ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Cek Nomor Telkomsel Untuk Tahu Masih Aktif Atau Tidak

Paket Best Deal Telkomsel - Header

Gadgetren – Stelah menggunakan kartu Telkomsel dalam jangka waktu yang lama khususnya kartu cadangan, tidak menutup kemungkinan kamu lupa untuk mengisi pulsa maupun paket data karena lebih sering menggunakan jaringan WiFi.

Akhirnya nomor Telkomsel kamu memasuki masa tenggang atau bahkan hingga mati. Hal ini pun akan berdampak pada kartu yang tiba-tiba tidak bisa diisi pulsa akibat sudah dinonaktifkan oleh pihak Telkomsel.

Untuk memastikan apakah nomor Telkomsel tersebut masih aktif atau tidak, ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kondisi batas masa aktifnya.

1. Cek dengan Kode USSD

  • Buka aplikasi Phone atau Telepon.
  • Ketik Kode USSD *888#.
  • Tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung dari lokasi kartu SIM Telkomsel berada.
  • Selanjutnya akan muncul sisa pulsa dan masa aktif Telkomsel.

Jika kartu telkomsel masih aktif, kamu akan dapat langsung melihat sisa pulsa yang tersedia hingga kapan batas masa aktif. Selain menggunakan kode USSD, kamu juga dapat menggunakan aplikasi MyTelkomsel yang dapat diunduh dari Google Play Store atau Apple App Store.

2. Lihat dari Aplikasi MyTelkomsel

  • Buka aplikasi MyTelkomsel.
  • Login akun dengan nomor Telkomsel.
  • Pada halaman utama, kamu akan diperlihatkan sisa pulsa dan masa aktif kartu Telkomsel.

Aplikasi MyTelkomsel dapat menampilkan berbagai informasi penting dari kartu yang dimiliki sehingga kamu dapat mengetahui langsung secara cepat. Telkomsel pun kini memiliki asisten virtual di situs resminya yang bisa membantu kamu dalam mengetahui kartu masih aktif atau tidak.

3. Tanya ke Veronika Telkomsel

  1. Buka halaman resmi https://www.telkomsel.com/
  2. Lalu pilih asisten virtual Telkomsel bernama Veronika di pojok kanan bawah.
  3. Ketik nama kamu.
  4. Masukkan kata kunci Cek Masa Aktif atau Cek Pulsa.
  5. Veronika akan meminta nomor kartu Telkomsel.
  6. Setelah nomor diisi dengan benar, Veronika akan mengirimkan kode OTP melalui SMS.
  7. Masukkan kode OTP pada kolom chat tersebut.
  8. Nantinya kamu akan diberikan informasi sisa masa aktif maupun sisa pulsa yang ditanyakan.

4. Coba Telepon ke Nomor Tersebut

Kamu dapat coba melakukan panggilan telepon ke nomor Telkomsel yang dituju untuk mengetahui apakah masih aktif atau tidak. Apabila mendapatkan informasi bahwa nomor Telkomsel tidak dapat dihubungi atau nomor mati, maka kemungkinan besar nomor Telkomsel tersebut sudah tidak aktif alias hangus.

Kamu juga dapat mencoba untuk mengirim SMS ke nomor Telkomsel tersebut untuk mengetahuinya apakah terkirim atau tidak. Selain untuk komunikasi, nomor ponsel kini sering digunakan untuk beberapa layanan penting seperti perbankan hingga e-commerce.

Jika memang berencana untuk tidak akan menggunakannya lagi, sebaiknya kamu melakukan UNREG kartu terlebih dulu dan mengganti layanan yang terhubung dengan nomor yang lebih sering digunakan agart tidak repot di kemudian hari.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar