Penyimpanan

Sebuah peraturan tidak tertulis ketika menggunakan perangkat baik itu smartphone, komputer, atau laptop itu selalu sisakan penyimpanan setidaknya 10% dari kapasitas maksimal. Selain untuk menyediakan tempat untuk data aplikasi yang terus bertambah hal ini juga dapat memperepat kinerja dari sistem operasi.

iPhone Storages

(klik untuk perbesar)

Kamu juga sebisa mungkin untuk mengurangi banyaknya jumlah data yang ada mulai dari foto hingga riwayat pesan. Karena semakin banyak data yang ada maka kemungkinan iPhone menjadi lemot juga semakin besar. Ibaratnya lebih cepat memindahkan satu per satu 5 barang besar dibandingkan 100 barang kecil walaupun jika ditumpuk beratnya sama.

6. Factory Reset

Cara yang hampir selalu ampuh dan cukup ekstrim sebagai langkah terakhir pastinya melakukan factory reset atau hapus total. iPhone akan kembali mirip seperti kondisi dari pabrikan sehingga apa yang membuat berat seharusnya juga ikut hilang saat proses reset.

iPhone Reset

(klik untuk perbesar)

Kalau setelah proses reset iPhone masih terasa lambat, itu tandanya kamu harus mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru. Karena setiap barang elektronik pasti ada batas umur pemakaian tergantung bagaimana kamu menggunakannya.

Leave a Comment