ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Operator Seluler

Cara UNREG Telkomsel Ketika Sudah Lagi Tidak Butuh Layanannya

Cara UNREG Telkomsel Header

Gadgetren – Kini untuk menggunakan kartu Telkomsel kamu harus melakukan registrasi atau mendaftarkan diri terlebih dulu menggunakan NIK KTP dan Nomor Kartu Keluarga sesuai dengan peraturan pemerintah.

Peraturan ini dihadirkan dalam upaya mengurangi penipuan dan kejahatan yang menggunakan nomor seluler karena datanya jadi dapat langsung dilacak oleh pihak berwenang jika terjadi suatu hal.

Namun ada kalanya, nomor Telkomsel tidak lagi ingin digunakan akibat kamu terus mendapatkan spam SMS maupun hal yang tidak diinginkan lainnya sehingga kamu perlu melakukan UNREG terlebih dahulu sebelum beralih ke kartu Telkomsel baru.

Cara UNREG Kartu Telkomsel

Melalui SMS

  1. Buka aplikasi SMS atau Messages di ponsel.
  2. Buat SMS dengan kata kunci UNREG#Nomor Kartu Keluarga.
  3. Misalnya UNREG#446802810028136.
  4. Kirim ke 4444.

Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa UNREG kartu Telkomsel telah berhasil. Pada saat gagal melakukan UNREG melalui SMS, kamu pun dapat mencoba metode lainnya yang mana menggunakan kode USSD melalui panggilan telepon.

Melalui Kode USSD

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon di ponsel.
  2. Ketik *444# dan tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung lokasi kartu SIM Telkomsel berada.
  3. Pilih opsi 3.UNREGistrasi.
  4. Tekan tombol Send.
  5. Input 16 digit NIK yang sebelum diregistrasi pada kartu Telkomse.
  6. Tekan tombol Send
  7. Apabila berhasil akan muncul pop-up dan SMS dari Telkomsel mengenai UNREG.

Selain melakukannya sendiri, kamu juga bisa langsung mendatangi kantor GraPARI terdekat untuk dibantu secara langsung staff yang berpengalaman dari Telkomsel sehingga terhindar dari kesalahan yang bisa terjadi jika dilakukan sendiri.

Melalui GraPARI

  1. Kunjungi kantor GraPARI terdekat
  2. Ambil nomor antrean dan tunggu dipanggil.
  3. Datangi Customer Service sesuai antrean kamu.
  4. Beritahukan ke Customer Service mengenai tujuan untuk UNREG kartu Telkomsel.
  5. Tunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga yang digunakan untuk registrasi kartu Telkomsel.

Sementara jika kamu tidak bisa ke kantor GraPARI karena berhalang akibat satu hal dan lainnya, maka dapat juga mencoba untuk menghubungi Call Center dari Telkomsel yang mana nantinya akan dibantu oleh Customer Service secara lisan.

Melalui Call Center

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon.
  2. Ketik nomor 188 dan tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung dari lokasi kartu Telkomsel.
  3. Tunggu hingga terhubung ke Customer Service dari Call Center Telkomsel.
  4. Utarakan tujuan kamu untuk UNREG kartu Telkomsel.
  5. Ikuti prosedur yang diminta, terutama memberitahukan NIK KTP dan Nomor Kartu Keluarga yang digunakan untuk registrasi sebelumnya.

Tentunya perlu dicatat bahwa melakukan UNREG akan membuat nomor kartu Telkomsel yang kamu gunakan benar-benar tidak lagi bisa digunakan lagi.

Jadi pastikan semua akun media sosial, e-commerce, perbankan, dan lainnya sudah tidak menggunakan nomor tersebut agar kamu tidak kerepotan dalam memulihkan akun nantinya.

Sebaiknya kamu mengganti nomor Telkomsel terlebih dahulu dan melakukan UNREG. Sementara itu ketika kamu hanya ingin melakukan UNREG pada layanan Telkomsel saja seperti paket atau lainnya agar tidak selalu menyedot pulsa bisa mengikuti langkah berikut ini.

Cara UNREG Layanan Telkomsel

Melalui SMS

  1. Buka aplikasi SMS atau Messages.
  2. Ketik kata kunci Stop.
  3. Kirim ke 726.
  4. Kamu akan mendapatkan notifikasi SMS yang menyatakan bahwa layanan telah dihentikan.

Bisa dibilang SMS merupakan salah satu metode yang cepat dan lumrah digunakan untuk menghentikan berbagai layanan Telkomsel karena dapat secara instan dilakukan tanpa perlu menunggu terlalu lama.

Melalui Kode USSD

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon.
  2. Ketik *726# dan tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung posisi kartu Telkomsel.
  3. Selanjutnya, ketik angka sesuai dengan urutan menu UNREG.
  4. Lalu tekan tombol Send.
  5. Ikuti langkah selanjutnya hingga proses UNREG selesai.

Pada metode kode USSD, kamu cukup mengikuti urutan menu yang tersedia pada saat dimunculkan untuk melakukan proses UNREG layanan. Namun urutan menu akan berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan Telkomsel sehingga selalu perhatikan nama menu yang kamu pilih.

Melalui Customer Service

Kamu dapat menghubungi Customer Service dari Telkomsel yang dapat dihubungi baik itu melalui situs dan media sosial resmi dari Telkomsel.

Kamu bisa mengunjungi www.telkomsel.com, Facebook Messenger (tsel.me/facebookVA), Telegram (tsel.me/telegramVA), LINE (tsel.me/lineVA), Twitter @Telkomsel, dan Instagram @Telkomsel sesuai media sosial yang biasa kamu gunakan.

Oleh karena itu cukup banyak alternatif untuk menghentikan atau UNREG layanan Telkomsel yang mengganggu. Sementara jika kamu memiliki waktu luang dapat juga langsung mengunjungi kantor GraPARI terdekat agar bisa dibantu oleh staff profesional untuk proses UNREG layanan Telkomsel hingga selesai.

Mengunjungi GaPARI terdekat juga memiliki keunggulan tersendiri karena kamu bisa bertanya dan mengetahui layanan apa saja yang tengah aktif pada kartu Telkomsel kamu sehingga bisa memilihnya satu per satu sesuai kebutuhan.

Sementara itu Telkomsel juga memiliki VAS (Value Added Service) yang mana merupakan layanan nilai tambah yang terkadang justru dirasa mengganggu karena dapat menyedot pulsa cukup boros.

Kamu pun dapat harus menghentikan beberapa layanan VAS agar membuat pulsa Telkomsel kamu tidak tersedot tiba-tiba oleh layanan yang sebenarnya tidak kamu gunakan.

Cara UNREG VAS Telkomsel

VAS CloudMAX

  1. Buka aplikasi CloudMAX.
  2. Pada halaman utama, masuk ke menu Lainnya.
  3. Pilih menu Langganan.
  4. Tekan tombol X untuk menghentikan langganan.
  5. Konfirmasi untuk proses nonaktifkan layanan.
  6. Selanjutnya, layanan akan dihentikan dan notifikasi akan muncul di aplikasi CloudMAX.

VAS Bubbly Tausiyah

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon.
  2. Ketik kode USSD *500*74#.
  3. Tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung dari slot kartu Telkomsel.
  4. Pilih menu STOP.
  5. Ikuti Instruksi selanjutnya.
  6. Kamu akan mendapatkan notifikasi SMS dari Telkomsel mengenai penghentian.

VAS Loker

  1. Buka aplikasi Messages atau SMS.
  2. Ketik UNREG [spasi] LOKER10.
  3. Kirim ke 99910.
  4. Kamu akan dapat SMS telah berhenti berlangganan TLoker.

VAS Pop Call

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon.
  2. Ketik USSD *500*38#.
  3. Pilih menu Berhenti.
  4. Ikuti instruksi selanjutnya.
  5. Setelah berhasil, maka pesan notifikasi SMS berhenti langganan akan muncul.

Bisa dibilang VAS memang memiliki beberapa nilai tersendiri tergantung dari kebutuhan kamu masing-masing karena layanan ini lebih terfokus untuk hal tertentu ketimbang langganan layanan biasanya.

Namun pada saat kamu tidak membutuhkan layanan VAS Telkomsel lagi, sebaiknya kamu langsung melakukan UNREG supaya pulsa kamu tidak dipotong setiap bulannya sesuai dengan biaya yang diberlakukan.

Jadi kamu tidak harus sering melakukan isi pulsa akibat berkurang dari layanan yang tidak digunakan. Kamu bisa memanfaatkan pulsa untuk kebutuhan yang lebih penting seperti untuk telepon, SMS, maupun berlangganan paket Telkomsel.

Apalagi mengisi pulsa pun bisa bermasalah yang mana proses jadi gagal dan pulsa yang dibeli jadi tidak bisa masuk ke nomor kamu. Kamu harus mengenali masalahnya mengapa tidak dapat terisi dan bagaimana solusi untuk menyelesaikannya.

Jadi jangan lupa untuk melakukan UNREG pada kartu Telkomsel kamu untuk memastikan nomor yang tidak membawa masalah di kemudian hari nantinya setelah tidak lagi kamu gunakan maupun menghentikan layanan yang sudah tidak lagi kamu manfaatkan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar